Connect with us

Gadget

Jarang Diketahui, Ini 6 Fitur Tersembunyi WhatsApp Web yang Bisa Dicoba

Avatar

Diterbitkan

pada

Fitur tersembunyi WhatsApp Web

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: WhatsApp merupakan salah satu aplikasi perpesanan instan yang umum digunakan masyarakat Indonesia. Sebagian pekerja, kerap menggunakan fitur WhastApp Web ketika berada di depan laptop. Tapi tahukah Anda, ada sejumlah fitur tersembunyi WhatsApp Web yang belum diketahui banyak orang?

Di setiap platform sebenarnya memiliki fitur tersembunyinya sendiri, termasuk WhatApp. Aplikasi WhatsApp dinilai mempunyai hidden fitur, baik versi ponsel ataupun web. Menggunakan beragam fitur tersebut dianggap dapat membuat pengalaman berkomunikasi jadi lebih menarik di WhatsApp.

WhatsApp Web diketahui memiliki kelemahan dibandingkan versi smartphone, yakni tidak bisa melakukan menjalani panggilan video dan telepon. Meski begitu, kekurangan tersebut menurut sebagian orang bisa ditutupi dengan keberadaan fitur tersembunyi WhatsApp Web tersebut, apa saja?

Baca juga: 4 Cara Memulihkan Chat WhatsApp yang Terhapus di Andorid dan iOS

Berikut beberapa fitur tersembunyi WhatsApp Web yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Mengetik dan mencari emoji jadi lebih mudah

Fitur tersembunyi WhatsApp Web yang pertama yaitu lebih mudah dalam mengetik dan mencari emoji. Ketika betukar pesan dengan orang lain, tak sedikit orang menggunakan emoji guna membuat percakapan lebih ekspresif.

Advertisement

Tahukah Anda ternyata WhatsApp Web dapat mencari emoji tanpa harus melihatnya satu per satu? Caranya dengan menekan ikon emoji di ruang obrolan. Lalu, tuliskan kata kunci yang berkaitan sesuai keinginan. Kemudian, WhatsApp Web akan mencari dan memunculkan emoji yang Anda inginkan.

2. Mengubah background obrolan

Fitur tersembunyi WhatsApp Web

Ganti latar belakang warna ruang obrolan (Foto: kompas)

Pengguna WhatsApp terkadang kerap mengganti latar belakang ruang obrolan supaya lebih menarik. Tak hanya di ponsel, fitur ini juga bisa diterapkan pada WhastApp Web.

Cara mengaktifkan fitur tersembunyi WhatsApp Web ini cukup mudah, yakni dengan menekan ikon titik tiga di sebelah foto profil WhatsApp Web dan klik menu “Settings”. Lalu pilih “Chat Wallpaper” dan pilih warna background yang Anda sukai. Mudah bukan?

3. Shortcut WhatsApp Web

Fitur tersembunyi WhatsApp Web berikutnya yaitu shortcut atau tombol pintasan. Daripada menggunakan kursor, Anda bisa menggunakan tombol pintasan dalam mengoperasikan WhatsApp Web agar jadi lebih mudah dan cepat.

Jika ingin mencobanya, berikut beberapa shortcut untuk membuka WhatsApp Web:

  • Archive Chat : “Ctrl” + “Alt” + “E”
  • Delete Chat : “Ctrl” + “Alt” + “Backspace”
  • Mute : “Ctrl” + “Alt” + “Shift” + “M”
  • New Chat : “Ctrl” + “Alt” + “N”
  • New Group : “Ctrl” + “Alt” + “Shift” + “N”
  • Pin Chat : “Ctrl” + “Alt” + “Shift” + “P”
  • Profile and About : “Ctrl” + “Alt” + “P”
  • Search : “Ctrl” + “Alt” + “/”
  • Search Chat : “Ctrl” + “Alt” + “Shift” + “F”
  • Settings : “Ctrl” + “Alt” + “,”
  • Unread : “Ctrl” + “Alt” + “Shift” + “U”.

Baca juga: 5 Fitur Tersembunyi iPhone yang Unik dan Menarik, Sudah Tahu Belum?

4. Mode gelap (Dark Mode)

Selain shortcut, fitur tersembunyi WhatsApp Web yang bisa Anda coba adalah mengaktifkan mode gelap atau dark mode. Sejumlah platform mulai dari Twitter, Facebook, Instagram, hingga WhatsApp sudah menyediakan mode gelap.

Penggunaan dark mode dinilai dapat mengurangi pancaran blue light atau cahaya biru dari gadget. Itulah mengapa banyak pengguna yang suka dengan mode tersebut. Untuk mengaktifkannya, klik titik tiga disamping foto profil. Setelah itu, pilih “Settings” dan tekan “Theme”. Kemudian, pilih opsi “Dark” dan klik “Ok”.

Advertisement

5. Mengubah format teks

Fitur tersembunyi WhatsApp Web

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Saat bertukar pesan, terkadang Anda kerap mengubah format teks menjadi tebal, miring, atau dicoret. Jika belum mengetahuinya, Anda bisa dengan mudah mengubahnya. Caranya, Anda hanya perlu membubuhkan tanda “*” di belakang dan di depan teks untuk mengubah formatnya jadi tebal (Bold).

Lalu, untuk mengubah format teks jadi Italic, sematkan tanda garis bawah “_”. Sedangkan format dicoret (Strikethrough), cukup membubuhkan “~” pada bagian depan dan belakang teks yang ingin dikirim.

6. Membuka dua akun secara bersamaan

Fitur tersembunyi WhatsApp Web yang terakhir adalah membuka dua akun sekaligus secara bersamaan. Untuk bisa menggunakan fitur ini, aktifkan terlebih dahlulu mode samara atau Incognito Mode pada browser. Selain jarang diketahui, sebenarnya cara ini tidak resmi dirilis oleh WhatsApp.

Cara mengaktifkan mode samaran, klik titik tiga di pojok kanan atas browser (setiap browser umumnya sama). Lalu, klik opsi “New Incognito Window” atau “New Private Window”. Jika sudah aktif, coba untuk login pada WhatsApp Web menggunakan dua akun yang berbeda sekaligus.***

Baca juga: Bagaimana Memindahkan Chat WhatsApp dari iPhone ke Ponsel Android ? Ini Caranya

Advertisement
Lanjutkan Membaca