Connect with us

Gadget

3 Bahaya Memakai Aplikasi WhatsAPP GB yang Mengintai Penggunanya

Avatar

Diterbitkan

pada

Bahaya Memakai Aplikasi WhatsAPP GB

Inilah Bahaya Memakai Aplikasi WhatsAPP GB yang Mengintai Penggunanya (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: WhatsApp merupakan salah satu aplikasi perpesanan instan yang paling banyak digunakan di Indonesia. Alasannya adalah karena WhatsApp menyimpan segudang fitur lengkap dan terbaru. Namun, masih ada kekurangan menurut para penggunanya, seperti tidak ingin terlihat online saat sedang digunakan.

Untuk itu, banyak orang yang menginstal aplikasi WhatsApp modifikasi bernama GB WhatsApp. Aplikasi ini merupakan aplikasi modifikasi untuk WhatsApp melalui pihak ketiga. Perlu diketahui, WhastApp GB termasuk tidak resmi. Maka dari itu, tentu saja terdapat bahaya memakai aplikasi WhatsAPP GB.

Menurut keterangan resmi, pihak WhatsApp tidak mendukung adanya aplikasi pihak ketiga. Pihak WhatsApp juga menjelaskan bahwa aplikasi jenis WA Modifikasi dapat membahayakan data serta privasi pengguna karena sumbernya tidak terpercaya.

Baca juga: Hati-hati! Jangan Lakukan Ini, Agar Akun WhatsAppmu Tak Diblokir

Itulah mengapa aplikasi ini tidak tersedia di Play Store atau App Store karena kebijakan penerbitannya hanya bisa diinstal dari sumber pihak ketiga di perangkatnya.

Kepala WhatsApp, Will Cathcart, melalui akun media sosial mengumumkan aplikasi tidak resmi seperti itu berbahaya bagi keamanan pengguna.

Advertisement

Berikut beberapa bahaya memakai aplikasi WhatsApp GB yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Adanya malware

Bahaya memakai aplikasi WhatsApp GB yang pertama yaitu adanya malware. Kepala WhatsApp, Will Cathcart, melalui akun media sosialnya mengumumkan aplikasi tidak resmi seperti itu berbahaya bagi keamanan pengguna.

WhatsApp baru-baru ini menemukan malware dari sejumlah aplikasi tidak resmi. Aplikasi tersebut biasanya menjanjikan fitur-fitur yang tidak ada di WhatsApp resmi, namun, sebenarnya mencuri data pribadi pengguna.

“Malware ponsel adalah ancaman berbahaya yang harus dilawan, komunitas keamanan terus mengembangkan cara baru untuk mencegah penyebarannya,” kata Cathcart.

Baca juga: Bagaimana Memindahkan Chat WhatsApp dari iPhone ke Ponsel Android ? Ini Caranya

2. Tidak terenkripsi

Bahaya memakai aplikasi WhatsApp GB berikutnya yaitu tidak terenskripsi. Aplikasi WhatsApp resmi memiliki sistem end-to-end encryption yang membuat seluruh percakapan di akun WhatsApp terlindungi dan dijamin aman dari pihak lain.

Advertisement

Sedangkan pada WhatsApp MOD atau WA GB, umumnya aplikasi ini tidak terenkripsi dan rentan bocor kepada pihak ketiga yang dapat menjadi ancaman keamanan privasi pengguna. Tak menutup kemungkinan data akan diambil dan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. Terancam diblokir

Aplikasi WhatsApp GB memang lebih menarik dibandingkan WhatsApp biasa. Dibalik banyaknya fitur yang menguntungkan, aplikasi ini justru bisa merugikan Anda, yakni terancam memblokir bagi siapa saja yang menggunakan WhatsApp GB.

Penggunaan aplikasi palsu tidak hanya berbahaya bagi keamanan pengguna, dalam laman resmi WhatsApp, platform tersebut akan memblokir pengguna jika menggunakan aplikasi yang tidak resmi atau jika melakukan praktik pengumpulan data yang tidak sah.

Bahaya memakai aplikasi WhatsAPP GB awalnya hanya akan memblokir sementara. Jika masih melakukannya akivitas seusai diblokir sementaram, pihak WhatsApp akan memblokir akun pengguna secara permanen.***

Baca juga: Kenali 5 Ciri WhatsApp Disadap yang Mudah Dikenali, Ketahui juga Cara Mengatasinya

Advertisement
Lanjutkan Membaca