Connect with us

Gadget

Kenali 5 Ciri WhatsApp Disadap yang Mudah Dikenali, Ketahui juga Cara Mengatasinya

Avatar

Diterbitkan

pada

ciri WhatsApp disadap

Ilustrasi WhatsApp (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Dari banyak aplikasi perpesan, WhatsApp menjadi yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia karena dianggap mudah dan aman. Meski begitu, sebagaian pengguna mengalami penyadapan akun WhatsApp. Timbul pertanyaan, adakah ciri WhatsApp disadap yang mudah untuk dikenali?

Sebenarnya, WhatsApp terbilang cukup aman karena memiliki sistem verifikasi dua langkah untuk mengamankan akun pengguna dari peretasan. Kendati demikian, tetap saja banyak cara orang yang bertanggung jawab untuk meretas akun WhatsApp dengan cara di hack atau disadap.

Kasus penyadapan yang umum terjadi adalah si pengguna sembarang mengirimkan kode OTP ke orang lain sehingga akun dapat diambil alih. Ketika WhatsApp Anda sudah disadap, privasi akan hilang karena pesan pribadi, isi kontak, dan lainnya akan mudah dipantau oleh peretas.

Baca juga: Jangan Panik, Ini 7 Cara Mengatasi WhatsApp Lemot

Hal tersebut tentu tak terjadi, apalagi jika akun sudah disalahgunakan. Lantas, apa saja ciri WhatsApp disadap yang mudah diketahui?

Berikut beberapa ciri WhatsApp disadap yang telah faktualid.com rangkum dari Alphr dan sumber lainnya.

Advertisement

1. Status online padahal tidak aktif

Ciri WhatApp disadap yang pertama yaitu status online padahal tidak aktif. Hal tersebut sebenarnya mustahil terjadi ketika smartphone tidak digunakan. Namun, hal ini bisa terjadi jika ada seseorang yang sedang menyadap akun WhatsApp Anda.

Untuk mengetahuinya, coba periksa status WhatsApp Anda melalui akun ponsel lain saat Anda menggunakan aplikasi WhatsApp di smartphone maupun di desktop.

2. Mengirim pesan yang tidak Anda kirim

Ciri WhatApp disadap yang kedua yakni mengirim pesan yang tidak Anda kirim. Beberapa pengguna kerap menemukan hal janggal di akun WhatsApp-nya karena ada pesan yang merasa Anda pesan yang dikirim padahal itu bukan Anda. Hal ini menjadi salah satu tanda WhatsApp sedang disadap.

3. Pesan yang sudah terbaca, padahal belum dilihat

Ciri WhatsApp disadap yang ketiga adalah pesan yang sudah terbaca, padahal belum dilihat. Ketika sedang chatting dengan orang lain tentu ada fungsi centang yang menjadi penanda pesan telah dibaca. Apabila Anda mengalami ini, bisa menandakan WhatsApp Anda sedang disadap.

Jika demikian, akun WhatsApp Anda disalin ke aplikasi kloning WhatsApp menggunakan kode QR yang semestinya digunakan pada WhatsApp Web.

Advertisement

4. Akun WhatsApp tiba-tiba keluar

Ciri WhatsApp disadap yang keempat yaitu akun WhatsApp tiba-tiba keluar. Sejumlah aplikasi chatting, termasuk WhatsApp, tidak dapat digunakan pada dua perangkat secara bersamaan. Bila akun Anda digunakan di perangkat lain, akun WhatsApp akan logout atau keluar secara tiba-tiba dengan sendirinya.

Jika akun Anda disadap, akan muncul notifikasi berikut:

“Nomor telepon Anda tidak lagi terdaftar di WhatsApp pada telepon. Mungkin karena Anda telah mendaftarkannya pada telepon lain. Jika Anda tidak melakukan ini, verifikasi nomor telepon Anda untuk masuk kembali ke akun Anda”.

Baca juga: Jarang Diketahui, Ini 6 Fitur Tersembunyi WhatsApp Web yang Bisa Dicoba

Ketika Anda mendapatkan notifikasi berikut, jangan sekali-kali pilih ‘Oke’. Lakukan verifikasi supaya akun WhatsApp tak disalahgunakan oleh orang lain.

5. Ciri WhatsApp disadap lainnya

  • Terdapat SMS masuk berisi kode OTP yang digunakan untuk login WhatsApp, padahal akun WhatsApp Anda telah aktif
  • Profil akun WhatsApp berubah sendiri, berbeda dengan pengaturan Anda. Perubahan ini bisa diperiksa lewat menu “Pengaturan” Whatsapp dan klik ikon profil. Apabila nama akun berubah padahal Anda tidak menggantinya, bisa jadi WhatsApp Anda telah disadap dan diganti profilnya.

Cara mengatasi WhatsApp yang disadap

ciri WhatsApp disadap

Ilustrasi WhatsApp (Foto: Istimewa)

Jika Anda menemukan ciri WhatsApp disadap diatas, Anda bisa melakukan pengecekan perangkat yang terhubung ke akun WhatsApp dengan cara klik opsi titik tiga di kanan atas layar, lalu pilih Linked Devices.

Jika ada perangkat yang tidak digunakan tetapi muncul di layar, Anda dapat klik perangkat tersebut lalu pilih Log Out untuk menghapus aksesnya.

Advertisement

Selain cara tersebut, Anda juga dapat mengirim email ke pihak dukungan WhatsApp di support@whatsapp.com dengan menuliskan frasa “Hilang / Dicuri: Silakan nonaktifkan akun saya” di badan email

Setelah penonaktifan berhasil, Anda memiliki waktu 30 hari untuk mengaktifkan kembali akun sebelum dihapus sepenuhnya.

Namun agar Anda terhindar dari penyadapan, sebaiknya gunakan password pada layar WhatsApp Anda. Sehingga dalam beberapa waktu, Anda akan diminta memasukkan password yang Anda buat setiap akan membuka aplikasi WhatsApp.

Demikian penjelas tentang Ciri WhatsApp disadap berserta cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.***

Baca juga: Bagaimana Memindahkan Chat WhatsApp dari iPhone ke Ponsel Android ? Ini Caranya

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement