Connect with us

Gadget

Vivo X80 Pro, Kamera sangat Menonjol dan Memuaskan

Avatar

Diterbitkan

pada

Vivo X80 Pro

Penampilan keren Vivo X8 Pro. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Tahun ini Vivo meluncurkan ponsel termahalnya, yaitu Vivo X80 Pro dengan harga Rp15.999.000. Tentu dengan harga mahal ini, Vivo juga memiliki sejumlah vitur menawan bagi penggunanya. Terutama kameranya.

Harga ini jauh lebih mahal dibandingkan generasi sebelumnya yang rilis di Indonesia. Dengan harga semahal ini, apa saja keunggulan yang ditawarkan?

Dari sisi ualitas kamera yang disajikan, desain, dan performanya, handphone ini menurut pas di harga tersebut. Hanya saja di sisi software masih ada yang perlu dipoles oleh vivo.

Satu bagian yang paling mencolok dari vivo X80 Pro adalah kameranya. Selain karena tonjolan kamera yang besar, vivo kembali berkolaborasi dengan ZEISS di handphone yang satu ini. vivo juga menggunakan chip pencitraan vivo V1+ di dalamnya dan kamera utama 50MP Ultra-Sensing GNV Sensor.

Hasilnya, vivo X80 Pro dapat menghasilkan foto yang bagus bahkan di kondisi gelap dan proses pemotretannya pun berlangsung cepat. Hasil kamera ini di malam hari sangat mengesankan, apalagi setelah menggunakan mode Night yang membuat tampil lebih jernih tanpa membuat foto terlalu terang.

Advertisement

Baca juga: OPPO Find X5 Pro 5G Wimbledon, Khusu Bagi Pecinta Tenis

Jika di kondisi gelap saja sudah bagus, hasil foto di kondisi terang sudah pasti terlihat bagus juga. Perlu dicatat, secara bawaan vivo X80 Pro akan menghasilkan foto dengan kalibrasi warna ZEISS Natural Color yang ditujukan agar foto terlihat natural.

Vivo X80 Pro juga dilengkapi dengan lensa ultrawide 48MP, gimbail portrait camera 12MP dengan pembesaran 2x, dan telephoto 8MP dengan pembesaran 5x. Semua lensa kamera ini sama-sama mampu menghasilkan foto yang memuaskan.

Uniknya di vivo X80 Pro terdapat gaya foto potret khusus hasil kerja sama dengan ZEISS yang mana terdapat 5 mode yang bisa dipilih. Salah satu mode potretnya yakni Cinematic terlihat berbeda dengan foto yang berukuran lebar layaknya film sinema. Sayangnya pemisahan efek bokeh antara subjek foto dengan latar terlihat kurang rapi di beberapa foto yang dihasilkan.

Untuk kamera depannya, vivo X80 Pro menggunakan lensa beresolusi 32MP yang dapat menghasilkan foto selfie dengan tajam. Detail permukaan wajah dan baju saya terekam dengan baik. Tentu saja vivo juga menyediakan fitur untuk mempercantik dan memperhalus tekstur wajah jika diinginkan.

Selain tangguh digunakan untuk memfoto, kamera vivo X80 Pro juga dapat menghasilkan video yang memuaskan. Secara bawaan perekaman video dengan kamera belakang akan menggunakan fitur stabilisasi video dan tersedia juga fitur stabilisasi tingkat lanjut dengan mode Ultra.

Advertisement

Baca juga: Redmi 10 Prime+ 5G, Ponsel “Entry Level” Andalan Xiaomi

Menariknya vivo menyematkan banyak fitur di aplikasi kamera bawaannya terutama tersedia mode Pro yang dapat digunakan untuk mengatur kamera secara manual baik itu untuk memfoto maupun merekam video.

Vivo x80 Pro adalah handphone flagship yang mengagumkan terutama jika kamu senang foto-foto atau merekam video. Selain itu handphone ini memiliki performa yang tangguh, layar memukau, dan pemindai sidik jari yang luas serta sangat cepat responsnya.

Secara umum Vivo X8 Pro memiliki kamera yang sangat memuaskan, pemidai sidik jari yang lebih canggih, performa gegas dan desain menawan.

Vivo X80 Pro sekilas terlihat seperti handphone modern jaman sekarang yang mana terdiri dari dua lapis kaca dengan frame aluminium. Namun vivo melakukan loncatan desain untuk vivo X80 Pro ini dengan tonjolan kamera yang cukup besar dan reflektif di bagiannya belakangnya. Area tonjolan ini sendiri memakan sekitar sepertiga bagian belakang handphone-nya.

Handphone ini cukup besar dan terasa agak berat tapi untungnya ketika digenggam terasa nyaman berkat lengkungan di berbagai sisi. Hanya ada satu varian warna vivo X80 Pro yaitu Cosmic Black.

Advertisement

Baca juga: Realme GT 2 Pro, Smartphone Flagship Premium yang Ramah Lingkungan

Hitamnya bukan matte biasa melainkan terlihat ada kilauan-kilauan kecil yang membuatnya terlihat seperti ada sinar-sinar bintang sesuai nama warnanya. Ditambah lagi sangat susah untuk mengotori bagian belakang handphone ini dengan sidik jari atau debu kecuali area tonjolan kamera yang mengkilap.

Menariknya vivo masih menyediakan casing bawaan untuk handphone ini. Casing-nya terlihat ramping dengan bagian sisi yang bolong sehingga tidak maksimal dalam memproteksi handphone.  Namun bagian belakang casing ini memiliki tekstur yang mirip kulit sehingga terasa lembut ketika digenggam.

Di bagian sisi handphone ini selain terdapat komponen standar seperti pengatur volume, power, USB-C, lubang speaker, dan selot kartu SIM juga uniknya terdapat port infrared yang jarang ditemukan di handphone premium.

Dibalut dengan desain yang premium membuat handphone ini layak dibeli di kelasnya. Sayangnya untuk refresh rate dinamis di handphone ini implementasinya terasa kurang sempurna dan terdapat beberapa bloatware yang cukup mengganggu.***

Baca juga: Samsung Galaxy M13 Versi 5G Hadir, Ini Spesifikasinya

Advertisement
Lanjutkan Membaca