Connect with us

Ekonomi

Nike Berencana Lakukan PHK Karyawan Besar-Besaran untuk Kendalikan Uang Perusahaan

Avatar

Diterbitkan

pada

Produsen sepatu dan aksesoris Nike bakal phk karyawan.(ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Produsen fesyen terbesar di dunia, Nike dikabarkan bakal melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 740 karyawan di kantor pusat dunia di Oregon, Amerika Serikat (AS). Hal ini dilakukan guna mengendalikan uang perusahaan.

Mengutip Reuters, Sabtu (20/4/2024), Nike mengalami penurunan pendapatan di paruh pertama tahun ini. Sehingga mereka perlu upaya untuk menyelamatkan perusahaan.

Nike juga sempat memprediksi bahwa akan terjadi penurunan pendapatan pada paruh pertama 2025, karena ke depan perusahaan mengurangi beberapa waralaba.

Dalam surat pemberitahuan kepada karyawan, Wakil Presiden Nike Michele Adams mengatakan PHK akan dilakukan mulai 28 Juni 2024. Sebelumnya, Nike pada Desember mengumumkan rencana penghematan biaya US$ 2 miliar selama tiga tahun ke depan.

Kemudian pada Februari mengatakan akan memangkas sekitar 2% dari total tenaga kerjanya, atau lebih dari 1.600 orang dari sekitar 83.700 karyawan menurut data 31 Mei 2023

Advertisement

Saham perusahaan sempat sedikit naik pada perdagangan setelah jam kerja. Namun, jika direkapitulasi selama setahun telah menurun hampir 13%.

Tidak hanya Nike, beberapa perusahaan di AS dan Kanada telah mengumumkan gelombang PHK baru. Langkah itu untuk memangkas biaya di tengah ketidakpastian permintaan.***

 

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement