Connect with us

Ekonomi

Operasikan Genset, Beban Padam Akibat Gangguan di Madura Berkurang 14.2 MW

Avatar

Diterbitkan

pada

PLN mengoperasikan genset untuk kecukupan daya selama masa pemulihan gangguan di Madura.

FAKTUAL-INDONESIA: Untuk memenuhi kecukupan daya selama masa pemulihan gangguan SKTT 150 KV Ujung-Bangkalan, PLN melakukan pemasangan genset mobile di Gardu Induk Sampang. General Manager PLN UID Jawa Timur, Lasiran turun langsung ke lapangan untuk memastikan pemasangan dan pengoperasian genset berjalan lancar tanpa kendala.

Menurut General Manager PLN UID Jawa Timur, Lasiran, pemasangan dan pengoperasian genset berskala besar untuk mengurangi pemadaman di Pulau Madura itu, sudah berjalan lancar. “Alhamdulillah pengoperasian bertahap genset di Gardu Induk Sampang berjalan lancar, dan semangat rekan-rekan luar biasa,” ujarnya, Minggu (6/3/2022).

Pihaknya berharap, upaya ini bisa segera memenuhi kebutuhan daya dan mengurangi beban pemadaman. Hingga pukul 01.16 WIB beban genset sebesar 4.200 kW telah sinkron ke sistem Gardu Induk PLN di Sampang, Madura. Secara bertahap, pukul 11.12 WIB sebesar 2.100 kW, pukul 16.00 WIB telah dioperasikan daya sebesar 4500 kW dan 2.250 kW, terakhir pada pukul 19.00 WIB akan dioperasikan sebesar 2.200 kW.

Sejak beroperasi pada pukul 01.16 WIB, kata dia, secara bertahap pelanggan PLN yang mengalami pemadaman sudah dikurangi hingga pukul 19.00 WIB. “Total pelanggan padam akan berkurang sebanyak 14,2 MW,” ujarnya.

Pada saat bersamaan, perusahaan plat merah memberikan santunan kepada Yatim dan Dhuafa kepada warga sekitar Gardu Induk Sampang. Sebanyak 10 anak yatim dan 15 dhuafa yang hadir turut mendoakan agar proses pemulihan gangguan berjalan lancar serta sistem kelistrikan di Madura kembali normal.

Advertisement

Sebelumnya, Lasiran dan jajaran pun berkoordinasi dengan Wakil Bupati Bangkalan, Mohni, Ketua DPRD Bangkalan, Muhammad Fahad, dan Kassim 0829 Bangkalan, Mayor Inf Mahfus Rofii. Melalui kunjungan itu, pihaknya berharap dukungan dari Forkopimda Bangkalan agar proses pemulihan berjalan lancar.

Wakil Bupati Bangkalan, Mohni mengungkapkan terimakasih atas kerja keras PLN dalam menangani gangguan dan meminta kepada seluruh warga Bangkalan untuk terus mendukung upaya PLN. Pihaknya mengaku akan terus mendukung dan mendoakan agar proses pemulihan berjalan optimal dan sistem kelistrikan di Madura bisa kembali normal.***

Lanjutkan Membaca
Advertisement