Connect with us

Olahraga

Kejuaraan Dunia 2022 Tokyo – Kevin/Markus Terhenti, Hendra/Ahsan dan Fajar/Rian Melenggang ke Perempatfinal

Avatar

Diterbitkan

pada

Pasangan Hendra Setiawan/Muhammad Ahsan berpelukan usai memastikan lolos ke perempatfinal. (Foto:PBSI)

FAKTUAL-INDONESIA: Dua dari tiga wakil Indonesia di sektor ganda putra sukses melenggang ke perempatfinal ajang Kejuaraan Dunia 2022 Tokyo, Kamis (25/8/2022), di Metropolitan Gymnasium Tokyo, Jepang.

Satu wakil ganda putra Skuad Merah Putih yang terhenti adalah pasangan Kevin Sanjaya Sukomuljo/Markus Fernaldi Gideon. Sedangkan dua wakil, yakni pasangan Hendra Setiawan/Muhammad Ahsan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil menembus tiket peempatfinal.

Kevin/Markus secara mengejutkan harus menyerah kepada psangan Ben Lane/Sean Vendy (Inggris) dengan dua game langsung 15-21, 9-21. Mereka menyerah sesudah berjuangan 26 menit.

“Hari ini mainnya tidak keluar semua,” ucap Markus. “Tertekan sejak awal dan kita tidak bisa keluar dari tekanan itu. Tidak menyangka hasilnya akan seperti ini. Pastinya sedih dan kecewa, kita ingin juara dunia dan sudah coba mengeluarkan kemampuan terbaik tapi memang mungkin belum rezeki.

Di Japan Open minggu depan, kita mau coba lagi. Melakukan yang maksimal,” sambungnya.

Advertisement

Sedangkan Kevin mengatakan, lapangan cukup berangin menjadikan permainan tidak bisa tampil maksimal. ”

Lapangan cukup berangin dan kita terlambat adaptasi,” kata Kevin. “Hari ini kita tidak bisa bermain dengan baik sebaliknya lawan bermain baik,” lanjutnya.

Sementara ganda putra senior Hendra/Ahsan justru sebaliknya. Walau mendapatkan perlawanan sengit pasangan yang menempati unggulan ketiga itu mampu meredam perlawanan pasangan unggulan ke-12 Mark Lampsfuss/Marvin Seidel (Jerman) dengan straight game 21-18, 23-21.

“Alhamdulillah sudah bisa menang hari ini,” terang Ahsan. “Pertandingan yang tidak mudah karena lawan bermain bagus. Kita cukup tertekan tapi kita coba untuk bangkit, cari cara untuk dapat poin. Protes lawan tidak membuat kami hilang fokus, sebaliknya mereka yang jadi fokusnya kemana-mana,” lanjutnya.

Hendra menilai dirinya dan Ahsan sedikit merubah pola permainan di tengah perandingan, tapi itu justru mereka mampu keluar dari tekanan. “Kita tadi memang mengubah pola permainan di tengah-tengah laga. Itu yang buat kita bisa keluar dari tekanan. Kalau main drive terus kita kalah, jadi tadi coba divariasikan drive dan penempatan-penempatannya,” kata Hendra. “Lawan bermain rapi, pukulannya tidak kencang tapi bolanya turun makanya kita coba untuk bermain net dulu juga. Di ulang tahun saya hari ini harapannya saya mau sehat-sehat saja lah. Besok harus lebih siap dan jangan puas dengan kemenangan hari ini,” jelasnya.

Advertisement

Keberhasilan juga dipetik pasangan Fajar/Rian. Menempati unggulan kelima mereka bermain percaya diri untuk melibas pasangan tuan rumah yang menjadi unggulan ke-16 pasangan Akira Koga/Taichi Saito dengan dua game langsung 21-19, 21-16. Mereka butuh berjuang 45 menit untuk mengempaskan wakil tuan rumah sekaligus merebut tiket ke perempatfinal.

Di perempatfinal pasangan Fajar/Rian akan berjumpa Lane/Vendy, sedangkan Hendra/Ahsan akan meladeni pasangan M R Arjun/Dhruv Kapila (India). Pasangan Arjun/Kapila mendapatkan tiket perempatfinal sesudah susah payah menghentikan perlawanan pasangan Hee Yong Kai Terry/Loh Kean Hean (Singapura) melalui pertandingan sengit rubber game 18-21, 21-15 dan 21-16. ****

Lanjutkan Membaca