Connect with us

Olahraga

Hong Kong Open 2023: Anthony dan Jonatan Kompak Susul Gregoria ke Perempatfinal, Fajar/Rian Lagi Tergelincir

Avatar

Diterbitkan

pada

Gregoria Mariska Tunjung menjaga ada Indonesia. (Foto: PBSI)

FAKTUAL-INDONESIA: Dua tunggal putra harapan Skuad Merah Putih, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie, kompak susul tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung lolos ke perempatfinal turnamen Hong Kong Open 2023, setelah lewat perjuangan tak mudah menang atas lawan masing-masing, Kamis (14/9/2023), di Hong Kong.

Anthony yang menempati unggulan kedua menyudahi perlawanan Leong Jun Hao (Malaysia) dengan dua game langsung 21-14, 21-11. Sukses Anthony diikuti Jonatan dengan mengubur harapan tuan rumah Lee Cheuk Yiu (Hong Kong) juga dengan dua game langsung 21-18, 21-16

“Ini pertemuan pertama saya dengan Leong Jun Hao. Tadi kami masih coba meraba-raba permainan. Walau sudah melihat video pertandingannya tapi di lapangan akan berbeda,” aku Anthony. “Mengucap syukur tadi bisa bermain dengan baik, bisa menjalankan strategi dengan baik. Fokusnya tentu dengan pola yang diinginkan dulu dan dari perjalanan gim pertama dari awal sampai akhir bisa berhasil, di gim kedua coba terus dengan pola itu. Memang ada beberapa juga bola-bola saya yang sudah terbaca sama dia, itu kelebihan lawan, “lanjutnya.

Anthony belum mau berpikir terlalu jauh. “Lawan setiap babak pasti kan mau berusaha menang jadi fokus ke setiap pertandingan yang akan dijalani saja,” tekad Anthony.

Tunggal putri Indonesia, Gregoria justru lebih dulu merebut tiket perempatfinal. Ia menang 21-11, 21-18

Advertisement

” Di game pertama lawan seperti belum siap dengan keadaan jadi gampang banget buat saya dapat poin dan unggul cukup meyakinkan,” kata Gregoria. “Hal itu yang membuat percaya diri saya naik untuk bekal di game kedua. Game kedua semua berjalan cukup baik sampai di akhir-akhir saya malah tegang dan banyak melakukan kesalahan sendiri. Saya jadi takut untuk mengadu seperti yang saya lakukan di gim pertama atau awal gim kedua. Beruntung di saat kondisi lagi tegang dan tertekan, ambil waktu untuk menenangkan diri. Tanggung juga tinggal dua poin lagi,” tambahnya.

Ditambahkan Gregoria, walau secara rekor pertemuan dirinya unggul tapi itu tidak membuat jemawa saat masuk lapangan. “Saya melihat Yeo (Jia Min) sedang dalam tren cukup baik di beberapa turnamen terakhir,” ungkap Gregoria. “Di Hong Kong Open kali ini memang ada beberapa pemain unggulan yang tidak datang tapi bagi saya sama saja karena semua lawan pasti sulit saya kalahkan. Saya masih perlu kerja keras jadi saya ingin menampilkan yang terbaik dulu di setiap pertandingan,” sambungnya.

Fajar/Rian Kembali Terhenti

Sementara hasil kurang memuaskan kembali menghinggapi ganda putra andalan Fajar Alfian/ Muhammad Rian Ardianto. Mereka kembali terhenti langkahnya di babak 16 besar sesudah menyerah dua game langsung kepada pasangan Fang Chih Lee/Fang Jin Lee 16-21, 19-21.

Tapi senior Fajar/Rian, pasangan Muhammad Ahsan/ Hendra Setiawan, justru sukses lolos ke perempatfinal. Mereka lolos setelah mengatasi pasangan Chiu Hsiang/Yang Ming (Chinnese Taipei) 21-19, 21-14.

Advertisement

Sukses melenggang ke perempatfinal pasangan ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Finalis Kejuaraan Dunia ini lolos sesudah menekuk pasangan Treesa/Gayatri (India) lewat dua game 21-8, 21-14.

“Alhamdulillah dengan hasil hari ini. Kami sudah benar-benar menyiapkan harus bermain seperti apa karena sebelumnya kami sudah bertemu dengan mereka jadi lebih dan kurangnya kami sudah lebih siap,” beber Apriyani. “Mereka pukulannya bagus, tadi bagaimana kami memaksa mereka untuk menjangkau bola yang jauh agar pukulannya tidak enak.Kemarin ada jeda satu hari lumayan untuk mengembalikan kondisi kami lagi tapi malamnya kami sudah kembali bersiap untuk pertandingan hari ini. Kami menonton video mereka dan diskusi sama Fadia tentang strategi,” jelasnya.

Fadia menuturkan jika bersama Apriyani sudah rindu meradakan juara. “Jujur kami rindu juara dan pengen juara,” ucap Fadia. ” Tapi kami tidak mau berpikir terlalu jauh dulu. Kami mau fokus satu demi satu,” jelasnya.****

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement