Connect with us

Nusantara

Sekolah Kekurangan Murid, Gubernur Ganjar Sebut Dipriopritaskan Untuk Keluarga Tak Mampu

Avatar

Diterbitkan

pada

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Foto: istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan sekolah yang kekurangan murid dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) akan diisi bagi siswa tidak mampu.

“Yang kosong-kosong itu kita prioritaskan untuk yang tidak mampu. Kalau mereka keluarga yang agak miskin kita prioritaskan,” jelas Ganjar Pranowo seusai menghadiri Workshop Review Structural Design Program Kerja KPPU di Alila Hotel Solo, Kamis (14/7/2022).

Ganjar menyebut untuk sekolah negeri di Jawa Tengah, rata-rata sudah terisi 90 persen. Meskipun ada yang kekurangan murid tetapi hal tersebut tidak terlalu banyak.

“Kalau yang kekurangan murid kita isi makanya kita ingatkan agar beberapa daerah melakukan itu,” jelasnya lagi.

Gubernur juga mengatakan orangtua siswa yang mampu bisa mempertimbangkan untuk memasukkan anaknya ke sekolah swasta jika tidak tertampung di sekolah negeri . Menurut Ganjar, banyak sekolah swasta saat ini yang bagus.

Advertisement

“Banyak lah sekolah swasta yang bagus-bagus apalagi yang didalam kota,” katanya.

Daya tampung SMA/SMK Negeri di Jawa Tengah sebanyak 217.745 orang. Sementara yang diterima di sekolah negeri sebanyak 216.107 siswa atau 99,25 persen dari daya tampung.

Sehingga sisa kuota SMA/SMK Negeri di Jawa Tengah yang masih tersisa sebanyak 1.638. Lulusan SMP/MTS mencapai 522.295 siswa. ***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement