Connect with us

Nusantara

Gunung Raung Erupsi, Warga Diminta Jangan Panik

Avatar

Diterbitkan

pada

Gunung Raung. (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Gunung Raung di perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso dan Jember mengalami erupsi pada Rabu (27/7/2022) pukul 17.19 WIB. Warga Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi diminta untuk tetap tenang

Kades Sumberarum, Kecamatan Songgon, Ali Nurfatoni meminta warganya untuk tidak panik. “Jangan melakukan pendakian, dan jangan mendekati gunung maupun bibir kawah radius yang telah direkomendasikan Pos Pengamatan di sini,” ujarnya, Kamis (28/7/2022).

Usai mendengar adanya informasi aktivitas Gunung Raung, pihaknya langsung mendatangi Pos Pengamatan PVMBG Gunung Api Raung di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, untuk mengetahui perkembangannya.

Hingga saat ini tidak ada peningkatan aktivitas berarti yang membahayakan warganya. Meski demikian, langkah antisipatif terus dilakukan pihak pemerintah desa bersama pihak kepolisian, TNI maupun masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan.

Koordinasi lintas sektor juga terus dibangun mengantisipasi dampak yang timbul pasca erupsi tersebut. “Intinya jangan panik, tetap beraktivitas seperti biasa menunggu rekomendasi dan perkembangan lebih lanjut dari Pos PVMBG,” ujarnya.

Advertisement

Gunung itu sendiri diketahui mengeluarkan abu vulkanik setinggi 1.500 meter dari atas puncak. Gunung setinggi 3.332 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu mengeluarkan abu vulkanik pada kurun waktu pukul 17.19-17.28 WIB.

Gunung Raung memiliki kaldera dengan kedalaman sekitar 500 meter dan selalu berasap serta sering menyemburkan api. Gunung ini termasuk gunung api tua dengan kaldera yang berada di puncak dan dikelilingi dengan banyak puncak kecil.

Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Gunung Raung mencatat material erupsi Gunung Raung menuju ke arah barat dan barat laut. Hal ini menyebabkan laporan adanya hujan abu vulkanik di tiga wilayah di barat dan barat laut gunung setinggi 3.332 Mdpl.

Ketua Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Gunung Raung Mukijo menyatakan, tiga wilayah dilaporkan terdampak material erupsi Gunung Raung. “Kalau dari visualnya condong ke barat dan barat laut, abu vulkanik,” ujarnya.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement