Home NasionalNusantara Covid-19, Pemkot Surabaya Siapkan RS Lapangan

Covid-19, Pemkot Surabaya Siapkan RS Lapangan

oleh Akbar Surya

Foto: Istimewa

FAKTUALid – Lonjakan kasus Covid-19 direspon Pemkot surabaya dengan menyulap lapangan tembak menjadi rumah sakit lapangan untuk merawat warga yang akan menjalani isolasi mandiri. RS Lapangan yang berada di Kedung Cowek surabaya ini akan dijadikan tempat isolasi bagi warga terpapar positif Covid-19, tanpa gejala atau dengan gejala ringan yang tidak ingin virusnya menular ke anggota keluarga yang lain.

Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini bersama Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, Senin (5/7/2021) meninjau RS yang akan segera dioperasikan tersebut. “Menurut saya ini yang paling relevan. Sebab, apabila di tengah kota, kadang warga sekitar bisa menolak,” ujar Mensos Tri Rismaharini.

Meski dinilai layak, mantan wali Kota Surabaya ini berharap agar RS darurat tersebut tak terpakai. Pihaknya lebih berharap kasus Covid-19 di Surabaya segera turun sehingga tidak membutuhkan rumah sakit lapangan lagi.

Sementara Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi akan berusaha memperhatikan kenyamanan bagi para warga. Apalagi, Pemkot Surabaya juga baru saja menerima bantuan dari Kemensos RI berupa 250 bed dan 50 velbed.

Dia menjelaskan, saat ini banyak warga terpapar Covid-19 dengan tanpa gejala atau gejala ringan, yang ingin dirawat di RS karena tidak mau anggota keluarganya tertular. Mereka kebanyakan minta menjalani isolasi mandiri di Asrama haji.

Tapi lonjakan kasus Covid yang terjadi belakangan ini menjadikan Asrama Haji sudah tak lagi bisa menampung warga baru. “Bahkan, di Hotel Asrama Haji itu sudah ada 700 orang yang antre,” ujarnya.

RS Lapangan itu nantinya ada empat tempat yang sangat lebar dan luas yang bisa dijadikan tempat perawatan pasien Covid-19. Eri mengaku tidak tega ketika melihat warga Surabaya yang terpapar Covid-19.

Dia memastikan bahwa yang akan dirawat di rumah sakit lapangan itu adalah pasien OTG atau gejala ringan, karena khusus yang sudah sesak napas dan sudah parah akan langsung dirawat di rumah sakit. Sedangkan yang masih gejala ringan bisa dirawat di tempat tersebut. RS Lapangan itu disiapkan untuk bisa menampung 500 lebih pasien Covid-19, tapi kepastiannya akan melihat jumlah bed yang tersedia.

Sebelumnya, Kemensos juga sudah menyerahkan bantuan ke Kediri dan Kabupaten Malang. Bantuan yang diberikan, mulai dari masker medis hingga tempat tidur untuk penanganan Covid-19.***

Tinggalkan Komentar