Home NasionalIbu Kota Warga Urus Mandiri, Krematorium Jakarta Tidak Terima Kremasi Jenazah Covid-19

Warga Urus Mandiri, Krematorium Jakarta Tidak Terima Kremasi Jenazah Covid-19

oleh Bambang

Salah satu krematerium di DKI Jakarta. (ist)

FAKTUALid – Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI Jakarta Suzi Marsitawati mengungkapkan untuk DKI Jakarta tidak ada krematorium yang mau melaksanakan kremasi jenazah covid-19.

Menurut Suzi dalam keterangan tertulisnya, untuk Jakarta ada tiga krematorium swasta yang saat ini tidak menerima kremasi jenazah Covid-19 yakni Grand Heaven Pluit, Daya Besar Cilincing dan Krematorium Hindu Cilincing.

Sedangkan krematorium swasta yang menerima kremasi jenazah Covid-19 justru berada di luar wilayah Jakarta seperti Oasis Tangerang, Sentra Medika, Cibinong dan Lestari, Kerawang.

Untuk itu, Kepala Distamhub meminta agar masyarakat dalam melaksanakan kremasi jenazah covid-19 mulai dari pengantaran jenazah hingga biaya kremasi ke lokasi kremasi agar mengurus secara mandiri, jangan melalui oknum petugas maupun calo.

Sebab katanya, petugas Palang Hitam saat ini tidak melayani pengantaran jenazah ke lokasi kremasi swasta di luar Jakarta dikarenakan jumlah meninggal akibat covid-19 d Jakarta masih tinggi sehingga mobilitas petugas hanya diperuntukan pemakaman di dalam kota Jakarta.

Untuk biaya jenazah covid-19 secara umum, Suzi menerangkan seperti pengangkutan jenazah, pemberian peti jenazah tidak ada biaya sama sekal. Kecuali biaya izin penggunaan petak dan perpanjangan petak makam dikenakan retribusi sebesar Rp 100.000 per 3 tahun. ****

 

You may also like

Tinggalkan Komentar