Home NasionalIbu Kota Gelar JRC 2021, Wagub Ariza: Sekolah Tingkatkan Kurikulum Rekayasa Teknologi

Gelar JRC 2021, Wagub Ariza: Sekolah Tingkatkan Kurikulum Rekayasa Teknologi

oleh Bambang

Wakil Gubernur DKI Jkarta Ahmad Riza Patria menyerahkan hadiah kepada pemenangan JRC 2021. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Dunia Robot Indonesia (DRI) dan para pemangku kepentingan lainnya berkolaborasi menyelenggarakan Jakarta Robotic Competition (JRC) Tahun 2021.

JRC 2021 merupakan ajang kompetisi pertama yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta bersama DRI yang digelar pada 4-5 Oktober 2021 lalu, di Gedung Sangkrini Taman Mini Indonesia Indah, dengan 4 kategori kompetisi, yaitu AEV, Sumo IoT, Maze Solving dan Rancang Bangun.

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, berkesempatan menyerahkan hadiah secara simbolis sebagai tanda apresiasi kepada para pemenang JRC 2021 yang berlangsung di Ruang Pola Bappeda Provinsi DKI Jakarta.

Dalam sambutannya, Wagub Ariza mengatakan, kompetisi itu penting dalam rangka menghadapi tantangan-tantangan digitalisasi, industri 4.0, termasuk pemulihan kesehatan pascapandemi Covid-19.

“Saya bangga terhadap event bergengsi JRC 2021 ini, terkumpul kreasi dan kreativitas serta imajinasi anak-anak muda para pelajar sebagai tunas-tunas muda harapan bangsa, telah melewati tahapan kompetisi dengan baik. Melihat hasil yang diperlihatkan para peserta, saya percaya para siswa/siswi, selain mampu menciptakan robot-robot yang memiliki manfaat besar bagi manusia, termasuk pihak sekolah tempat anak-anak muda ini belajar menimba ilmu, semuanya dalam kondisi siap menghadapi tantangan digitalisasi, industri 4.0, dan pemulihan kesehatan pascapandemi Covid-19,” kata Wagub Ariza, Sabtu (9/10/2021), di Jakarta.

Wagub Ariza berharap, robot-robot hasil karya para peserta, khususnya para pemenang JRC 2021 dapat diikutsertakan pada lomba robotik tingkat nasional dan internasional.

Ia pun berharap, ke depan, kurikulum teknologi dan informasi, khususnya rekayasa teknologi robotik di sekolah-sekolah dapat semakin ditingkatkan sejalan dengan perkembangan teknologi yang terus berkembang dinamis.

“Keberhasilan tim robot peserta kompetisi ini adalah kebanggaan berbagai pihak, seperti para pelajar, pihak sekolah,
(dan) DRI. Atas nama Pemprov DKI Jakarta, saya mengucapkan selamat dan apresiasi kepada DRI, atas suksesnya
penyelenggaraan JRC 2021 ini, dan selamat kepada para peserta yang berhasil menjadi pemenang,” ucap Wagub Ariza.

“Apresiasi kepada pihak sekolah yang tidak pernah berhenti, memotivasi anak-anak muda untuk mengenal dan
menggemari pendidikan robotik di Indonesia sebagai pendidikan teknologi elektronik dan digital,” tambah Wagub
Ariza.

Untuk tambahan informasi, JRC 2021 diadakan dalam dua klasifikasi, yakni junior dan senior. Junior adalah usia 7 – 12 tahun, sedangkan senior 13-18 tahun. Pembukaan pendaftaran diumumkan pada 25 Agustus dan pengumuman
pemenang dilaksanakan pada 5 Oktober 2021 lalu.

DRI diinisiasi untuk menghimpun kreativitas orang-orang yang terlibat dalam dunia teknologi termasuk robotik. Wadah ini mendidik agar mereka bergabung, tidak hanya memiliki kemampuan, tetapi dibantu berkembang, sehingga memiliki sikap yang maju.

Turut hadir dalam kegiatan pemberian hadiah kepada para pemenang JRC 2021, Ketua Dunia Robot Indonesia, Anta
Wijaya; Sekretaris Dunia Robot Indonesia, M. Wildan; Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta;
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta; Plt. Kepala Dinas Parekraf Provinsi DKI Jakarta; serta sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. ****

Tinggalkan Komentar