Connect with us

Nasional

Kunjungi Solo Safari, Presiden Jokowi Diceritain Pak Wali Ada Balekambang, Night Market dan Techno Park

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Presiden Joko Widodo saat mengunjungi kawasan wisata Solo Safari dan Solo Technopark, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Senin (23/01/2023).

Presiden Joko Widodo saat mengunjungi kawasan wisata Solo Safari dan Solo Technopark, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Senin (23/1/2023).

FAKTUAL-INDONESIA: Usai mengunjungi kawasan wisata Solo Safari, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, bersama Ibu Iriana Joko Widodo, Senin (23/1/2023), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan laporan dari Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, terdapat sejumlah taman hiburan dan edukasi yang akan dibangun di Kota Surakarta.

“Saya diceritain Pak Wali ada Balekambang, nanti ada night market yang di Gatot Subroto, jadi ada tempat-tempat baru, ada Techno Park yang dikunjungi anak-anak muda,” ucap Presiden.

Presiden pun menyatakan komitmennya untuk terus mendukung proses revitalisasi aset-aset produktif yang ada di Kota Surakarta.

Presiden mengatakan bahwa kunjungan tersebut dalam rangka melihat hasil revitalisasi Taman Satwa Taru Jurug atau Solo Safari. Presiden yakin hasil revitalisasi tersebut akan menjadikan destinasi wisata baru di Kota Solo yang lebih baik.

“Saya diajak Pak Wali untuk melihat pembenahan Taman Jurug sekarang menjadi Solo Safari. Saya lihat sangat bagus, meskipun belum selesai sudah kelihatan akan menjadi sangat bagus dan menjadi destinasi baru wisata di Kota Solo” ujar Presiden.

Advertisement

Sementara itu, General Manager Solo Safari Shinta Adithya menyebut bahwa Solo Safari merupakan salah satu taman bermain yang akan menjadi ikon baru Kota Solo. Shinta mengatakan Solo Safari ditargetkan akan mengubah tujuan wisatawan dari sekadar wisata kuliner menjadi wisata lainnya di Kota Solo.

“Mungkin kalau selama ini orang datang ke Solo fokusnya hanya kulineran saja, nanti ketika sudah ada Solo Safari harapannya bisa mendatangkan banyak wisatawan untuk lebih lama stay juga di Solo dan menjadi ikonnya Kota Solo,” ujar Shinta.

Shinta pun berharap Solo Safari dapat segera dinikmati oleh para wisatawan, khususnya warga Solo. Saat ini, progres revitalitasi Solo Safari fase 1 sudah mencapai 90 persen dan akan dibuka untuk umum pada tanggal 27 Januari 2023 mendatang.

“Semoga warga Solo bisa menikmati wisata yang sudah kita siapkan untuk warganya dan bisa menjadi kebanggaan buat kita semua,” ungkap Shinta. (BPMI SETPRES/AIT)

Solo Technopark

Advertisement

Presiden Jokowi juga  mengunjungi Solo Technopark (STP) di Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, pada Senin  (23/1/2023). Saat tiba di lokasi, Presiden disambut langsung oleh Pemimpin BLUD KST Solo Technopark, Yudit Cahyantoro dan meninjau sejumlah fasilitas di tempat tersebut.

“Bapak Presiden berkunjung ke kawasan STP untuk melihat perkembangan-perkembangan yang ada di kawasan sains dan teknologi, salah satunya adalah dengan adanya gedung baru yaitu Gedung Sembrani dan Gedung Gumarang,” ujar Yudit.

Yudit menjelaskan bahwa kedua gedung tersebut nantinya akan dipakai sebagai pusat perkantoran, pusat inkubasi bisnis, pembinaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dan layanan-layanan masyarakat lainnya yang ada di Kota Solo.

Solo Technopark sendiri adalah kawasan milik pemerintah Kota Surakarta sebagai pusat inovasi dan vokasi untuk daya saing daerah. Kawasan tersebut berfungsi sebagai hub untuk integrasi, kolaborasi antara akademika, bisnis, pemerintah, komunitas, dan media.

“Pak Presiden memberikan apresiasi yang sangat baik untuk Solo Technopark dan berharap Solo Technopark bisa menjadi role model nasional techno park di Indonesia,” ungkapnya.

Advertisement

Yudit pun berharap kawasan sains dan teknologi Solo Technopark bisa terus berkembang ke depannya. “Bisa terus melayani, dan bisa menjadi pusat ekosistem digital di Kota Surakarta,” tandasnya. ***

Lanjutkan Membaca