Connect with us

Shopping

6 Tempat Belanja di Semarang yang Murah dan Ikonik

Avatar

Diterbitkan

pada

tempat belanja di semarang

Pasar Seni Kota Lama atau Padangrani (Foto: Antara)

FAKTUAL-INDONESIA: Mendengar kota Semarang, sebagian orang lebih mengenalnya dengan kota lumpia atau kota Atlas. Provinsi di Jawa Tengah ini terkenal menyimpan nilai sejarahnya kental. Tak hanya nilai sejarahnya, kota ini juga dikenal menyimpan tempat belanja di Semarang yang tidak menguras kantong.

Ketika Anda berlibur, kurang lengkap rasanya apabila tidak berbelanja, terlebih jika Anda berkunjung ke Semarang. Ibu Kota Jawa Tengah ini sangat cocok bagi wisatawan yang datang sembari berburu barang-barang unik dan ikonik dari kota tersebut.

Tempat belanja di Semarang tersebut tentu menawarkan barang yang beragam dan sangat ‘rekomended’ bagi pelancor karena barang di jual relatif murah.

Baca juga: Masjid Baiturrahman Semarang, Cagar Budaya Tempat Wisata Religi

Berikut beberapa tempat belanja di Semarang yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Pasar Semawis

tempat belanja di semarang

Pasar Semawis (Foto: instagram.com/sonnycreated)

  • Lokasi: Jalan Gang Warung Nomor 50, Kauman, Kecamatan Semarang Tengah, Semarang.
  • Jam operasional: Jumat-Minggu pukul 18.00-23.00.

Tempat belanja di Semarang yang pertama yaitu Pasar Semawis. Pasar ini identik dengan “surganya” makanan. Jika Anda ingin berburu kuliner, Pasar Semawis pas untuk Anda kunjungi. Anda akan mudah menemukan minuman khas, seperti es conglik, wedang ronde dan wedang kacang tanah.

Untuk makanannya, tentu ada lumpia yang merupakan kuliner khas Semarang dan makanan lainnya. Meski letaknya berada di gang, tempat belanja di Semarang ini selalu ramai dikunjungi. Selain itu, pengunjung juga dapat menemukan kesenian khas Tiongkok, seperti barongsai dan opera klasik.

Advertisement

2. Pasar Gang Baru

tempat belanja di semarang

Pasar Gang Baru (Foto: instagram.com/erich_joe)

  • Lokasi: Gang Baru Nomor 129, Kranggan, Kecamatan Semarang Tengah, Semarang.
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 05.00-10.30.

Seperti namanya, Pasar Gang Baru adalah sebuah pasar yang berada di sebuah gang. Di sini, Anda bisa menemukan berbagai keperluan seperti pakaian, makanan, hingga obat-obatan. Terletak di kawasan pecinaan, tempat belanja di Semarang ini juga menyajikan perlengkapan upacara ritual masyarakat Tiongkok.

Sebagian wisatawan menganggap Pasar Gang Baru wajib dikunjungi karena barang-barang disini cukup lengkap untuk dibawa pulang sebagai buah tangan.

3. Kampoeng Semarang

tempat belanja di semarang

Kampoeng Semarang (Foto: Destimap)

  • Lokasi: Jalan Kaligawe Raya KM.1 Nomor 96, Tambakrejo, Kecamatan Gayamsari,  Semarang.
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00-20.00.

Tempat belanja di Semarang berikutnya yaitu Kampoeng Semarang. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang sedang mencari oleh-oleh dengan harga murah. Camilan khas semarang, diantara wingko babat, tahu bakso, kue mocha, hingga lumpia tersedia disini.

Untuk oleh-oleh berupa barang, terdapat tas batik, baju, gantungan, dan sandal tersedia pula di Kampoeng Semarang. Harga barangnya yang murah membuat tempat ini hampir tidak pernah sepi oleh pengunjung, khususnya saat akhir pekan.

Baca juga: 6 Kuliner Khas Semarang yang Melegenda

4. Pasar Johar

tempat belanja di semarang

Pasar Johar (Foto: kompas)

  • Lokasi: Jalan K.H. Agus Salim, Kauman, Kecamatan Semarang Tengah, Semarang.
  • Jam operasional: Setiap hari buka 24 jam.

Selain Kampoeng Semarang, ada juga Pasar Johar yang merupakan tempat belanja di Semarang terlengkap. Barang-barang mulai dari pakaian, perlatan rumah tangga, souvenir unik, sampai peralatan elektronik sangat mudah ditemukan di pasar ini.

Selain untuk berbelanja, Pasar Johar ternyata ditetapkan sebagai warisan cagar budaya. Ini karena pasar tersebut memiliki riwayat sejarah yang panjang. Bahkan, sekitar 1955 Pasar Johar pernah disebut-sebut sebagai pasar terbaik dan terbesar di Asia Tenggara.

5. Pasar Seni Padangrani

tempat belanja di semarang

Pasar Seni Kota Lama atau Padangrani (Foto: Antara)

  • Lokasi: Jalan Letjen Suprapto, Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Semarang.
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00-23.00.

Jika Anda mencari barang-barang seni untuk dibawakan pulang ke kota asal, Anda bisa ke Pasar Seni Padangrani atau Pasar Seni Kota Lama. Di tempat ini, Anda bisa dengan mudah menemukan barang-barang yang berhubungan dengan seni, yakni lukisan. Barang-barang antik, seperti radio tua dan pernak-pernik dapat Anda boyong dengan harga yang murah.

Tempat belanja di Semarang ini umumnya dipadati oleh pengunjung pada sore hingga malam hari. Tak hanya berbelanja, Pasar Seni Padangrani juga kerap disebut salah satu tempat wisata di Semarang. Wisawatan yang berkunjung ke pasar ini banyak yang mengabadikan momen dengan berswafoto.

6. Kawasan Simpang Lima

tempat belanja di semarang

Kawasan Simpang Lima (Foto: Istimewa)

  • Lokasi: Jalan Simpang Lima, Pleburan, Kecamatan Semarang Selatan, Semarang

Tak lengkap rasanya jika membahas kota Semarang tanpa membicarakan kawasan Simpang Lima. Dibandingkan alun-alunnya, Simpang Lima lebih dikenal masyarakat luar. Tak ayal jika wisatawan beranggapan bahwa Simpang Lima merupakan alun-alun kota Semarang.

Kawasan Simpang Lima selalu dipadati oleh pengunjung, terlebih pada musim liburan dan akhir pekan. Di sini, terdapat pedagang yang menjajahkan barang dagangannya yang cocok Anda beli sebagai buah tangan. Barang dan makanan yang di jual tentu harganya sangat terjangkau.***

Advertisement

Baca juga: Ditutup, Semarang Great Sale Bukukan Transaksi Rp308 Miliar

Lanjutkan Membaca