Connect with us

Shopping

6 Cara Mengatasi Kecanduan Belanja Online, Jangan Dianggap Remeh

Avatar

Diterbitkan

pada

cara mengatasi kecanduan belanja online

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Di zaman sekarang, belanja sudah sangat mudah. Tak perlu datang ke toko, Anda cukup berbelanja melalui gadget tanpa perlu keluar rumah. Kegiatan belanja online bisa ternyata bisa membuat sebagian orang kecanduan. Jika demikian, penting untuk mengetahui cara mengatasi kecanduan belanja online agar pengeluaran dapat tertata kembali.

Perlu Anda ketahui, pada dasarnya berbelanja bisa meningkatkan perasaan senang. Kondisi ini mmebuat sistem saraf manusia dan melepaskan dopamin dan neurotransmitter yang menyebabkan perasaan bahagia bila dilihat secara ilmiah. Hal ini yang menyebabkan seseorang ketagihan berbelanja.

Sebenarnya kemajuan teknologi menyimpan banyak manfaat bagi kehidupan. Dilain sisi, pasti terdapat sisi negatifnya, termasuk belanja online. Mudahnya seseorang bertransaksi dan banyaknya promo membuat orang-orang candu dan mengulangi kegiatan ini atau kerap disebut compulsive buying disorder.

Baca juga: 7 Tips Belanja Online yang Perlu Diterapkan agar Tehindar dari Penipuan

Meski menyenangkan, namun ketagihan belanja online tentu tidak baik terhadap pengeluaran bulan dan bahkan berdampak buruk bagi kesehatan mental. Cara terbaik adalah melatih diri untuk mengatasinya. Lantas, bagaimana cara mengatasi kecanduan belanja online?

Berikut beberapa cara mengatasi kecanduan belanja online yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

Advertisement

1. Berhenti berlangganan

cara mengatasi kecanduan belanja online

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Cara mengatasi kecanduan belanja online yang pertama yaitu berhenti berlangganan. Ketika Anda mendaftarkan akun di salah satu e-commerce, nantinya mereka akan mengirimkan email promosi seperti bonus atau gratis ongkos kirim secara rutin yang bertujuan untuk mengajak Anda untuk bertransaksi disana.

Jika Anda kerap terlena dengan email tersebut, berhentilah berlangganan dari setiap email promosi tersebut. Dengan begitu, Anda tidak akan mendapat email dan bisa mengendalikan keinginan berbelanja.

2. Hapus aplikasi belanja online

Sejumlah marketplace di tanah air saat ini sudah sangat memudahkan para pelanggannya dengan menyediakan aplikasi belanja online berbasis Andoid dan iOS. Ketika memagang ponsel, tak sengaja Anda membuka aplikasi tersebut atau mendapatkan notifikasi sehingga hendak berbelanja.

Untuk menghindarinya, hapuslah beberapa aplikasi tersebut dari smartphone Anda. Setelah terhapus, Anda akan bisa berhenti dari kebiasaan yang bisa menguras kantong ini. Menurut sebagian orang, ini cukup efektif sebagai salah satu cara mengatasi kecanduan belanja online.

3. Cari hiburan yang sehat dan tidak menguras kantong

Cara mengatasi kecanduan belanja online berikutnya yaitu mencari hiburan sehat dan tidak menguras kantong. Sebuah studi menunjukkan bahwa membeli sesuatu ternyata mampu mengurangi perasaan sedih yang diderita seseorang.

Jika suasana hati sedang tidak terkendali atau stres, jangan hibur diri dengan berbelanja karena Anda cenderung membeli barang yang tidak diperlukan. Sebaiknya, lakukan alternatif antara lain membaca buku, menulis, berolahraga, menonton film, menelpon keluarga, atau sekedar berkumpul dengan teman dekat.

Advertisement

Semakin sedikit waktu yang dihabiskan untuk menjelajahi e-commerce, maka akan sedikit pula godaan untuk berbelanja.

Baca juga: 4 Cara Cek Rekening Penipu Secara Online yang Mudah Diterapkan

4. Tidak menggunakan mobile banking di smartphone

cara mengatasi kecanduan belanja online

Ilustrasi mobile banking (Foto: Istimewa)

Berkembangnya tekonologi seiring berjalannya waktu sangat memudahkan masyarakat. Kehadiran mobile banking dirasa sangat membantu orang-orang untuk bertransaksi tanpa perlu datang ke Bank atau anjungan tunai mandiri (ATM). Secara tidak langsung, kemudahan ini kerap dimanfaatkan saat berbelanja online.

Apabila kehadiran m-banking membuat Anda terbujuk dan selalu membeli barang yang tidak dibutuhkan, cobalah untuk mempersulit aksesnya dengan menghapus m-banking dari ponsel. Dengan begitu, Anda perlu membayar melalui mesin ATM sehingga membuat Anda berfikir dua kali untuk menyelesaikan transaksi.

5. Lacak pengeluaran

Saat Anda menyadari kebiasaan berbelanja bisa sudah tidak terkendali, cobalah untuk melacak pengeluaran ketika berbelanja online. Pada saat melacaknya, tanpa disadari perilaku ini akan menyadarkan Anda tentang pengeluaran yang tidak penting.

Lalu, simpan juga pengeluaran bulan sebagai pembanding kenaikan atau penuruan kegiatan berbelanja. Dengan begitu, cara mengatasi kecanduan belanja online ini akan mengingatkan terhadap utang atau beban belanja apabila hendak membeli suatu barang.

6. Minta bantuan orang terdekat

cara mengatasi kecanduan belanja online

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Cara mengatasi kecanduan belanja online yang terakhir adalah minta bantuan orang terdekat. Belanja online yang berlebihan tentu tidak sehat bagi kantong dan mental. Supaya bisa terlepas dari kebiasaan buruk ini, jangan ragu untuk meminta bantuan orang disekitar.

Mintalah pasangan, keluarga, atau teman untuk mendorong dan mengontrol akan Anda tidak berbelanja secara berlebihan. Alhasil, Anda bisa terlepas dari kebiasaan buruk ini.***

Advertisement

Baca juga: 6 Tempat Belanja di Semarang yang Murah dan Ikonik

Lanjutkan Membaca