Connect with us

Lifestyle

6 Cara Memilih Benih Jagung Berkualitas dan Unggul, Mudah Kan?

Avatar

Diterbitkan

pada

cara memilih benih jagung

Cara Memilih Benih Jagung Berkualitas dan Unggul (Ilustrasi bibit jagung: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Jagung merupakan salah satu makanan yang umum dikonsumsi masyarakat Indonesia. Selain gandum dan padi, jagung termasuk tanaman pangan terpenting di dunia yang menghasilkan karbohidrat.

Menanam jagung dianggap cukup mudah. Hal itu membuat banyak yang berniat budidaya jagung. Jika ingin mencoba, penting untuk mengetahui cara memilih benih jagung berkualitas dan unggul.

Jagung termasuk jenis tanaman berkeping tunggal atau yang dalam bahasa latin disebut monokotil. Benih yang berkualitas dapat menghasilkan tanaman dengan produktivitas tinggi. Budidaya jagung juga semakin berkembang belakangan ini.

Salah satu faktornya adalah tidak sulit untuk di budidaya kan dan memiliki jangka waktu yang singkat untuk di panen. Keberhasilan tersebut tentu tidak akan maksimal bila bibit atau benih jagung berkualitas buruk. Lantas, bagaimana cara memilih benih jagung berkualitas dan unggul?

Baca juga: 5 Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal untuk Pemula, Mudah Diterapkan dan Menguntungkan

Berikut beberapa cara memilih benih jagung berkualitas dan unggul yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

Advertisement

1. Pilih benih dengan ukuran normal

Cara memilih benih jagung berkualitas dan unggul yang pertama yaitu memilih benih yang memiliki ukuran normal. Benih dengan ukuran ini nantinya bisa membuat budidaya jagung Anda bisa mengalami pertumbuhan yang relatif lebih cepat.

Cobalah pilih benih yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Pastikan benih juga harus dalam keadaan utuh atau tidak ada yang pecah.

2. Bersertifikat Resmi

Jika ingin mendapatkan benis jagung berkualitas, tentu pilih yang memiliki sertifikat resmi dan juga memiliki vigor tinggi. Benih bersertifikat kualitasnya sudah terjamin. Sebab, benih tersebut akan dapat terlindungi atau lebih tahan terhadap serangan penyakit. Dengan begitu, produktivitas tanaman akan jadi maksimal.

3. Pilih benih bersih

Cara memilih benih jagung berkualitas berikutnya yaitu benih bersih. Yang dimaksud dengan benih bersih adalah benih yang tidak tercampur dengan biji tanaman lain maupun biji gulma. Ketika Anda menaman benih jagung bersih, jagung akan memiliki daya tumbuh baik dan terhindar dari hama dan penyakit. Alhasil, kuantitas tanaman yang tumbuh akan semakin tinggi.

Baca juga: Kementan Dorong Produk Olahan Singkong Naik Kelas, Bisa Diminati di Hotel-hotel

4. Hindari benih kering dan mengkilap

Sebagai pemula, pilihlah benih jagung yang memiliki tampak permukaan bersih dan mengkilap. Jangan sekali-kali memilih benih yang permukaannya terlihat kering atau keriput. Benih dengan permukaan keriput menandakan benih tersebut panen saat jagung belum cukup umur juga persiapan pembenihannya yang kurang optimal.

Advertisement

5. Pilih benih dari varietas unggul

Selain menghindari benih yang tampak kering, cara memilih benih jagung berkualitas lainnya adalah berasal dari varietas yang jelas.

Varietas unggul tentu menyimpan banyak kelebihan, diantaranya tahan hama dan penyakit, memiliki produktivitas tinggi, masa panen lebih cepat, dan beberapa kelebihan lainnya. Maka dari itu, pastikan memilih benih berasal dari varietas unggul yang sudah dilepas Menteri Pertanian.

6. Periksa tanggal kadaluarsa

Cara memilih benih jagung berkualitas yang terakhir adalah memilah benih yang belu, kadaluarsa. Layaknya makanan, benih jagung yang memiliki kadaluarsa. Itulah mengapa penting untuk memerhatikan tanggal kadaluarsa pada suatu produk.

Menanam bibit jagung kadaluarsan memang masih bisa bertumbuh. Tapi, pertumbuhannya jadi tidak akan maksimal, serta mudah terserang hama dan penyakit. Akibatnya, hasil panen yang dihasilkannya juga tidak akan maksimal.***

Baca juga: 5 Tips atau Cara Memilih Jeruk yang Manis dan Segar

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement