Connect with us

Lifestyle

Ini Daftar Lima Besar Negara Pemakan Mi Instan Terbanyak

Avatar

Diterbitkan

pada

Negara Pemakan Mi Instan Terbanyak

Jepang menjadi salah satu negara pemakan mi instan terbanyak (ist)

FAKTUAL-INDONESIA: Mi instan merupakan makanan yang praktis dan digemari hampir di seluruh penjuru dunia. Bahkan di Indonesia, mi instan kerap menjadi sarapan sehari-hari.

Meski demikian, sebetulnya mengonsumsi mi instan terus-menerus akan memberi dampak buruk. Namun tetap saja hampir seluruh orang di dunia menyukai mi instan.

Berdasarkan data terbaru dari World Instant Noodles Association (WINA) yang mencatat daftar negara pemakan mi instan terbanyak di dunia.

Merujuk data per 11 Mei 2021, China dan Hong Kong berada di urutan pertama sebagai negara pemakan mi instan terbanyak di dunia, lalu disusul Indonesia di urutan kedua.

Baca juga: 5 Negara ini Ternyata Cinta Mati dengan Indomie, Tersihir Dengan Kelezatannya!

Berikut ini 5 negara pemakan mi instan terbanyak berdasarkan data dari WINA :

Advertisement

1. China dan Hong Kong

Negara pemakan mi instan terbanyak yang pertama yaitu China dan Hong Kong. Keduanya menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan pemakan mie instan terbanyak di dunia. Dua negara di kawasan Asia ini mengonsumsi 46.350 juta porsi mi instan yang disantap sepanjang 2020.

Tidak mengherankan mengingat dua negara tersebut merupakan negara yang kaya dengan menu olahan mi. Seperti yang diketahui, warga China dan Hong Kong memiliki sajian berbahan bihun dan sohun yang populer.

2. Indonesia

Indonesia menempati posisi kedua sebagai negara pemakan mi instan terbanyak di dunia sepanjang 2020 dengan 12.640 juta porsi.

Selain praktis, mi instan di Indonesia sangat beragam. Sehingga konsumen bisa menentukan sendiri jenis mi yang mereka suka. Menyantap mi dengan beragam varian juga tidak akan membuat bosan.

Negara yang memiliki jumlah lebih dari 270 juta jiwa ini sangat familiar dengan mi instan. Makanan tersebut bahkan telah menjadi menu masakan sehari-hari khususnya kalangan anak kos.

Advertisement

3. Vietnam

Menurut data WINA pada 11 Mei 2021, Vietnam tercatat menghabiskan 7.030 juta porsi, dibandingkan 5.430 juta porsi di tahun 2019. Bahkan Vietnam berhasil menempati urutan ketiga sebagai negara pemakan mi instan terbanyak di dunia, sepanjang 2020.

Baca juga: Produk Mi Instan Indonesia Ditolak Masuk Taiwan, Ini Alasannya

Vietnam juga memiliki beragam varian mi instan. Masyarakat Vietnam juga tercatat menyukai mi instan dengan tekstur yang lebih elastis dengan tambahan bawang, lemon, dan paprika pada mi instan untuk disantap. Selain tepung, mi instan versi Vietnam juga banyak yang menggunakan mi beras pho, khas Vietnam.

4. India

India tercatat telah menghabiskan kurang lebih 6.730 juta porsi mi instan. Hal itu tidak mengherankan mengingat 60 persen masyarakat India tercatat sebagai vegetarian.

India memang sudah lama dikenal sebagai negara vegetarian karena budayanya yang menolak memakan daging sapi. Tak ayal, mi instan pun menjadi menu alternatif yang cocok untuk dikonsumsi sehari-hari.

Mi instan di India tak hanya dijadikan makanan utama, tapi juga makanan camilan yang dijual dalam kemasan kantong kecil yang disebut “Chota Packs” sebagai jajanan untuk anak-anak.

Advertisement

5. Jepang

Jepang menjadi negara pemakan mi instan terbanyak di dunia diurutan kelima dengan 5.970 juta porsi. Jumlah ini naik dari data sebelumnya yang berjumlah 5.630 juta (2019).

Masyarakat negeri Sakura ini dikenal dengan budaya serba cepat maka tak mengherankan jika mereka kerap mengonsumsi mi instan yang bisa dibeli di setiap convenience store.

Bahkan salah satu manakan favorit di Jepang adalah mi ramen dan mi udon. Jadi wajar jika masyarakat Jepang menyukai mi dan menjadi salah satu negara pemakan mi instan terbanyak.

Biasanya mereka menyajikan mi dengan beragam topping dan aneka kuah seperti kari rasa tulang babi, kaldu ayam, dan kaldu ikan.***

Baca juga: Nasi dan Mi Instan Ada Yang Lebih Baik dari Keduanya

Advertisement

Lanjutkan Membaca