Home LifestyleKesehatan 9 Manfaat Biji Alpukat Bagi Kesehatan yang Tak Terduda dan Cara Mengolahnya

9 Manfaat Biji Alpukat Bagi Kesehatan yang Tak Terduda dan Cara Mengolahnya

oleh Farhan Zuhdi
manfaat biji alpukat

Ilustrasi Biji Alpukat (Foto: Istimewa)

FAKTUALid – Buah alpukat merupakan salah satu buah yang populer di Indonesia. Alpukat diketahui memiliki beragam manfaat bagi kehidupan. Selian daging buahnya, ternyata manfaat biji alpukat sangat beragam bagi kesehatan tubuh.

Buah alpukat sering dikonsumsi langsung atau dijadikan salad dan jus. Biasanya orang akan membuang biji alpukat karena dianggap tidak berguna.

Namun, ternyata biji alpukat memiliki beragam kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan tersebut meliputi antioksidan, serat, asam lemak, hingga kandungan vitamin dan mineral. Untuk itu, penting untuk mengetahui apa saja manfaat biji alpukat dan bagaimana cara mengonsumsinya dengan benar.

Baca juga: 8 Manfaat Buah Naga, Redakan Flu Hingga Tingkatkan Imun

Berikut beberapa manfaat biji alpukat bagi kesehatan yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Menurunkan kolesterol

Manfaat biji alpukat yang pertama yaitu dapat menurunkan kolesterol. Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal. Kandungan tersebut diketahui dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) sekaligus dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) pada tubuh.

Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan nourishing oil dan kaya akan antioksidan yang berperan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

2. Mengatasi penyakit maag

Jika kamu mempunyai penyakit maag, kamu dapat mengambil manfaat biji alpukat untuk mengatasi maag. Maag merupakan penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan dan seringkali membuat penderitanya merasa sakit di ulu hati, bahkan hingga lemas dan muntah.

Ini karena biji alpukat memiliki berbagai kandungan ajiab di dalalmnya. Dengan mengonsumsi biji alpukat, diklaim dapat mengatasi dan mencegah penyakit maag datang pada kemudian hari.

3. Sumber antioksidan

Manfaat biji alpukat berikut yaitu dapat menjadi sumber antioksidan tinggi. Menurut penelitian, biji alpukat memiliki kandungan antioksidan 70 persen lebih tinggi dibandingkan daging buahnya. Kandungan tersebut dapat berguna untuk mencegah terjadinya stres oksidatif pada sel tubuh.

Di samping itu, kandungan antioksidan pada biji alpukat dapat berkhasiat untuk melawan peradangan, menjaga dan memperbaiki fungsi sel tubuh, serta mengurangi penuaan sel.

4. Mencegah penyakit tekanan darah tinggi

Selain menjadi sumber antioksidan, manfaat biji alpukat juga dapat mencegah penyakit tekanan darah tinggi tetap normal. Hal ini disebabkan kandungan kalium yang ada di dalamnya dapat mengendalikan tekanan darah dengan menjaga kelenturan pembuluh arteri.

Untuk itu, kamu perlu mengonsumsi ekstrak biji alpukat secara rutin untuk membantu kamu mencegah penyakit tekanan darah tinggi.

5. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Untuk menjaga kamu dari berbagai penyakit, kamu perlu menjaga sistem imun di dalam tubuh. Untuk menjaganya, kamu dapat mengambil manfaat biji alpukat. Biji alpukat dapat menjaga kekebalan tubuh berkat kandungan antioksidan yang tinggi.

Sudah disinggung sebelumnya, kandungan antioksidan tersebut ternyata dapat menangkal radikal bebas sehingga tubuh tidak rentan terserang penyakit dan dapat membuat kamu lebih awet muda.

Baca juga: 6 Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh, Dapat Mencegah Kanker

6. Mencegah kanker

Selain menjaga pola hidup sehat untuk dapat mencegah dari kanker, kamu dapat mengonsumsi biji alpukat. Manfaat biji alpukat ini berasal dari kandungan flavonoid dengan cara mencegah sel dari kerusakan yang menyebabkannya berubah menjadi kanker

Selain itu, kandungan antioksidan pada biji alpukat juga dapat melawan radikal bebas yang menjadi penyebab kanker. Rutin mengonsumsi ekstrak biji alpukat dapat membantu tubuh terhindar dari kanker.

7. Mencegah diabetes

Siapa sangka, ternyata manfaat biji alpukat dapat mencegah kamu terkena penyakit diabetes. Dengan mengonsumsi ekstrak biji alpukat dapat mengurangi kadar gula darah. Hal tersebut telah diuji oleh salah satu penelitian. Penelitian tersebut dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa biji alpukat sama efektifnya dengan obat anti-diabetes.

8. Mengatasi sembelit

Manfaat biji alpukat berikutnya yaitu dapat mengatasi sembelit. Hal ini dapat terjadi berkat kandungan serat alami yang sangat tinggi pada biji alpukat. Jika kamu mengalami sembelit, kamu dapat mengonsumsi ekstrak biji alpukat serta dapat melancarkan pencernaan. Selain itu, biji alpukat juga dapat menyehatkan lambung dan usus.

9. Mencegah penuaan dini

Manfaat biji alpukat terakhir adalah dapat mencegah penuaan dini. Hal ini berkat antioksidan yang berfungsi sebagai pencegah penuaan dini. Untuk itu, kamu perlu mengonsumsi ekstrak biji alpukat secara rutin untuk membuat kamu tampak awet mudah.

Cara mengolah biji alpukat

Biji alpukat sangatlah keras dan tidak mungkin untuk langsung dikonsumsi. Berikut cara mengolah biji alpukat:

  • Keringkan biji apukat dalam oven dengan suhu tinggi selama 2 jam.
  • Biji yang sudah kering lalu dipotong dan diblender hingga menjadi bubuk.
  • Bubuk biji alpukat ini dapat ditambahkan ke makanan atau minuman sehari-hari.***

Baca juga: 5 Cara Agar Alpukat Cepat Matang Dengan Sempurna

You may also like

Tinggalkan Komentar