Home LifestyleKesehatan 9 Cara Mengatasi Sakit Pinggang, Efektif dan Mudah Dilakukan

9 Cara Mengatasi Sakit Pinggang, Efektif dan Mudah Dilakukan

oleh Farhan Zuhdi
cara mengatasi sakit pinggang

Ilustrasi sakit pinggang (Foto: Istimewa)

FAKTUALid – Sakit pinggang merupakan sakit yang sering dialami banyak orang terutama orang dewasa. Biasanya penyakit ini terjadi akibat terlalu banyak beraktivitas atau orang yang bekerja terlalu keras. Cara mengatasi sakit pinggang tidaklah sulit dan dapat dengan mudah dilakukan.

Ketika seseorang mengalami sakit pinggang akan timbul rasa nyeri. Hal tersebut terjadi baik di sebelah kanan maupun di sebelah kiri bagian belakang pinggang, tepatnya di bawah tulang rusuk dan di atas pinggul.

Sakit pinggang terkadang dapat muncul secara tiba-tiba. Biasanya penyebab sakit pinggang terjadi karena beberapa hal, seperti menagangkat barang berat, terlalu lama duduk, hingga efek setelah berolaharga. Namun, kamu tak perlu khawatir. Ada beberapa cara megatasi sakit pinggang yang mudah dilakukan di rumah.

Baca juga: Agar Tidak Sakit Punggung saat WFH selama PPKM Darurat

Berikut beberapa cara mengatasi sakit pinggang dengan mudah yang telah dirangkum faktualid.com dari berbagai sumber

Cara Mengatasi Sakit Pinggang

1. Kurangi berbaring di tempat tidur

Cara mengatasi sakit pinggang yang pertama adalah dengan mengurangi berbaring di tempat tidur. Terlalu lama berbaring di tempat tidur bukan solusi untuk mengatasi sakit pinggang. Karenanya, kamu perlu bergerak agar otot tidak menjadi kaku. Tetapi jika sakit pinggang dirasa terlalu sakit, kamu dapat berbaring selama beberapa saat.

2. Lakukan Aktivitas Fisik

Melakukan aktivitas fisik seperti olahraga dapat memaksimlakan otot. Selain baik untuk kesehatan, olahraga dapat membuat otot menjadi kuat dan fleksibel asalkan olahraga yang kamu lakukan tidak terlalu rentan terhadap cedera. Cukup dengan berolahraga kurang lebih 20 sampai 30 menit dapat dipercaya sebagai salah satu cara mengatasi sakit pinggang.

Sebuah studi menunjukkan, olahraga yoga terbukti efektif untuk mengobati sakit pinggang kronis karena dapat membuka jalan bagi otot-otot pinggang untuk bekerja lebih optimal dan membantu tubuh bergerak memenuhi kapasitas rentang gerak terbaiknya.

3. Kompres air dingin dan kantong pemanas

Apabila pinggang terasa sakit, kamu dapat menggunakan kombinasi dari kompresan dingin dan kantong pemanas sebagai cara mengatasi sakit pinggang. Dengan mengopres pada bagian pinggang yang sakit dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Dua hari setelahnya, letakan kantong pemanas pada pinggang untuk melemaskan otot, meningkatkan peredaran darah, dan mengurangi sakit pinggang.

4. Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan dapat membantu mengatasi sakit pinggang. Berat badan berlebih kdang bisa menjadi faktor kamu mengalami sakit pinggang. Mulai dari sekarang kamu bisa mengatur dan menerapkan pola makan sehat. Selain pola makan, selingi dengan rutin berolahraga selama 3-4 kali dalam seminggu. Dalam sehari kamu bisa melakukan olahraga dengan durasi 45-60 menit dalam satu hari.

Baca juga: Turunkan Sekarang Juga Berat Badan dengan Tidur Cukup

5. Letakkan bantal di bawah lutut

Cara mengatasi sakit pinggang berikutnya adalah dengan meletakkan bantal di bawah lutut saat tidur. Kamu dapat meletakan bantal di bawah lutut saat kamu tidur dengan posisi telentang.

Posisi telentang memberikan tekanan pada tulang belakang saat kamu tidur. Sehingga, dengan mengangkat kaki pada saat tidur akan membantu mengurangi sedikit tekanan yang terjadi saat kamu tidur.

6. Melatih otot inti tubuh

Cara mengatasi sakit pinggang yang kedua adalah dengan berolahraga untuk melatih otot inti pada tubuh. Berfokus pada otot inti tubuh saat berolahraga, dapat membantu kurangi risiko cedera pinggang, seperti otot tegang dan kejang. Namun, kamu harus melakukan olahraga secara rutin.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu perlu menerapkan latihan untuk penguatan pinggang dan perut ke dalam aktivitas olahraga rutin. Lakukan dua kali seminggu untuk mengembangkan kondisi pinggang yang lebih kuat dan lebih fleksibel.

7. Meningkatkan hormon endorfin

Hormon endorfin adalah hormon yang dapat membantu supaya sinyal rasa sakit tidak menuju ke otak. Meningkatkan hormon ini dapat dilakukan sebagai salah satu cara mengatasi sakit pinggang. Hormon endorfin di dalam tubuh dipercaya dapat mengurangi rasa cemas, stres, sakit pungung, dan depresi. Kamu dapat meningkatan hormon dengan melakukan pijat, meditasi, dan olahraga.

8.Gunakan koyo

Banyak orang menggunakan koyo untuk pertolongan pertama sebagai cara mengatasi sakit pinggang. Dilansir dari Medscape, dengan menempelkan koyo pada bagian yang terasa sakit diketahui dapat dimeringankan sakit pinggang. Penggunaan koyo dianggap efektik karena di dalamnya terkandung bahan pereda nyeri, seperti salisilat, counterirritants, capsaicin.

9. Berhenti merokok

Berhenti merokok merupakan langkah yang dapat kamu lakukan sebagai cara mengatasi sakit pinggang. Sudah banyak diketahui bahwa merokok berbahaya dan tidak baik untuk kesehatan.

Diketahui pada sebuah rokok terdapat kandungan nikotin, kandung tersebut dapat membatasi aliran darah ke cakram di tulang belakang. Hal ini dapat menyebabkannya mengering, retak, atau pecah. Selain itu, Merokok juga dapat berkontribusi meningkatkan osteoporosis yang dapat memicu sakit pinggang. ***

Baca juga: 9 Manfaat Pranayama, Teknik Olah Nafas Baik Untuk Fisik dan Mental

You may also like

Tinggalkan Komentar