Connect with us

Kesehatan

5 Bahaya Minum Air Mentah, Sebabkan Diare Hingga Kolera

Avatar

Diterbitkan

pada

bahaya minum air mentah

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Setiap manusia perlu mencukupi kebutuhan cairan harian. Umumnya beberapa negara sudah menerapkan atau menstrilkan air keran sehingga aman diminum. Tapi, jangan lakukan hal ini di Indonesia karena umumnya air keran masih mentah. Jika Anda meminumnya, mungkin saja Anda mengalami sejumlah bahaya minum air mentah bagi kesehatan.

Tubuh manusia terdiri dari 60 persen air. setiap harinya kita perlu mengonsumsi setidaknya 8 gelas air perhari agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Mungkin di lingkungan Anda terdapat beberapa sumber air minum, tapi banyak orang yang lebih memilih menggunakan air ledeng atau air mentah.

Meski aneh, beberapa orang ada yang masih meminum air mentah secara langsung tanpa memasaknya terlebih dahulu karena dinilai lebih hemat. Lantas, apa aja bahaya minum air mentah bagi kesehatan?

Baca juga: Simak, Ini 5 Bahaya Minum Kopi Setelah Minum Obat

Berikut beberapa bahaya minum air mentah yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

Kandungan dalam air mentah

Sebelum membahas tentang bahaya minum air mentah, pahami dulu kandungan yang ada didalamnya. Menurut The Environmental Protection Agency (EPA) di Amerika Serikat, air minum yang berasal dari tanah, sungai, danau, dan lainnya telah terkena kontaminasi oleh banyak produk buangan binatang (feses ataupun urin), mikroba, atau polusi.

Advertisement

Untuk memastikan air minum aman dikonsumsi, EPA menetapkan peraturan terhadap lebih dari 90 kontaminan untuk air minum, yakni

  • Kontaminan kimia: arsenik, timbal, tembaga, copper, radionuklida, dan bahan lainnya
  • Kontaminan mikroba: coliform, bakteri, parasit.

Meskipun terlihat jernih dan bersih, air mentah jika diminum bisa sangat berbahaya bagi kesehatan. Mengonsumsinya seteguk mungkin aman, tetapi jika minum setengah gelas atau lebih mungkin menimbulkan efek bagi kesehatan.

Bahaya minum air mentah bagi kesehatan

1. Diare

bahaya minum air mentah

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Bahaya minum air mentah yang pertama yaitu diare. Masalah kesehatan ini disebabkan oleh giardia lamblia, merupakan parasit yang ditemukan di tanah, makanan, atau air yang berkoloni di usus kecil manusia.

Menurut penelitian, G. lamblia dapat menyebabkan penyakit pemicu diare yang disebut giardiasis dan menjadi penyebab diare yang ditularkan melalui air.

Baca juga: 7 Bahaya Makan Menjelang Tidur bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

2. Menganggu pencernaan

Seseorang yang minum air mentah bisa mengalami gangguan pencernaan. Didalam air mentah terdapat bakteri, parasit, jamur, dan lain-lain. Ketika seseorang mengonsumsinya, orang tersebut bisa mengalami gangguan saluran cerna seperti nyeri perut, muntah, diare, demam, dan gangguan pencernaan lainnya.

Gejala yang muncul hampir sama dengan gejala keracunan makanan. Lansia dan anak-anak lebih rentan mengalami infeksi saluran cerna ini karena memiliki sistem imunitas tubuh yang rendah.

3. Kram perut

bahaya minum air mentah

Ilustrasi kram perut (Foto: Istimewa)

Bahaya minum air mentah berikutnya yaitu kram perut. Salah satu bakteri yang terdapat pada air mentah adalah cryptosporidium. Mikroorganisme ini berasal dari feses binatang, yang kemungkinan mengontaminasi tanah dan air. Jika Anda terpapar mikroorganisme ini, bisa menyebabkan kram perut, diare, dan mual.

4. Memiliki efek karsinogen

Kandungan dioksin yang ditemukan pada air mentah memang terbilang masih dalam batas aman jika dikonsumsi sesekali. Tapi dalam kadar tertentu, dioksin bisa saja berbahaya bagi tubuh karena memiliki efek karsinogen (meningkatkan risiko kanker).

Advertisement

Bahaya minum air mentah lainnya juga akan berdampak pada iritasi mata, hidung, tenggorokan, kulit kering, dan eksim.

5. Kolera

bahaya minum air mentah

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Vibrio cholerae bisa ditemukan pada air mentah. Bila tertelan, maka dikhawatirkan bisa menyababkan kolera, yakni infeksi serius yang mengganggu sistem pencernaan dan menyebabkan diare akut. Kolera ditandai dengan mual, kram perut, lesu, dehidrasi parah, syok septik, dan bahkan kematian.

Setelah mengetahui sejumlah bahaya minum air mentah diatas, pastikan bahwa air minum dirumah aman dari semua bakteri serta kuman penyakit. Jika ragu, Anda bisa memasak air tersebut hingga matang atau menggunakan filter air supaya terbebas dari mikroorganisme berbahaya.***

Baca juga: 6 Bahaya Sering Konsumsi Minuman Boba Bagi Kesehatan, Batasi!

Lanjutkan Membaca
Advertisement