Connect with us

Lifestyle

8 Ciri-Ciri Payudara Sehat, Ketahui Mulai Sekarang

Avatar

Diterbitkan

pada

ciri-ciri payudara sehat

foto ilustrasi: istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang ditakuti oleh kaum wanita, karena penyakit ini bisa menyerang siapa saja dari beragam kalangan usia. Untuk itu, kamu perlu mengetahui ciri-ciri payudara sehat.

Dengan kita mengetahui ciri payudara sehat, keanehan pada payudara dapat lebih dini diketahui. Semakin dini diketahui, maka tingkat penyembuhannya semakin tinggi. Tidak hanya anak remaja, bahkan orang dewasa juga masih banyak yang keliru untuk mengetahui ciri payudara sehat.

Berikut ciri-ciri payudara sehat yang sudah faktualid.com lansir dari orami.co.id.

1. Tidak Ada Benjolan Abnormal

Ciri-ciri payudara sehat yang pertama adalah tidak adanya benjolan abnormal. Sebagian besar benjolan pada payudara hanya bisa dideteksi alat bantu mammografi atau USG. Namun, beberapa perubahan kecil dapat kamu rasakan sendiri.

Dikutip dari National Cancer Institute, payudara tidak sehat biasanya memiliki benjolan yang terlihat di sekitar bawah ketiak atau payudara. Hal sebaliknya, ciri-ciri payudara sehat adalah tidak ditemukan benjolan di sekitar payudara atau dada bagian atas.

Advertisement

2. Terasa Hangat

Ciri-ciri payudara sehat yang kedua adalah terasa hangat. Kulit payudara yang terasa hangat adalah suhu yang normal. Sebagian wanita merasakan payudara terasa cukup panas terutama pada ibu menyusui. Hal ini bisa berupa tanda infeksi atau mestitis.

Infeksi jenis ini biasanya membutuhkan pengobatan seperti antibiotik. Bagaimana dengan perempuan yang tidak menyusui tetapi payudara mereka terasa panas. Hal ini bisa menjadi ciri-ciri kanker payudara langka yang disebut dengan inflammatory breast cancer (IBC).

3. Tidak Terasa Nyeri

Ciri-ciri payudara sehat yang ketiga adalah tidak terasa nyeri. John Hopkis Medicine menjelaskan bahwa rasa sakit pada payudara menjelang mentruasi atau saat kehamilan normal terjadi.

Ciri-ciri payudara sehat adalah tidak terasa sakit saat sehari-hari. Baik sedang menggunakan bra ataupun tidak. Jika payudara terasa nyeri dipegang ketika tidak menstruasi, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter ahli. Biasanya dokter akan merekomendasikan pemeriksaan USG untuk mencari penyebab nyeri tersebut.

Baca juga: 6 Cara Mengecilkan Bokong, Bisa Dilakukan di Rumah

4. Bawah Ketiak Terasa Mulus

Ciri-ciri payudara sehat yang keempat adalah bawah ketiak terasa mulus. ketiak bagian bawah memiliki berbagai jaringan dan merupakan bagian dari kelenjar getah bening untuk melawan infeksi tubuh.

Advertisement

Pada payudara sehat, kamu tidak akan menemukan benjolan ataupun jaringan di bawah ketiak. Jika pun ada, tidak semua benjolan itu akan mengarah ke kanker payudara. Perlu diagnosis dan pemeriksaan dokter untuk mengetahui hasilnya lebih lanjut.

5. Puting Tampak Normal

Ciri-ciri payudara sehat yang kelima adalah puting tampak normal. Sesekali kita perlu melihat ke bawah dan melihat sesuatu yang berbeda dengan puting pada payudara kita. Ciri payudara sehat dan normal adalah puting memiliki folikel rambut dan tidak ditemukannya benjolan.

Tumbuh rambut di sekitar puting merupakan hal yang normal terjadi dan tidak perlu dikhawatirkan. Studi dalam Semantic Scholar memaparkan, sebagian orang mengalami kondisi puting terbalik’ atau rata.

6. Tidak Adanya Perubahan Kulit

Ciri-ciri payudara sehat yang keenam adalah tidak adanya perubahan kulit. Mengutip dari laman Health Central, Kulit merah atau iritasi di bawah payudara bisa menandakan infeksi kulit seperti intertrigo.

Intertrigo atau peradangan ini sering kali terjadi pada wanita yang memiliki payudara berukuran besar, atau penggunaan bra ketika berkeringat. Kulit yang berkerut seperti kulit jeruk, merupakan tanda awal kanker payudara terjadi.

Advertisement

Baca juga: 4 Cara untuk Mengecilkan Payudara Secara Alami

7. Timbulnya Stretch Mark

Ciri-ciri payudara sehat yang ketujuh adalah timbulnya stretch mark. Stretch mark tidak hanya timbul pada bagian tubuh lain, payudara pun juga dapat timbul stretch mark. Hal ini biasanya terjadi ketika payudara sedang tumbuh karena faktor kenaikan berat badan dan juga kehamilan.

Menurut Jaime Lewis, MD seorang direktur medis untuk layanan bedah payudara di UC Health, hal ini dapat tejadi ketika payudara sedang dalam proses berkembang di masa pubertas.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami, Bisa Dilakukan di Rumah

8. Payudara Terasa Kental

Ciri-ciri payudara sehat yang terakhir adalah payudara terasa kental. Selain ciri-ciri fisik, coba perhatikan tekstur pada payudara. Payudara sehat dan normal umumnya terasa kental ketika dipegang.

Payudara yang tidak sehat ketika dipegang ditemukan benjolan. Jadi kamu perlu memeriksa payudara secara rutin di rumah untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: 7 Makanan Pembesar Payudara, Tidak Perlu Operasi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement