Connect with us

Fashion

7 Tips Make Up bagi Wanita Berkacamata, Tampil Lebih Maksimal!

Avatar

Diterbitkan

pada

tips make up bagi wanita berkacamata

Ilustrasi kosmetik (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Bagi wanita, make up merupakan hal yang sangat penting untuk menunjang penampilan. Namun, bagi kaum hawa berkacamata, make up kerap jadi hal merepotkan, terutama di area mata. Maka dari itu, penting untuk mengetahui tips make up bagi wanita berkacamata.

Beberapa orang dinilai akan terlihat lebih cantik saat mengenakan kacamata. Supaya kecantikan terpancar dengan maksimal, para wanita tentu akan memakai make up meski berkacamata. Bagi mereka, ada satu hal yang cukup mengganggu, yakni make up yang dapat membuat wajah terlihat aneh akibat adanya bayangan kacamata.

Tak perlu khawatir, dengan menerapkan tips make up bagi wanita berkacamata, Anda bisa tampil maksimal. Dengan begitu, Anda akan terlihat cantik dan percaya diri meski menggunakan kacamata.

Baca juga: Mau Jago Makeup, Nyontek dari YouTuber Korea Ini Saja!

Berikut beberapa tips make up bagi wanita berkacamata yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Sesuaikan warna eyeshadow

Tips make up bagi wanita berkacamata yang pertama yaitu sesuaikan warna eyeshadow. Umumnya, warna eyeshadow akan bergantung pada tebalnya bingkai kacamata. Bila tebal, akan lebih cocok dengan eyeshadow berwarna terang.

Advertisement

Penggunaan eyeshadow berwarna gelap justur akan memperjelas tampilan gelap di sekitar mata. Akibatnya, mata pun akan terlihat lelah dan bengkak. Nantinya, mata akan terlihat lebih cerah dan terbuka meski dihalangi kacamata.

2. Atur Eyeliner

Supaya terlihat proporsional, wanita berkacamata harus menjaga ketebalan eyeliner di balik ketebalan frame kacamata. Tips make up bagi wanita berkacamata adalah menggunakan eyeliner halus untuk bingkai tipis dan garis tebal untuk frame yang lebih tebal.

Sebagai saran bila mata rabun jauh dan terlihat lebih besar melalui kacamata, Anda bisa menggunakan eyeliner hitam atau coklat di garis air agar terlihat sedikit lebih kecil.  Sedangkan jika rabun jauh dan mata tampak lebih kecil melalui lensa, lebih baik gunakan eyeliner nude di garis air guna menunjang mata supaya terlihat lebih besar.

3. Gunakan penjepit bulu mata

tips make up bagi wanita berkacamata

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Tips make up bagi wanita berkacamata berikutnya yaitu gunakan penjepit bulu mata. Alat satu ini mampu melengkungkan bulu mata sehingga memungkinkan mata untuk mendapatkan lebih banyak cahaya. Ketika cahaya yang diterima lebih banyak, maka bisa membuat mata terlihat lebih besar dan lebih cerah.

4. Maskara

Wanita berkacamata juga masih dapat mengaplikasikan maskara. Tapi, fokuslah pada bagian bawah mata, serta prioritaskan saja volume dan melentikkan bulu mata. Ini dilakukan agar bulu mata tidak menyentuh lensa kacamata saat kita berkedip. Pilih maskara waterproof untuk menghindari transfer jejak pada lensa.

Baca juga: Siapa Bilang Tanpa Makeup Tidak Bisa Tampil Cantik?

5. Hindari terlalu banyak memakai produk di hidung

Selain maskara, menghindari terlalu banyak memakai produk di hidung juga menjadi tips make up wanita berkacamata. Keringat di daerah sekitar hidung menjadi masalah terbesar bagi orang yang memakai kacamata

Advertisement

Hal itu dapat menganggu riasan wajah, khusus bagi yang banyak menerapkan alas bedak bisa berujung crack atau seperti retakan yang membuatnya terlihat tak menyatu dengan lapisan make up lain.

Untuk menyiasatinya, pulaskan tipis-tipis saja di area hidung, terutama pangkal hidung. Cara mengetes makeup hidung berlebihan dengan menekan beauty blender di area tersebut. Jika berbekas tebal, sebaiknya dikurangi. Tak lupa juga memakai setting powder untuk mengunci riasan.

6. Perhatikan alis

tips make up bagi wanita berkacamata

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Sebagian wanita memiliki selera menggunakan frame kacamata yang berbeda. Apabila frame hampir menutup seluruh permukaan alis, Anda tidak perlu terlalu memikirkannya. Namun jika frame berwarna hitam dan nampak “berat”, ada triknya sendiri.

Aplikasikan gambar alis secara tipis agar terlihat natural dan tidak berlebihan, serta gunakan pinset untuk menyingkirkan sisa-sisa alis yang mengganggu.

7. Aplikasikan concealer cerah

Tips make up bagi wanita berkacamata yang terakhir adalah mengaplikasikan concealer cerah. Hal itu bisa membantu mencerahkan daerah di bawah mata dan mengimbangi bayangan kacamata. Jika Anda memiliki banyak lingkaran hitam, sebaiknya gunakan korektor warna sebelum concealer untuk tampilan yang lebih bersih.***

Baca juga: Ini Rekomendasi Terbaik Bedak Padat untuk Kulit Berminyak

Advertisement
Lanjutkan Membaca