Home LifestyleFashion 8 Cara Mengatasi Sepatu Kebesaran agar Nyaman dan Pas Saat Dipakai

8 Cara Mengatasi Sepatu Kebesaran agar Nyaman dan Pas Saat Dipakai

oleh Farhan Zuhdi
cara mengatasi sepatu kebesaran

Ilustrasi sepatu kebesaran (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Ketika mendapat hadiah sepatu dari kerabat atau teman, terkadang ukuran sepatunya kebesaran. Meski hanya sedikit, tentu ukurannya yang terlalu besar membuat kaki tidak nyaman saat berjalan. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui cara mengatasi sepatu kebesaran supaya nyaman digunakan.

Memakai sepatu yang kebesaran juga dapat menimbulkan masalah, seperti terjantuh karena tersandung. Longgarnya sepatu bisa membuat kuku lecet dan menghitam. Bahkan, bisa menyebabkan benjolan tulang di jempol kaki.

Kondisi ini membuat beberapa orang memutuskan untuk tidak menggunakannya. Daripada tidak digunakan, kamu bisa mempraktikkan cara mengatasi sepatu kebesaran agar bisa digunakan dan nyaman dipakai.

Baca juga: 8 Cara Membersihkan Sepatu Putih yang Benar agar Bersih Kembali

Berikut beberapa cara mengatasi sepatu kebesaran yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Gunakan kaus kaki tebal

cara mengatasi sepatu kebasaran

Ilustrasi kaus kaki tebal (Foto: Istimewa)

Cara mengatasi sepatu kebesaran yang pertama yaitu menggunakan kaus kaki tebal. Kaus kaki berfungsi agar kaki tidak lecet saat memakai sepatu. Pengguaan kaus kaki tebal dapat mengisi ruang sepatu yang kebesaran.

Jadi, pilihlah bahan kaos kaki yang menyerap keringat. Namun, hindari menggunakan kaus kaki dua lapis karena akan membuat kaki tidak nyaman dan membuatnya mudah mengeluakan keringat.

2. Melipat kaus kaki

Memilih kaus kaki panjang untuk dilipat bisa menjadi cara mengatasi sepatu kebesaran. Melipatnya bisa menambah ruang dalam sepatu sehingga kaki menjadi terasa nyaman. Untuk mengaplikasikannya, turunkan kaus kaki kemudian lipat menjadi dua dan masukkan ke dalam sepatu.

3. Menambahkan insole

Cara mengatasi sepatu kebesaran berikutnya yaitu menambahkan insole. Cara ini sering dilakukan saat kamu menggunakan sepatu tanpa memaki kaus kaki, seperti saat memakai sepatu heels. Menambahkan sol tambah pada heels bisa mengisi volume kosong di sepatu tersebut.

Gunakan sol yang bebentuk seperti alas kaki yang diletakkan antara sol dengan telapak kaki. Jika satu sol belum cukup, kamu bisa menambahakn sol lagi supaya pas saat digunakan.

4. Heels grips

cara mengatasi sepatu kebesaran

Ilustrasi Heels Grips (Foto: Leggycozy)

Selain insole, cara mengatasi sepatu kebasaran bisa diakali dengan memberi tambalan dibagian belakang kaki, yakni heels grip. Alat satu ini memiliki bahan yang terbuat dari busa sehingga lembut saat dipakai.

Seperti namanya, alat bantu ini cocok digunakan ketika menggunakan sepatu heels. Penggunaan alat ini bisa menyiasati ukuran sepatu sehingga lebih pas dan nyaman serta bisa menghindari lecet pada kaki.

Baca juga: 7 Cara Merawat Sepatu Suede, Terapkan Mulai Sekarang

5. Gunakan gel pengisi sepatu

cara mengatasi sepatu kebesaran

Ilustrasi gel pengisi sepatu (Foto: Hertrack)

Sama seperti insole dan heels grips, gel pengisi sepatu bisa digunakan untuk menyiasati ukuran sepatu dengan mengisi ruang kosong secara merata. Alat ini mempunyai beragam jenis, diantaranya ditempel dibagian depan, belakang, atau tumit. Pilihlah sesuai kebutuhan dan jenis sepatu.

6. Sumpal sepatu

Menyumpal sepatu merupakan cara mengatasi sepatu kebesaran yang paling mudah dan sering dilakukan. Sumpal sepatu dengan koran, tisu, busa untuk mengakali ukuran sepatu yang lebih besar.

Kamu hanya perlu meletakkan sumpalan secukupnya yang berfungsi sebagai pengganjal pada bagian ujung. Pastikan sumpalan tidak terlalu padat karena bisa membuat kenyamanannya berkurang saat digunakan. Cara mengatasi sepatu kebesaran ini bisa dilakukan saat keadaan darurat.

7. Bantalan kaki

cara mengatasi sepatu kebesaran

Ilustrasi bantalan kaki (Foto: Sheec)

Kamu juga bisa menggunakan bantalan kaki untuk menyiasati sepatu kebesaran. Alat ini berguna sebagai pengganjal sama seperti menyumpal sepatu dengan koran atau tisu. Bantalan kaki yang berukuran lebih kecil bisa mengurangi lebih sedikit ukuran sepatu jika dibandingkan dengan insole.

Cara menggunakannnya, cukup meletakkan bantalan kaki di bawah telapak setara dengan telapak kaki. Metode satu ini cocok digunakan untuk sepatu hak tinggi atau datar.

8. Menjahit sepatu

Apabila cara mengatasi sepatu kebesaran diatas kurang efektif, sepatu bisa diakali dengan cara menjahitnya. Kamu bisa menggunakan karet sebagai pengganjal untuk mengisi ruang kosong di dalam sepatu yang hendak digunakan.

Sebelum menjahitnya, pertama-tama kamu perlu mengukur kaki dan ruang kosong di bagian sepatu. Lalu, jahit karet bagian belakang sepatu agar ukurannya menjadi lebih kecil. Karet yang dipakai juga harus karet elastis. Jika dirasa merepotnya, kamu bisa membawanya ke tukang sol sepatu untuk menjahitnya.

Itulah berbagai cara mengatasi sepatu kebesaran. Namun, jangan memaksakan kehendak jika memang selisih ukuran sepatu dan kaki kamu cukup besar.***

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Bau Sepatu, Tak Perlu Mencucinya

You may also like

Tinggalkan Komentar