Home LifestyleFashion 8 Cara Membersihkan Sepatu Putih yang Benar agar Bersih Kembali

8 Cara Membersihkan Sepatu Putih yang Benar agar Bersih Kembali

oleh Farhan Zuhdi
cara membersihkan sepatu putih

Ilustrasi cara membersihkan sepatu putih (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Saat ini, sepatu bukan hanya sebagai alas kaki tetapi juga menjadi salah satu fashion item. Sepatu berwarna putih misalnya. Memang, sepatu berwarna putih bisa membuat tampilan lebih menarik. Namun, sepatu putih bisa lebih cepat terlihat kotor dan lebih sulut untuk membersihkannya.

Meski terlihat gampang mencucinya, tetapi cara membersihkan sepatu putih tidak sembarangan. Terlebih, sepatu putih bisa menguning yang mengganggu penampilan. Maka dari itu, kamu perlu membersihkannya dengan cara yang tepat agar sepatu putih tetap bersih dan tampak seperti baru.

Baca juga: 7 Cara Merawat Sepatu Suede, Terapkan Mulai Sekarang

Berikut beberapa cara membersihkan sepatu putih yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Penghapus

cara membersihkan sepatu putih

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Cara membersihkan sepatu putih yang pertama yaitu dengan memanfaatkan penghapus. Tak hanya digunakan untuk menghapus tulisan, penghapus juga bisa digunakan untuk membersihkan sepatu putih. Caranya, cukup dengan menggosok penghapus pada bagian sepatu yang kotor hingga bersih.

2. Pasta gigi

Jika sepatu kamu terlihat kotor, kamu bisa menggunakan pasta gigi untuk membersihkannya. Cara membersihkan sepatu putih menggunakan pasta gigi cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan pasta gigi pada bagian sepatu yang kotor atau menguning. Lalu, gosok secara perlahan menggunakan sikat gigi bekas. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih.

3. Soda kue

cara membersihkan sepatu putih

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Cara membersihkan sepatu putih berikutnya yaitu menggunakan soda kue. Baking soda atau soda kue yang biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat kue atau roti, ternyata bisa dimanfaatkan untuk membersih sepatu putih.

Cara menggunakannya, campurkan soda kue dan cuka secukupnya dengan air panas di dalam mangkuk, lalu aduk hingga menyerupai pasta. Gosok permukaan sepatu dengan campuran tersebut menggunakan sikat gigi bekas. Diamkan selam 3-4 jam agar terkena angin hingga mengeras. Jika sudah mengering, bersihkan secara perlahan mengguankan kuku atau ujung sikat gigi.

4. Sabun cuci piring

cara membersihkan sepatu putih

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Selain soda kue, cara membersihkan sepatu putih juga bisa menggunakan sabun cuci piring. Menggunakan sabun cuci piring untuk membersihkan sepatu putih diketahui bisa membersihkan kotoran sekaligus minyak.

Untuk mengaplikasikannya, tuang satu sendok sabun cuci piring cair ke dalam air, aduk hingga merarta. Oleskan campuran sabun pada area sepatu yang kotor menggunakan kain atau spons hingga bersih.

Baca juga: 7 Jenis Sepatu Pria yang Harus Anda Punya Agar Terlihat Makin Stylish

5. Aseton

Tak hanya bisa menghapus cat kuku, aseton ternyata mampu mengembalikan warna putih pada sepatu. Biasanya, aseton digunakan untuk mengatasi goresan pada sepatu kulit atau sepatu kets putih.

Caranya cukup mudah, siapkan bola kapas yang sudah direndam cairan aseton. Lalu, gosok bola kapas tersebut pada area yang terdapat bekas goresan. Saat menggunakannya, gunakan bedak untuk melindungi bagian sepatu yang tak tergores.

6. Pemutih pakaian

Salah satu cara alternatif untuk membersihkan sepatu putih kotor adalah dengan pemutih pakaian. Namun, perhatikan penggunaannya karena bahan ini bersifat korosif dan tidak baik jika terlalu sering digunakan. Jadi gunakan pemutih baju sesekali saja untuk membersihkan sepatu putih.

Sebelum mencuci sepatu menggunakan pemutih pakaian, jangan lupa menggunakan sarung tangan agar tangan bisa terlindungi. Caranya, tuang sedikit pemutih pakaian pada sikat gigi. Lalu, gosok secara perlahan selama beberapa menit. Kemudian, bilas dengan air bersih.

7. Rendam tali sepatu di air hangat

cara membersihkan sepatu putih

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Tak hanya sepatu, tali sepatu pun perlu dicuci agar terlihat bersih. Pasalnya, jika hanya mencuci sepatu akan membuat sepatu terlihat belang dan aneh. Untuk itu, kamu juga perlu memperhatikan tali sepatu dengan mencucinya.

Untuk mengaplikasikannya, cukup rendam tali sepatu ke dalam wadah berisi sabun dan air hangat. Diamkan selama 15 menit. Jika sudah, angkat tali sepatu dan kucek dengan sikat gigi halus agar noda bisa hilang dengan sempurna.

8. Lemon

Cara membersihkan sepatu putih yang terakhir adalah dengan lemon. Lemon bisa kamu manfaatkan untuk membantu membersihkan sepatu putih karena memiliki sifat asam sitrat di dalamnya. Selain itu, lemon juga bisa mengharumkan sepatu.

Caranya, siapkan air perasan lemon dan masukkan ke dalam air berisi air dingin, aduk hingga merata. Lalu, celupkan spons cuci piring ke dalam campurkan tersebut. Gosok sepatu dengan spons tersebut secara perlahan.

Jika kamu mencuci sepatu kulit berwarna putih, jangan dikeringkan di bawah sinar matahari langsung karena bisa memperburuk noda serta merusak sepatu.***

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Bau Sepatu, Tak Perlu Mencucinya

You may also like

Tinggalkan Komentar