Connect with us

Internasional

Drone Ukraina Serang Armada Laut Hitam Rusia, 5 Orang Terluka

Avatar

Diterbitkan

pada

Drone Ukraina Serang Armada Laut Hitam Rusia

Sebuah kapal angkatan laut Rusia berlabuh di Sevastopol, Krimea, di Laut Hitam (Foto: Kementerian Pertahanan Rusia/EPA)

FAKTUAL-INDONESIA: Sebuah pesawat tak berawak (drone) milik Ukraina menyerang armada laut Hitam Rusia di pelabuhan Sebastopol Krimea, Minggu (31/7/2022).

Rusia telah mengklaim serangan itu melukai 5 orang dan mendorong para pejabat untuk membatalkan perayaan yang direncanakan untuk Hari Angkatan Laut.

Serangan itu dilaporkan oleh Mikhail Razvozhayev, kepala pemerintahan lokal Rusia di Sevastopol di Krimea, yang diduduki dan kemudian dianeksasi pada 2014.

“Pagi ini, (Ukraina) memutuskan untuk merusak Hari Angkatan Laut kami. “Sebuah benda tak dikenal terbang ke halaman markas armada, menurut data awal, itu adalah drone. Lima orang terluka, ini adalah karyawan markas armada, tidak ada korban jiwa,” katanya, melansir TheGuardian, Senin (1/8/2022).

Baca juga: Masih Berlanjut, Serangan Rusia Menghantam Kota Kharkiv dan Mykolaiv Ukraina

“Semua acara perayaan telah dibatalkan karena masalah keamanan,” tulisnya. Ia meminta penduduk kota untuk tetap tenang dan tinggal di rumah jika memungkinkan.

Advertisement

Seorang juru bicara komando selatan Ukraina, Natalia Gumenyuk, tidak mengkonfirmasi keterlibatan Ukraina dalam serangan itu. Namun dia mengatakan Ukraina sedang melakukan operasi untuk membebaskan wilayah yang diduduki Rusia dengan menargetkan fasilitas militer Rusia di dalam Ukraina, bukan Rusia, dan menganggap Krimea bagian dari Ukraina.

“Angkatan bersenjata Ukraina sedang melakukan kegiatan untuk membebaskan wilayah pendudukan kami, menggunakan model senjata yang tersedia untuk tujuan ini. Target kami secara eksklusif adalah fasilitas militer Federasi Rusia. Kami tidak menyerang wilayah Federasi Rusia. Krimea adalah Ukraina,” katanya.

Perayaan besar akan berlangsung di Rusia, termasuk parade angkatan laut di Saint Petersburg, akan dihadiri oleh Presiden Vladimir Putin.

Baca juga: Ukraina Hancurkan Jembatan Utama Rusia di Kherson Sebagai Serangan Balasan

Pasukan Ukraina dalam beberapa pekan terakhir telah merebut kembali wilayah yang pernagh direbut pasukan Rusia sejak invasi 24 Februari mereka.

Pada hari Rabu lalu, serangan Ukraina menghancurkan sebagian jembatan utama di kota Kherson, yang diduduki oleh pasukan Rusia.***

Advertisement

Lanjutkan Membaca