Connect with us

Internasional

Cacar Monyet di Amerika Hampir Menyentuh 3.000 Kasus

Avatar

Diterbitkan

pada

Cacar Monyet di Amerika Hampir Menyentuh 3.000 Kasus

Cacar Monyet di Amerika Hampir Menyentuh 3.000 Kasus (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Penyakit cacar monyet di Amerika Serikat dilaporkan sudah mendekati angka 3.000 kasus. Data tersebut merupakan data terbaru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) AS.

CDC telah melaporkan 2.891 kasus cacar monyet di AS. Diketahui, angka tersebut naik 10 kali lipat dibandingkan bulan lalu.

Kasus cacar monyet terbanyak dengan 900 orang yang terjangkit penyakit tersebut, diikuti California dengan 356 kasus dan Florida dengan 247 kasus, berdasarkan data CDC.

Sejumlah pakar kesehatan mengatakan bahwa mengingat terhambatnya tes di AS, angka kasus cacar monyet yang dilaporkan kemungkinan lebih rendah dari jumlah sebenarnya.

Baca juga: Cacar Monyet Ditetapkan WHO Sebagai Darurat Kesehatan Global

CDC memiliki tes yang tersedia sebelum wabah ini dimulai – perbedaan yang signifikan dari COVID-19 – tetapi para ahli mengeluh bahwa badan tersebut menguji kasus dengan kecepatan yang terlalu lambat.\

Advertisement

Pemerintahan Biden mulai mengirimkan tes ke laboratorium komersial pada akhir Juni, dengan harapan kapasitas pengujian akan “ditingkatkan” hingga bulan Juli.

“Kami jauh tertinggal dalam banyak aspek, termasuk tes cepat dan akses pengobatan untuk pasien yang mungkin membutuhkan perawatan,” kata Dr. Preeti Malani, spesialis penyakit menular di University of Michigan, kepada NPR, yang dikutip Selasa (26/7/2022).

Pelacakan kontak yang lebih kuat juga dapat membantu memerangi virus. Pada akhirnya, ini tidak dapat memvaksinasi dan mengobati penyakit cacar monyet. Oleh karena itu, langkah pencegahan dianggap sangat penting.

Monkeypox memiliki masa inkubasi yang panjang, katanya. Peringatan dini dari upaya pelacakan kontak yang kuat dapat membantu orang yang terpapar cacar monyet dan mencari tes atau vaksin sebelum gejala muncul.

Baca juga: Kenali 7 Gejala Cacar Monyet Setelah Dinyatakan Sebagai Darurat Kesehatan Dunia

Virus ini paling sering menyebar melalui kontak fisik yang berkepanjangan. Namun bukan penyakit menular seksual, yang dapat menyebar melalui kontak fisik non-seksual, atau dengan memegang pakaian atau tempat tidur yang digunakan oleh orang yang terinfeksi. Penyakit ini juga dapat menyebar melalui droplet pernapasan.

Advertisement

Seperti di negara-negara Barat lainnya, wabah di AS sebagian besar mempengaruhi pria yang berhubungan seks dengan pria lain. Tetapi CDC juga telah melaporkan infeksi pada sejumlah kecil wanita cisgender. Dan pada hari Jumat, badan tersebut mengumumkan kasus pertama yang didokumentasikan wabah pada anak-anak – balita di California dan bayi yang keluarganya bepergian di Washington, D.C.

Pada Sabtu (23/7/2022), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan wabah cacar monyet sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.***

Lanjutkan Membaca