Home Hukum Penyelundupan Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal Digagalkan Bea Cukai Semarang

Penyelundupan Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal Digagalkan Bea Cukai Semarang

oleh Ki Pujo Pandunung

 


Barang bukti ratusan ribu batang rokok selundupan. (Foto: Dok. Bea Cukai)

FAKTUALid – Petugas Bea Cukai Semarang, berhasil mengamankan ratusan ribu batang rokok ilegal. Rokok ilegal yang akan diselundupkan itu, diangkut sebuah truk barang di Jalan Tol Semarang-Batang, tepatnya di kawasan Gunungsewu, Nolokerto, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal.

Truk barang tersebut, diketahui akan mengangkut rokok ilegal ke Lampung. Menurut Kepala Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Semarang, Sucipto, keberhasilan dalam penggagalan ini diawali adanya informasi intelijen. Yang menyebut, ada truk angkutan barang (colt diesel) yang ditengarai memuat rokok ilegal.

“Selanjutnya, tanggal 15 Juli 2021 antara pukul 06.15 WIB, Tim Seksi P2 KPPBC TMP A Semarang melakukan identifikasi terhadap ciri-ciri dimaksud, dan langsung melakukan pengejaran,” katanya, Sabtu (31/7/2021).

Begitu tertangkap, sopir truk diminta turutserta menggeledah isi muatan. Dan ditemukan karton berisi rokok jenis SKM yang dilekati pita cukai palsu, serta aneka jenis perabotan rumah tangga yang dipakai sebagai penyamaran rokok ilegal.

“Dalam penindakan itu, tim berhasil mengamankan barang bukti berupa 384.000 batang rokok illegal merk New Titan Bold. Barang tersebut diduga dilekati pita cukai palsu, dengan estimasi kerugian negara yang berhasil diamankan sebesar Rp257.402.880,” tutur Sucipto.

Atas termuan itu, selanjutnya tim membawa sarana pengangkut beserta pengemudi untuk untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan.

Sucipto menambahkan, dari hasil pengembangan kasus, pemilik rokok ilegal tadi adalah HP tinggal di Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Tim pun melakukan koordinasi bersifat terbatas dan rahasia dengan KPPBC TMP B Sidoarjo selaku KPPBC yang berwenang melakukan pengawasan daerah setempat.

Pada 28 Juli 2021, tim gabungan KPPBC TMP A Semarang bersama KPPBC TMP B Sidoarjo, berhasil melakukan penangkapan terhadap HP di kediamannya. Kemudian dilakukan penggeledahan. Dalam penggeledahan, ditemukan barang bukti lain yang masih berkaitan dengan temuan kasus.

“Seterusnya kita lakukan penyidikan setelah berkoordinasi dengan Kejaksaan Negeri Kendal,” terang Sucipto.***

Tinggalkan Komentar