Connect with us

Hiburan

7 Cara Sadis Sutradara Membuat Aktor Menangis, Kelewatan!

Avatar

Diterbitkan

pada

cara sutradara membuat aktor nangis

film Stand by Me, 1986 (Foto: IMDB)

FAKTUAL-INDONESIA: Ketika menonton sebuah film, tentu Anda berfikir bagiamana cara membuat sang aktor menangis. Meski profesional, terkadang aktor juga kesulitan dalam melakoni perannya saat menangis. Supaya aktor bisa menangis, ternyata ada cara sadis sutradara membuat aktor nangis yang tak biasa.

Ketika aktor ditawarkan sebuah peran, dirinya harus totalitas untuk memerankan tokoh dalam sebuah film. Mungkin di beberapa sinetron Indonesia, Anda kerap menemukan adegan nangis yang terlihat dipaksakan.

Namun, pada film Hollywood, peran menangis harus benar-benar dilakukan seakan menangis karena hal yang memilukan. Ekspresi ini mungkin akan lebih sulit dilakukan apabila sang aktor sedang dalam keadaan bahagia.

Baca juga: Inilah 15 Film yang Dijagokan Memenangkan Piala Oscar di Tengah Covid (1)

Agar naskhah tetap berjalan dengan sempurna, tentu aktor tersebut perlu menangis meski sulit. Hal ini membuat sutradara turun tangan dalam membuat aktor menangis. Entah sulit atau alasan tertentu, sutradara sampai menerapkan cara yang nyeleh dan aneh. Salah satu cara sadis sutradara membuat aktor nangis adalah melecehkan aktor tersebut. Sungguh gila bukan?

Berikut beberapa cara sadis sutradara membuat aktor nangis yang telah faktualid.com rangkum dari jalantikus dan kincir.

Advertisement

1. Membentak aktor hingga nangis

cara sutradara membuat aktor nangis

The Man Without a Face, 1993 (Foto: Istimewa)

Cara sadis sutradara membuat aktor nangis yang pertama yaitu membentak aktor hingga nangis dilakukan oleh Mel Gibson kepada Gaby Hoffmann. Sebelum sukses menyutradarai film the Passion of Christ (2004), dirinya pernah membuat aktor nangis dengan cara membentaknya.

Mel Gibson melakukan tindakan tersebut pada Gaby Hoffmann ketika menggarap film The Man Without a Face (1993). Mel Gibson diketahui membentak Gaby berkali-kali agar bisa menangis di suatu adegan. Meski berhasil, namun dampaknya sang aktris menjadi trauma ketika melihat sutradara tersebut.

2. Mengumpat aktor

cara sutradara membuat aktor nangis

The Shining, 1980 (Foto: Istimewa)

Melakoni peran suatu tokoh memang tidak mudah semudah membalikan telapak tangan. Ketika syuting film horor berjudul The Shining (1980), Shelley Duvall sebagai salah satu pemeran diperkukan layaknya bukan manusia oleh sutradara bernama Stanley Kubric.

Stanley Kubrick merupakan seorang sutradara yang dikenal tegas dan keras. Saat Shelley sulit mengeluarkan air mata, sang sutrarada melakukan hal “gila” dengan mengumpatnya dan melakukan kekerasan fisik.

Itu semua dilakukan demi sang aktor bisa menangis secara alami. Akibat cara sadis sutradara membuat aktor nangis ini, Shelley harus berakting menangis dan menderita selama hampir 12 jam sehari.

3. Membiarkan aktor lain menampar rekannya

cara sutradara membuat aktor nangis

Kramer vs. Kramer, 1979 (Foto: Istimewa)

Cara sadis sutradara membuat aktor nangis berikutnya yaitu membiarkan aktor lain menampar rekannya ketika membuat film Kramer vs. Kramer (1979). Dua aktor, yakni Dustin Hoffman dan Meryl Streep, pada fiim tersebut menjadi lawan mainnya.

Saat itu, Meryl mendapat naskah untuk berperan menangis. Mengingat ini merupakan film pertama, sangat wajar jika sulit untuk mengeluarkan air mata. Tak disangka, lawan mainnya Meryl, Dustin Hoffman, menampar dirinya dan mencemooh demi mampu akting menangis.

Meski pahit, derita tersebut terbayarkan ketika film Kramer vs. Kramer mendapatkan penghargaan “Best Supporting Actress” Oscar 1980.

Advertisement

4. Mengancam membunuh anjing peliharaan

cara sutradara membuat aktor nangis

Skippy, 1931 (Foto: Istimewa)

Pada film Skippy (1931) yang disutradai Norman Taurog, pemeran utama diperankan oleh Jackie Cooper. Yang mana Jackie Cooper sendiri merupakan keponakan dari Norman Taurog yang ditunjuk langsung oleh dirinya.

Baca juga: 7 Film dengan Plot Twist Terbaik, Kamu Wajib Nonton

Tak pandang bulu, Norman Taurog tetap profesional meski mengarahkan keponakannya sendiri. Pada sebuah adegan dimana anjing kesayangan Cooper mati, bocah yang saat itu berusia 9 tahun ini harus melakoni adegan menangis.

Karena sulit, sang paman mengancam akan membunuh anjing milik keponakannya tersebut. Alhasil, cara kejam tersebut bisa membuat Jackie Cooper menangis. Setelah kejadian itu, diketahui dirinya jarang berbicara kepada pamannya.

5. Melecehkan aktor

cara sutradara membuat aktor nangis

The Birds, 1963 (Foto: Istimewa)

Dalam kancah perfilman Hollywood, nama Alfred Hitchcock terkenal sebagai sutradara yang cukup legendaris. Kendati demikian, sutradara satu ini terkenal kerap menghalalkan segala cara, hingga menerapkan cara sadis sutradara membuat aktor nangis.

Pada film The Birds (1963), Alfred Hitchcock melakukan hal tidak manusiawi kepada Tippi Hedren dengan membentak, melempar barang, hingga melecehkannya. Sudah diketahui, Tippi Hedren mengalami trauma berat setelah insiden tersebut.

6. Mengatakan aktor tidak becus

cara sutradara membuat aktor nangis

film Stand by Me, 1986 (Foto: IMDB)

Setelah menonton film Stand by Me (1986) yang disutradarai Rob Reiner, banyak orang meneteskan air mata. Pada suatu adegan dikejar kereta, kedua aktor cilik, Wil Wheaton dan Jerry O Connell, keduanya tidak bisa mendapatkan emosi dalam menghayati peran tersebut.

Saking sulitnya, Wil Wheaton dan Jerry O Connell terpaksa mendapatkan bentakan dari sutradaranya yang mengatakan kedua tidak mampu maksimal dalam melakukan pekerjaannya. Setelah melakukan cara sadis sutradara membuat aktor nangis, keduanya pun menangis dan Reiner menyuruh mereka untuk melakukan adegan kereta tersebut.

7. Menjebloskan aktor ke hutan gelap

cara sutradara membuat aktor nangis

The Blair Witch Project,1999 (Foto: Istimewa)

Cara sadis sutradara membuat aktor nangis yang terakhir adalah menjebloskan aktor ke hutan gelap. Film The Blair Witch Project (1999). Di era tersebut, film horor yang disutradarai oleh Daniel Myrick dan Eduardo Sanchez ini sangat fenomenal karena dianggap penonton sangat nyata.

Dibalik kesukesan film horor satu ini ini, ada hal-hal yang tidak mudah dilakukan. Agar terlihat benar-benar nyata, sutradara melakukan hal yang cukup gila. Ketiga aktornya, yakni Heather Donahue, Michael C. Williams, dan Joshua Leonard, pernah menaruh mereka di dalam hutan tanpa ditemani kru.

Advertisement

Disana, mereka harus merekam diri mereka sendiri dengan arahan yang sangat minim. Ketiga aktor tersebut hanya dibekali sedikit makanan, baterai cadangan, dan sejumlah catatan. Itulah yang membuat film ini terkesan seperti nyata.

Itulah beberapa cara sadis sutradara membuat aktor nangis. Menurut Anda mana yang cara yang paling sadis? Jika penasaran, Anda bisa menonton film tersebut yang mungkin disejumlah platform penyedia film.***

Baca juga: 6 Film Horor Komedi Terbaik, Cocok Menjadi Tontonan Akhir Pekan

Lanjutkan Membaca
Advertisement