Connect with us

Ekonomi

Kisaran Biaya Hidup dan Biaya Kuliah di Malaysia Dalam Rupiah Terbaru

Avatar

Diterbitkan

pada

biaya kuliah di malaysia

Ilustrasi Univerisiti Utara Malaysia (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Setelah seorang siswa lulus dari Sekolah Menangah Atas (SMA), mereka akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Tak sedikit siswa atau orang tua menginginkan anaknya berkuliah di luar negeri, seperti Malaysia. Namun, banyak yang bertanya-tanya berapa biaya kuliah di Malaysia, apakah terjangkau?

Malaysia kerap dijadikan pilihan banyak untuk melanjutkan pendidikan Strata satu karena berdekatan dengan Indonesia. Tak hanya bahasanya yang hampir sama, alasan orang kuliah di Malaysia juga kualitas pendidikan disana tidak kalah bersaing di dunia internasional tapi relatif terjangkau dalam segi biaya.

Perlu Anda ketahui, Malaysia memiliki 4 jenis universitas, antara lain universitas negeri, universitas swasta, universitas cabang kampus internasional, dan universitas penyedia Twinning Program (dua tahun pertama berkuliah di Malaysia, sedangkan dua tahun berikutnya ditransfer ke universitas lain di negara yang berbeda).

Baca juga: 7 Wisata di Kuala Lumpur Malaysia Yang Wajib Anda Kunjungi

Dari banyaknya kampus di Malayasia, tentu ada kampus yang biaya kuliahnya terjangkau. Untuk mendapatkan biaya kuliah di Malaysia yang terjangkau, terdapat sejumlah pilihan univeritas yang bisa menjadi pertimbangan. Tentunya biaya kuliah berbeda di setiap universitas dan jurusan yang diambil.

Berikut biaya kuliah di Malaysia beserta biaya hidup dalam Rupiah yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

Advertisement

1. Universiti Malaya (UM)

Di setiap negara tentu memiliki kampus terbaik. Untuk negara Malaysia, perguruan tinggi terbaik adalah Universiti Malaya (UM). Kampus terbaik di negeri Jiran ini mempunyai 12 fakultas dan sistem perkuliahan disana termasuk pembelajaran kelas dunia yang komprehensif.

Dibandingkan kampus lain, tentu biaya kuliah di Malaysia pada kampus ini tergolong mahal. Untuk lebih jelasnya, sebagai berikut:

  • Bachelor of Arts USD 11.800 (sekitar Rp 168 juta).
  • Bachelor of Electrical Engineering USD 21.500 (sekitar Rp 306 juta).
  • Bachelor of Medicine and Bachelor of Surgery (MBBS) USD 160.300 (sekitar Rp 2,2 miliar).
  • Bachelor of Accounting USD 19.200 (sekitar Rp 273 juta).
  • Bachelor of Computer Science USD 15.800 (sekitar Rp 225 juta).

2. Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM)

Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM) termasuk salah satu universitas negeri di Malaysia yang terkenal. Kampus negeri ini juga mempunyai fasilitas yang memadai dan mutakhir, bahkan hampir di semua departemen utama. Biaya kuliah di Malaysia pada kampus UTem ini, berkisar RM 4.000 atau Rp 13,7 juta per tahunnya.

Tak herna jika universitas teknik ini juga menjadi salah satu universitas termurah di Malaysia. Jika Anda hendak berkuliah di Malaysia dan memilih jurusan teknik, Universiti Teknikal Malaysia Melaka bisa menjadi pertimbangan. Universitas ini mempunyai 10 fakultas, termasuk Fakultas Teknik Elektro dan Institut Manajemen Teknologi dan Kewirausahaan.

3. Univerisiti Utara Malaysia (UUM)

Seperti namanya, universitas satu ini tentunya berada wilayah Utara Malaysia, tepat di Buit Kayu Hitam yang dekat dengan perbatasan antara Malaysia-Thailand. Terdapat beberapa fakultas unggulan di perguruan tinggi ini, diantaranya Fakultas Seni dan Sains, serta Bisnis dan Hukum.

Hebatnya, UUM masuk ke dalam daftar perguruan tinggi terbaik Malaysia versi THE World University Rankings 2022 yang menduduki peringkat ke-7. Lalu berapa biaya berkuliah di UUM? Biaya kuliah di Malaysia ini pertahunnya sekitar 8.880 RM atau Rp 30,4 juta.

Advertisement

4. Universiti Sains Islam Malaysia (USIM)

Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) merupakan universitas Islam yang didanai dan dimiliki oleh pemerintah setempat. Universitas satu ini sudah beroperasi sejak 1998. Universiti Sains Islam Malaysia memiliki 9 fakultas, diantaramya Fakultas Kepemimpinan dan Manajemen hingga Fakultas Kedokteran Gigi.

Baca juga: 22 Mahasiswa UNS Penerima IISMA Akan Dikirim ke 11 Negara

Sebelum dikenal dengan USIM, universitas ini dulunya lebih dikenal dengan nama Kolej Universiti Islam Malaysia. Biaya kuliah di Malaysia, khusunya di USIM sekitar RM 5.866 atau Rp 20,1 juta per tahun. Jika berkuliah selama 4 tahun, berarti Anda perlu mengeluarkan sekitar Rp 80,4 juta.

5. Univerisiti Sains Malaysia (USM)

Universiti Sains Malaysia (USM) merupakan salah satu kampus tertua di Malaysia yang sudah berdiri sejak 1969. Universiti Sains Malaysia menyediakan program Sarjana dan Pasca Sarjana dengan berbagai macam pilihan jurusan.

USM diketahui tak hanya terkenal di dalam negeri saja, namun juga dunia Internasional. Biaya kuliah di Malaysia jika berkuliah di USM cukup, berikut rinciannya:

  • Bachelor of Arts USD 9.600 (sekitar Rp 136 juta).
  • Bachelor of Electrical Engineering USD 18.000 (sekitar Rp 256 juta).
  • Bachelor of Medicine and Bachelor of Surgery (MBBS) USD 137.500 (sekitar Rp 1,9 miliar).
  • Bachelor of Accounting USD 15.000 (sekitar Rp 213 juta).
  • Bachelor of Computer Science USD 14.000 (sekitar Rp 199 juta).

6. Universiti Malaysia Pahang (UMP)

Pilihan universitas di Malaysia dengan biaya terjangkau adalah Universiti Malaysia Pahang (UMP). Universitas teknik negeri ini ternyata sudah diberikan status otonom oleh pemerintah setempat pada tahun 2015.

UMP berpusat di daerah Pekan dan memiliki tiga Fakultas, yaitu Fakultas Teknik Elektro dan Elektronika, Fakultas Teknik Mesin dan Manufaktur, serta Pusat Bahasa Modern dan Ilmu Pengetahuan Manusia. Sedangan fakultas lainnya berada di kampus Gambang.

Advertisement

Untuk perkiraan biaya kuliah di Malaysia yang kuliah di UMP rata-rata dalam angkaRM 3.665 atau sekitar Rp 12,5 juta.

Jumlah biaya kuliah di Malaysia berbeda-beda tergantung fakultas yang dipilih. Selain itu, harga diatas bisa saja berubah sewaktu-waktu dan tanpa pemberitahuan. Untuk memastikannya, sebaiknya menghubungi perwakilan universitas di Malaysia untuk mengetahui biaya pastinya.

Biaya hidup di Malaysia

biaya kuliah di malaysia

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Setelah mengetahui jumlah biaya kuliah di Malaysia, tentu Anda juga perlu mengetahui berapa biaya hidupnya. Dilansir dari kuliahmalaysia.com, biaya akomodasi atau sewa tempat tinggal di Malaysia sekitar RM 300 – 600 atau sekitar Rp. 900 ribuan – 1,8 juta per bulannya, yang tentu berbeda di setiap kota dan daerahnya.

Baca juga: 8 Tips Hidup Hemat ala Anak Kost yang Bisa Anda Terapkan

Supaya lebih hemat, para mahasiswa disana bisa menyewa tempat tinggal dengan cara berbagi dengan temannya. Berlaih ke biaya transportasi, biaya yang dikeluarkan berada di kisaran rata-rata RM 30 – 50 atau Rp 93 ribu – 150 ribuan setiap bulannya.

Untuk menghemat biaya transportasi, sebaiknya pilihan tempat tinggal yang jaraknya tidak jauh dari kampus. Dengan begitu, Anda bisa menghemat bayar transportasi karena bisa berjalan kaki. Beralih ke biaya makan, umumnya berada dikisaran Rp. 1 juta – 2 jutaan per bulan, tergantung dari gaya hidup.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement