Connect with us

Ekonomi

Jokowi Bilang Banyak Investor yang Antre Tunggu Lahan IKN Siap

Avatar

Diterbitkan

pada

Presiden Jokowi saat lakukan kunjungan ke IKN. (Dok. Istana)

FAKTUAL-INDONESIA : Presiden Jokowi pada akhir pekan ini melakukan kunjungan kerja ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Salah satunya meninjau kesiapan pembangunan kantor presiden di IKN yang progresnya sudah mencapai 74%. Dalam kesempatan itu, ia mengaku banyak investor yang antre.

Menurut Jokowi, para investor tengah menanti kesiapan lahan dan perizinan sebelum merealisasikan investasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

“Yang antre ini banyak, hanya mengatur di mana lahan yang sudah clear and clean, kemudian kawasannya di mana agar ekosistem ini segera terbentuk sehingga kota menjadi hidup,” kata Jokowi di IKN, dikutip dari laman Sekretariat Negara,¬†Sabtu (2/3/2024).

“Saya melihat optimisme setelah pemilu kemarin menjadi tidak nunggu-nunggu dan sekarang semuanya akan kita atur groundbreaking-nya tetapi memang sesuai dengan ekosistem yang ditetapkan,” lanjut Jokowi.

Yang lebih padat, kata Jokowi sebetulnya di IKN barat, hanya ini titik-titiknya belum ditunjukkan di sini. “Tapi ini yang paling padat nantinya. Dalam dua-tiga bulan ini yang paling padat,” sambung dia.

Advertisement

Jokowi sendiri dilaporkan akan mulai berkantor di IKN mulai Juli 2024. IKN sendiri ditargetkan mulai berfungsi pada 17 Agustus 2024 bertepatan dengan hari kemerdekaan RI ke-79.

“Kalau yang mengantre ini ya diberi ini terus, yang lain tidak, nanti ekosistemnya tidak terbentuk. Dan saya melihat optimisme setelah pemilu kemarin menjadi tidak nunggu-nunggu dan sekarang semuanya akan kita atur groundbreaking-nya tetapi memang sesuai dengan ekosistem yang ditetapkan,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara juga menunjukkan peta Kawasan IKN berikut dengan posisi tiap klasternya. Peta tersebut menunjukkan padatnya titik-titik rencana pembangunan di IKN, terutama di IKN bagian barat.

Yang lebih padat sebetulnya di IKN barat, hanya ini titik-titiknya belum ditunjukkan di sini, tapi ini yang paling padat nantinya. Dalam dua-tiga bulan ini yang paling padat,” imbuhnya.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement