Connect with us

Politik

Pembangunan IKN Dimulai dari Titik Nol

Avatar

Diterbitkan

pada

Bambang Susantono dan Dhony Rahadjoe saat pelantikan. (Biro Pers Setpres).

Bambang Susantono dan Dhony Rahadjoe saat pelantikan. (Biro Pers Setpres).

FAKTUAL-INDONESIA: Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara agaknya akan dikebut. Pasalnya, baru beberapa hari Kepala dan Wakil Otorita IKN Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe dilantik, mereka sudah diboyong Presiden Jokowi ke Penajam Paser Utara.

Mereka diajak Presiden ke titik nol IKN yang berada di kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, untuk mengadakan ritual sebelum pembangunan dimulai.

Konon acara yang dikemas dalam bentuk perkemahan ini juga melibatkan gubernur seluruh Indonesia. Setiap gubernur diwajibkan membawa tanah dan air dari daerahnya masing-masing untuk disatukan di Penajam.

“Insya Allah ikut ke IKN,” kata Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu (13/3/2022).

Sebagai simbolisasi keseriusan pemerintah memindahkan IKN ke Kalimantan Timur, Presiden Joko Widodo dijadwalkan untuk berkemah di titik nol kawasan IKN pada Senin, 14 Maret 2022.

Advertisement

Presiden Jokowi dijadwalkan tiba di Balikpapan, Kalimantan Timur pada Minggu (13/3/2022) dan menginap di Balikpapan terlebih dulu.

“Ini pertama kali saya ke IKN,” tambah Dhony.

Sejumlah fasilitas di lokasi kemah Presiden Jokowi sudah dipersiapkan antara lain fasilitas mandi, cuci, kakus, jaringan telekomunikasi, listrik, dan air. Pada saat hari berkemah, Presiden dan rombongan akan tidur di dalam tenda.

Sebelumnya Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor menjelaskan Presiden Joko Widodo juga mengundang seluruh gubernur di Indonesia. Setiap gubernur diwajibkan memakai pakaian adat masing-masing provinsi, namun hanya lima gubernur yang akan menginap bersama Presiden Jokowi yaitu lima gubernur se-Kalimantan.
Presiden Jokowi juga akan melakukan ritual Kendi Nusantara bersama 33 gubernur se-Indonesia. Para gubernur diinstruksikan membawa air dan tanah dari setiap provinsi asal, lalu akan disatukan dalam Kendi Nusantara yang disimpan di titik nol Nusantara.
Presiden Jokowi secara resmi melantik Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN Nusantara dan Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN di Istana Negara Jakarta pada Kamis, 10 Maret 2022.

Kepala Negara mengatakan pasangan Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe adalah kombinasi yang sangat baik karena Bambang Susantono memiliki rekam jejak sebagai lulusan ITB di bidang sipil infrastruktur, kemudian juga di bidang urban planning. Bambang juga meraih gelar S-2 dan S-3 serta berpengalaman di bidang transportasi dan keuangan, dan terakhir memiliki jabatan Vice President di Asian Development Bank.

Advertisement

Sementara itu, Dhony Rahajoe memiliki pengalaman panjang di bidang properti. Dhony sebelumnya menjabat sebagai Managing Director President Office Sinarmas Land. ***

 

Lanjutkan Membaca