Connect with us

Politik

Kapendam XVII Cenderawasih: Tidak Benar bila TNI-Polri Melakukan Pengeboman di Nduga

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Kapendam XVII Cenderawasih bantah TNI-Polri lakukan pemboman di Nduga, Papua dan pilot Susi Air Phillip Mark Marten ditengah anggota KKB yang menawannya sejak tanggal 7 Pebruari

Kapendam XVII Cenderawasih bantah TNI-Polri lakukan pemboman di Nduga, Papua dan pilot Susi Air Phillip Mark Marten ditengah anggota KKB yang menawannya sejak tanggal 7 Pebruari

FAKTUAL-INDONESIA: “Tidak benar bila TNI-Polri melakukan pengeboman di Nduga karena itu hoaks atau bohong.”

Pernyataan tegas itu dikemukakan Kapendam Cenderawasih Kol Kav Herman Taryaman membantah TNI-Polri telah melakukan pengeboman di wilayah Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Isu dengan memfitnah TNI-Polri telah melakukan pengeboman di Nduga itu disebarkan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di media sosial (medsos) dan media online.

Dari pantauan media, antaranews.com melaporkan, Kapendam XVII Cenderawasih dalam keterangannya menegaskan, tidak mungkin TNI-Polri melakukan pengeboman karena keselamatan pilot Susi Air Philips Marks Mehrtens dan masyarakat adalah yang utama.

TNI-Polri bekerja secara profesional dan terukur, kata Herman seraya mengaku KKB saat ini sedang memainkan narasi bahwa korban ada di pihak mereka (playing victim) padahal kenyatannya KKB yang melakukan pembunuhan terhadap masyarakat, tukang ojek, tenaga kesehatan, pekerja bangunan bahkan menyerang aparat keamanan yang sedang melakukan pencarian dan penyelamatan pilot Susi Air Capt Philip Marks Mehtrens.

Advertisement

KKB diharapkan dapat segera melepas Philips Marks Mehrten sehingga tidak ada operasi di wilayah Nduga dan masyarakat dapat melakukan kegiatannya kembali seperti sedia kala.

“Mohon doa dan dukungannya proses pencarian dan penyelamatan Pilot Susi Air dapat berjalan dengan aman,” harap dia.

Pilot Asal Selandia Baru Phillip Mark Marten ditawan KKB pimpinan Egianus Kogoya sejak tanggal 7 Pebruari 2023 sesaat setelah mendaratkan pesawatnya di lapangan terbang Paro.

Kondisi Pilot Marten Sehat

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2023, Kombes Donny Charles Go mengakui adanya pernyataan dari pilot Susi Air Asal Selandia Baru Phillip Mark Marten yang ditawan KKB bila dirinya dalam keadaan sehat.

Advertisement

Memang benar dalam video yang beredar terungkap adanya pernyataan dari pilot Susi Air bila dirinya dalam keadaan sehat dan kini masih bersama Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang menyanderanya sejak tanggal 7 Pebruari lalu.

“Dari hasil analisa tim gabungan TNI-Polri terungkap adanya informasi penting yang ditunjukkan yakni kondisi pilot dalam keadaan hidup dan sehat, ” jelas

Kombes Donny Charles Go, Rabu.

Dia mengatakan TNI-Polri masih mendalami video yang menampilkan pilot Susi Air yang disandera sesaat setelah mendaratkan pesawatnya di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga.

Video yang beredar di media sosial itu memperlihatkan orang yang diduga pilot Susi Air diapit dua anggota KKB dari kelompok Egianus Kogoya.

Advertisement

Dalam video terungkap informasi yang beredar terkait adanya permintaan untuk menyerang kelompok KKB dengan menggunakan bom, namun dipastikan informasi tersebut adalah propaganda yang sengaja dibuat untuk menyudutkan TNI dan Polri.

TNI dan Polri yang berada di lapangan hanya berupaya untuk mempersempit ruang gerak KKB yang menyandera pilot Susi Air.

Kalaupun ada serangan dari TNI-Polri, itu merupakan tembakan balasan atas serangan KKB yang mengancam jiwa masyarakat sipil dan anggota TNI-Polri.

” TNI-Polri tidak menggunakan bom saat bertugas di lapangan dan tetap berupaya mengedepankan pendekatan persuasif agar pilot Susi Air dapat dibebaskan dengan selamat dan sehat,” kata Kombes Donny Charles Go. ***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement