Connect with us

Olahraga

Peserta Liga Bridge Online Terbuka I Membludak, Begini Daya Tarik dan Sisi Lemahnya

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Sang sponsor, Didi Andries baju terang (tanda jempol) ketika sedang bertanding

Sang sponsor, Didi Andries baju terang (tanda jempol) ketika sedang bertanding

Oleh : Bert Toar Polii
FAKTUAL INDONESIA: Akhir tahun 2023, tukang bridge dihubungi oleh maniak bridge sejati Didi Andries yang mendirikan Komunitas Bridge Mampang atau yang lebih dikenal sebagai Mampang Bridge Community.

Ia setelah mengikuti Liga Bridge Senior Online Jilid III rupanya tertarik dengan pertandingan bridge online yang tukang bridge bersama Jhon Tumewu Pemimpin Pertandingan bertaraf internasional laksanakan.

Dengan dialog Manado yang khas, ia mengatakan taong depan beking jo mar open ya, nanti kita yang sponsor. Percakapan itu terjadi awal Desember dan kemudian berlanjut saat saling mengucapkan Selamat Tahun Baru pada tanggal 1 Januari 2024.

Tukang bridge yang memang sudah menyiapkan konsepnya langsung menyebarkan undangan untuk mencari 32 tim yang berminat.

Namun apa yang terjadi, belum lama diedarkan hanya beberapa jam pendaftar sudah melebihi 32 tim. Akhirnya setelah diskusi bertiga antara Didi, tukang bridge dan John akhirnya disepakati untuk ditambah menjadi 48 tim.

Advertisement

Hari itu juga terpenuhi dan sehari sesudahnya malah ada 4 tim yang mendaftar sebagai cadangan jika ada tim yang kemudian mengundurkan diri.

Calon peserta bukan saja berdatangan dari berbagai Propinsi di Indonesia tapi ada juga dari Thailand, Philippina dan Singapura.

Apa sebenarnya yang menjadi daya Tarik event bridge online yang tukang bridge buat?

Pertama tidak ada jadwal pertandingan yang kaku, pertandingan dilaksanakan oleh kedua tim yang bertanding sesuai kesepakatan.

Kedua jelas menyangkut biaya karena tidak ada ongkos untuk dating ketempat pertandingan karena bias main dari mana saja dan bahkan sambil tiduran atau malah sambil kerja.

Advertisement

Ketiga bias bermain dengan siapa saja walaupun berbeda tempat tinggal.

Keempat dan ini sepertinya yang paling penting, semua pertandingan yang dimainkan terdata dengan jelas baik bidding, play dan defensenya sehingga bias dipelajari untuk meingkatkan diri.

Namun selain kelebihan ada juga sisi lemahnya seperti yang saya kutip dari sambutan Presiden Ganesha Tonny P Sastramihardja pada Turnamen bridge online Ganesha Pairs dalam rangka memeriahkan HUT GABSI ke 70 : Walaupun demikian, masih cukup banyak juga pemain yang masih “kurang berkenan atau enggan” untuk bermain secara on-line karena “ulah segelintir pemain” yang masih bertindak kurang sportif pada saat bermain. Tentu siapapun tidak akan mampu “mencegah” jika ada segelintir pemain yang memang berniat untuk bertindak “curang”, dan kami sangat yakin kalaupun ada itu akan “sangat sedikit” saja jumlahnya.

Sehubungan dengan hal ini kami penyelenggara menghimbau dan mengingatkan seluruh peserta untuk mengutamakan sportivitas dalam bermain sebab bridge adalah “gentleman game”.

Liga Bridge Online Terbuka baru akan dimulai tanggal 30 Januari 2024. Rencananya babak penyisihan akan berlangsung 45 hari.

Advertisement

Karena peserta dibagi 3 pool @16 tim maka berarti setiap session harus diselesaikan dalam waktu 3 hari. Cukup longgar untuk bertanding 16 papan.

Selanjutnya peringkat 1-3 dari masing-masing pool akan melaju ke babak knock-out.

Disediakan total hadiah Rp. 60 juta untuk 9 regu yang lolos ke babak knock-out.

Sampai saat ini yang terdaftar :
1. MBC Mampang
2. Thailand (Singsan)
3. Bhineka Bridge Club
4. Kapuas Bridge Club
5. Alunand Bridge Club
6. Toar Bridge Club
7. Ganesha Bridge Club 1
8. Ganesha Bridge Club 2
9. Ganesha Bridge Club 3
10. Ganesha Bridge Club 88
11. Pato
12. Tangsel
13. Syabas Energy
14. Minsel Plus
15. B.Pro PPU
16. Putri Kaltim
17. ENT Manado
18. MCC Preservasi
19. 1 over 1 Cool
20. Kedai-Lae
21. Kusuma Dilaga Open
22. Samarinda Kaltim
23. Aceh Damee
24. TGBC Senior
25. Kaltim Senior
26. Depok Lama (Dela)
27. Guyub57
28. Lucky Duck Philippina
29. Thailand (Nunice Jtk Pac)
30. Hotmix Palu
31. Kusuma Dilaga Mixed
32. Tereliye
33. ACR Bridge Club
34. Lawang Salapan Bogor
35. Djarum Super
36. Djarum Bold
37. Djarum Black
38. Djarum LA
39. Komunitas Bridge Poncol
40. Alpad 1
41. Alpad 2
42. LBC Kombi
43. TSS
44. Gaek Bana
45. Singapura
46. TGBC IndiHome
47. Medan United
48. Rae Waya Minut

Kepastian ikut ditunggu sampai 10 Januari 2024. 5 tim sudah menunggu sebagai cadangan jika ada yang mengundurkan diri, yaitu FTBC Aces dari Kalimantan Barat, BBC Sumut 1 dan 2, Pandeka Padang dan Kalbar Mixed.

Advertisement

Hasilnya nanti dapat diikuti melalui Bridge Pocket yang bisa diunduh secara gratis dari Play store atau Google Pay. Atau dari sini : https://bridgepocket.net/#/tournament. ***

Lanjutkan Membaca
Advertisement