Connect with us

Nusantara

Antisipasi Penularan PMK, Polres Sukoharjo Siapkan Pos Pemeriksaan Hewan

Avatar

Diterbitkan

pada

Anggota Polres Sukoharjo memeriksa hewan ternak di pos pemeriksaan. (Foto: istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Polres Sukoharjo menyiapkan sejumlah titik pos penyekatan dan pemeriksaan hewan ternak di perbatasan Kabupaten Sukoharjo.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK). Sejumlah titik pos pemeriksaan hewan ternak tersebut yakni di Simpang Tiga Pasar Bekonang, dan Simpang Empat Carikan Sukoharjo Kota.

“Pemeriksaan mobilitas kendaraan pengangkut hewan ternak tersebut sesuai instruksi pimpinan dalam mengantisipasi penyebaran penyakit PMK,” jelas Kapolres Sukoharjo, Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Jumat (8/7/2022).

Di pos pemeriksaan tersebut petugas akan memeriksa dokumen serta sosialisasi dan edukasi pencegahan PMK. Petugas jaga akan memeriksa kendaraan pengangkut hewan ternak yang masuk maupun keluar wilayah Sukoharjo.

Seperti di wilayah  Bekonang di Kecamatan Mojolaban, yang merupakan perbatasan Sukoharjo dengan Karanganyar dan Surakarta.

Advertisement

“Selama pantauan, tak begitu banyak mobilitas kendaraan pengangkut hewan ternak. Tercatat hanya ada satu atau dua kendaraan yang melintas dan diperiksa,” ungkapnya.

Merujuk data terbaru Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Sukoharjo, jumlah ternak yang terjangkit PMK sebanyak 899 ekor sapi. Sebanyak 14 ekor di antaranya terpaksa dipotong paksa. ***

Lanjutkan Membaca