Connect with us

Nasional

Belum Ada Laporan Korban Jiwa Gempa Maluku, 92 Dilaporkan Rusak

Avatar

Diterbitkan

pada

Gempa Maluku membuat sejumlah rumah rusak. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Gempa yang melanda Maluku pada Selasa pagi (10/1/2023) dengan kekuatan magnitudo (M) 7,5 membuat sebanyak 92 rumah warga Tanimbar rusak.

Namun hingga kini masih belum ada laporan korban jiwa. Di antara rumah yang rusak tersebut, 8 di antaranya mengalami kerusakan parah.

Sementara itu, rumah rusak ringan mencapai 80 unit, dan rumah rusak sedang sebanyak empat unit.

Di samping tempat tinggal, dua fasilitas pendidikan mengalami kerusakan pada pagar sekolah, yaitu SMA Negeri 1 dan SMP Kristen Saumlaki.

“Identifikasi kerusakan fasilitas umum terjadi pada kantor bupati dan tribune lapangan Mandriak di Desa Sifnana, Kecamatan Tanimbar Selatan,” kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam siaran pers, Selasa (10/1/2023).

Advertisement

Dia menyampaikan, kerusakan tidak hanya terjadi di Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Pusdalops BNPB mendapatkan laporan bahwa kerusakan juga terjadi di Kabupaten Maluku Barat Daya.

Sebanyak 9 rumah warga rusak berat, sedangkan 23 lainnya rusak ringan. Selain itu, dua fasilitas pendidikan mengalami rusak berat.

“Sebagian besar kerusakan di Kabupaten Maluku Barat Daya berada di Desa Watuwei dan Letmasa, Kecamatan Dawelor Dawera,” ucap Abdul.

Belum ada korban jiwa Pria yang karib disapa Aam ini menuturkan, belum ada laporan korban jiwa maupun jumlah warga yang mengungsi setelah gempa.

BPBD setempat masih melakukan pendataan di lokasi terdampak.

Advertisement

Adapun saat ini, BPBD Provinsi Maluku melakukan pertemuan koordinasi untuk mendukung penanganan darurat.

“Personel Pusdalops BPBD provinsi diterjunkan untuk membantu pengelolaan data dan informasi. Bantuan logistik dari pemerintah provinsi berupa beras, tikar, selimut, family kits, tenda gulung, kids ware, dan obat-obatan,” jelas Aam.

Sebelumnya diberitakan, gempa bumi M7,5 berpusat pada 136 km barat laut Kepulauan Tanimbar dengan kedalaman 130 km.

Berselang beberapa waktu kemudian, gempa susulan terjadi dengan magnitudo (M)5,5, tepatnya pukul 01.10 WIB atau 03.10 waktu setempat.

Pusat gempa berada di 197 km barat laut Kepulauan Tanimbar dengan kedalaman 128 km. Pusat gempa berada di laut dan tidak berpotensi tsunami.***

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Advertisement