Connect with us

Ibu Kota

Pemprov DKI Siapkan Posko Kesehatan untuk Para Pemudik

Avatar

Diterbitkan

pada

Ilustrasi pemudik Lebaran yang diperkirakan meningkat tahun ini. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas  Kesehatan DKI Jakarta bakal mendirikan posko kesehatan untuk para pemudik Lebaran.

Posko kesehatan itu akan didirikan di pusat layanan transportasi saat arus mudik dan arus balik. Posko didirikan mulai H-7 hingga H+7 atau 15 April – 29 April 2023.

“Poskonya di tempat-tempat layanan transportasi, seperti di terminal bus, di stasiun,” ungkap Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ani Ruspitawati di Balai Kota, Jakarta, Rabu, 29 Maret 2023.

Dia menerangkan pendirian posko itu sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Dia menyebut akan ada 10 petugas medis yang berjaga dalam dua sif untuk memberikan layanan kesehatan.

Pelayanan kesehatan akan diberikan ke awak pengemudi hingga penumpang. Selain adanya dokter dan perawat, Dinkes DKI juga menyediakan satu unit ambulans di posko tersebut.

Advertisement

“Harapannya dengan ini bisa meminimalisir kecelakaan,” kata Ani.Baca: Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran 2023 Terjadi 18-21 April
Dia menuturkan pemeriksaan pada awak pengemudi antara lain meliputi tingkat tekanan darah, tes diabetes melitus, dan tes narkotika serta zat adiktif lainnya.

Ani menerangkan pihaknya bisa menambah jumlah petugas di tempat layanan transportasi yang beroperasi 24 jam. Di samping itu, puskesmas yang letaknya berdekatan dengan pusat layanan transportasi juga bakal buka untuk dapat melayani pasien.

“Kalau terminalnya 24 jam, yang di terminal besar, ada yang 24 jam. Nanti disesuaikan dengan kapasitasnya, berapa busnya. Kalau memang perlu 3 sif, kita sediakan tidak sif,” tutur dia.***

 

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement