Connect with us

Nasional

Pelajar Sragen Antusias Sambut Ibu Iriana dan Ibu Wury, Pedagang Es Pun Diserbu

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Ibu Iriana Joko Widodo menyapa para pelajar yang menyambutnya di sepanjang jalan menuju TK Pertiwi Kliwonan 1, Kabupaten Sragen, Kamis, 22 September 2022 dan pedagang minuman dingin.  (Foto: BPMI Setpres/Lukas)

Ibu Iriana Joko Widodo menyapa para pelajar yang menyambutnya di sepanjang jalan menuju TK Pertiwi Kliwonan 1, Kabupaten Sragen, Kamis, 22 September 2022 dan pedagang minuman dingin. (Foto: BPMI Setpres/Lukas)

FAKTUAL-INDONESIA: Ada momen unik saat Ibu Iriana Joko Widodo dan Ibu Wury Ma’ruf Amin serta para Anggota OASE Kabinet Indonesia Maju (KIM) berkunjung ke TK Pertiwi Kliwonan 1, Kabupaten Sragen, dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Jawa Tengah, pada Kamis, 22 September 2022.

Seperti dipantau dari BPMI Setpres dilaporkan, sekitar 100 meter sebelum tiba di TK Pertiwi Kliwonan 1, Ibu Iriana dan Ibu Wury turun dari kendaraan yang ditumpanginya untuk menyapa dan membagikan buku kepada para pelajar sekolah dasar (SD) yang telah menunggu kedatangan keduanya.

“Tau saya siapa?” tanya Ibu Iriana.

Anak-anak pun dengan semangat menjawab bahwa mereka mengetahui orang yang menyapa mereka adalah Ibu Iriana.

“Kalau ini siapa?” tanya kembali Ibu Iriana seraya menunjuk ke arah Ibu Wury. Para pelajar kembali menjawab dengan kompak nama Ibu Wury.

Advertisement

Sambil berjalan menuju TK Pertiwi Kliwonan 1, Ibu Iriana, Ibu Wury, dan para anggota OASE KIM turut bernyanyi bersama anak-anak yang tampak antusias menyambut kedatangannya. Setelah itu, Ibu Iriana memberikan kejutan dengan mentraktir minuman dingin bagi para pelajar.

“Ada es di sana, diambil ya,” ucap Ibu Iriana kepada para pelajar.

Slamet, penjual minuman dingin yang diserbu pelajar mengaku kaget dan senang karena dagangannya laris. Menurutnya, Ibu Iriana memborongnya untuk berbagi rezeki.

“Ya bilang ini, bagi-bagi rezeki itu, untuk anak-anak. Senang sekali, senang sekali,” ungkap Slamet.

Tak hanya para pelajar, masyarakat sekitar TK Pertiwi Kliwonan 1 juga turut antusias menyambut kedatangan Ibu Iriana dan para anggota OASE KIM. Mereka tampak berdiri di sepanjang jalan menuju TK Pertiwi Kliwonan 1 untuk ikut melihat dan menyapa Ibu Iriana beserta rombongan.

Advertisement

Siapa Berani Maju?

Ibu Iriana Joko Widodo dan Ibu Wury Ma’ruf Amin meninjau kegiatan belajar mengajar (KBM) di Taman Kanak-Kanak (TK) Pertiwi Kliwonan 1, Kabupaten Sragen, pada Kamis, 22 September 2022. Ibu Iriana dan Ibu Wury tampak memasuki ruang kelas dan berbincang dengan pengajar yang berada di dalam ruangan tersebut.

Setelah itu, Ibu Iriana dan Ibu Wury menyaksikan demo pembuangan sampah kertas, kaleng dan botol, serta organik yang sebelumnya dipilah terlebih dulu oleh anak-anak. Ibu Iriana dan Ibu Wury pun memberikan tepuk tangan sebagai apresiasi kepada anak-anak karena telah berhasil memilah sampah.

Selanjutnya, Ibu Iriana dan Ibu Wury juga melakukan simulasi cuci tangan pakai sabun (CTPS) bersama anak-anak. Sambil bernyanyi, anak-anak tampak antusias memeragakan gerakan CTPS bersama Ibu Iriana, Ibu Wury, dan para anggota OASE KIM.

Dalam kegiatan tersebut, Ibu Iriana dan Ibu Wury juga mengajak anak-anak untuk bernyanyi lagu nasional maupun lagu anak bersama-sama.

Advertisement

“Ayo siapa yang berani maju ke depan, nyanyi,” tanya Ibu Iriana.

Dua anak bernama Fitri dan Azril dengan berani maju ke depan untuk bernyanyi lagu nasional Garuda Pancasila. Setelahnya, anak-anak lain turut maju ke depan menyanyikan beberapa lagu anak-anak.

“Semua pintar dapat hadiah,” kata Ibu Iriana.

Di akhir acara, OASE KIM menyerahkan paket buku bacaan dan sejumlah bibit tanaman kepada para perwakilan penerima.

Bagikan Sembako dan Tanam Pohon

Advertisement

Ibu Iriana Joko Widodo dan Ibu Wury Ma’ruf Amin beserta para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) menyerahkan bantuan sembako di Kantor Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen, pada Kamis, 22 September 2022. Foto: BPMI Setpres/Lukas

Dipublikasikan pada Kamis, 22 September 2022 15:00 WIB

Mengawali kunjungan kerja di Kabupaten Sragen, Ibu Iriana Joko Widodo dan Ibu Wury Ma’ruf Amin beserta para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) menyerahkan bantuan sembako di Kantor Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen, pada Kamis, 22 September 2022. Tiba sekitar pukul 09.20 WIB, Ibu Iriana dan Ibu Wury langsung menyapa sekaligus menyerahkan bantuan tersebut kepada para ibu hamil, para ibu balita, penyandang disabilitas, dan masyarakat lansia.

Selain menyerahkan bantuan, Ibu Iriana, Ibu Wury, dan Ibu Tri Tito Karnavian juga menanam pohon di halaman samping kantor kecamatan. Ibu Iriana menanam pohon kelapa genjah varian kuning bali, sedangkan Ibu Wury dan Ibu Tri menanam pohon alpukat varian cipedak.

“Kegiatan OASE KIM pada hari ini seperti biasanya bidang 1 sampai 5 mengadakan acara. Tadi berjumpa dengan ibu hamil, orang-orang tidak mampu, lansia, dan juga penanaman pohon kelapa juga alpukat, dan semua pembagian bibit ada 1.000 kelapa dan 1.000 alpukat,” ujar Ibu Iriana dalam keterangannya selepas acara di Sentra Batik Windasari.

Advertisement

Pada kesempatan terpisah, Ketua Bidang 5 OASE KIM Ayun Sri Syahrul Yasin, menjelaskan bahwa selain bibit kelapa genjah dan bibit alpukat, OASE KIM juga menyerahkan bibit lain untuk kelompok masyarakat dan kelompok tani setempat.

“Sesuai dengan tugas bidang 5 di OASE adalah Indonesia hijau, maka hari ini di Sragen kami menyerahkan bibit kelapa 1.000, kelapa genjah namanya, dan 1.000 juga bibit alpukat. Ada bibit cabai dan kopi, itu ditujukan untuk masyarakat atau kelompok-kelompok masyarakat, kelompok tani,”

Ayun berharap bibit yang diberikan dapat ditanam di seluruh kantor kecamatan Sragen atau bahkan di halaman rumah warga. Kelompok masyarakat dapat menanam melalui program pekarang pangan lestari (P2L) dengan memanfaatkan pekarangan rumah.

“Kelompok-kelompok masyarakat yang punya kelompok tani, bisa menanam P2L, cabai, bibit cabai di kelompok-kelompok pekarangannya, kelompok masyarakat yang punya pekarangan itu menanam cabai, kemudian hasilnya dinikmati sama-sama, seperti itu,” tandasnya. ***

Advertisement
Lanjutkan Membaca