Connect with us

Nasional

KTP Rusak? Mau Ganti Urusannya Mudah Tidak Sampai 10 Menit

Gungdewan

Diterbitkan

pada

KTP rusak akan diganti menggunakan digital atau Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau yang disebut KTP Digital.

KTP rusak akan diganti menggunakan digital atau Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau yang disebut KTP Digital.

Oleh : Bert Toar Polii

FAKTUAL-INDONESIA: Kartu Tanda Penduduk (KTP) tukang bridge rusak karena ada potongan yang entah kenapa robek atau terpotong.

Kerusakan KTP ini sudah cukup lama, namun memang masih bisa dipakai karena yang terpotong hanya sebagian dari foto. Tapi tentu saja ini harus diganti biar aman.

Setelah googling tentang aturan mengganti KTP, ketemulah aturannya : Ganti KTP Rusak Secara Manual

  1. Persiapkan KTP yang rusak dan Kartu Keluarga (KK) yang difotokopi sebagai syarat pengurusan KTP rusak
  2. Datangi kelurahan atau kantor desa dengan membawa dokumen persyaratan. Nantinya pihak kelurahan akan memberikan surat pengantar dan formulir permohonan KTP baru untuk dibawa ke kantor camat.
  3. Datangi pihak kecamatan dengan menunjukkan dokumen persyaratan dan surat pengantar dari kelurahan kepada petugas yang segera diverifikasi
  4. Dalam mengurus KTP rusak tak perlu ambil sidik jari, tanda tangan ataupun foto terbaru. Hal ini karena seluruh data sudah tersimpan di sistem
  5. Setelah KTP selesai, pemilik KTP dapat mengambil secara langsung tanpa diwakilkan.

Membaca aturan diatas, berarti  harus disediakan waktu yang cukup karena  pasti akan memakan waktu yang cukup lama sehingga terus tertunda.

Kenyataan yang tukang bridge alami ketika datang langsung ke Kelurahan Tebet Barat domisili tukang bridge jauh berbeda dari bayangan sebelumnya.

Berhubung bulan puasa maka tidak perlu mengambil nomor antrian seperti biasanya. Tukang bridge hanya menunggu sebentar karena ada dua warga lebih dulu.

Advertisement

Mereka berdua juga tidak membutuhkan waktu lama, selanjutnya giliran tukang bridge.

Awalnya setelah melihat kerusakan petugasnya menyatakan tidak apa-apa masih bisa digunakan. Kebetulan saat ini kami belum bisa menggantinya karena persediaan blanko KTP sudah habis.

Tapi sebenarnya tidak akan ada lagi penyediaan blanko KTP baru. Karena menurut Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), tidak akan lagi menambah persediaan blangko e-KTP. KTP elektronik (KTP-el) akan diganti menggunakan digital atau Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau yang disebut KTP Digital.

Selanjutnya petugas  menanyakan apakah HP saya android dan punya email serta akses internet. Ketika saya menjawab ya maka ia menganjurkan untuk membuatkan  KTP Digital secara online.

Caranya adalah dengan download Identitas Kependudukan Digital Ditjen Dukcapil Kemendagri secara gratis melalui Google Play atau Play Store.

Advertisement

Selanjutnya setelah download tinggal kita registrasi.

Lengkapnya Cara Buat KTP Digital :

Sebelum mendaftar, pastikan menyiapkan beberapa hal berikut ini:

  • Ponsel dengan akses internet
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Alamat e-mail aktif
  • Nomor ponsel aktif.

Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Download aplikasi Identitas Kependudukan Digital di Playstore atau Google Pay
  2. Buka aplikasi IKD, isi data berupa NIK, e-mail dan nomor handphone lalu klik tombol verifikasi data
  3. Verifikasi wajah dengan pilih tombol ambil foto untuk melakukan pemadanan Face Recognation
  4. Setelah itu, pilih scan QR Code yang dapat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  5. Setelah berhasil, cek e-mail yang didaftarkan kode aktivasi dan melakukan aktivasi IKD
  6. Masukkan kode aktivasi dan captcha untuk aktivasi IKD
  7. Aktivasi IKD telah selesai.

Sebagai catatan, penduduk yang ingin mengaktivasi KTP Digital, bisa dilakukan di Kantor Dukcapil atau di Kantor Kecamatan sesuai domisili. Pendaftaran aplikasi IKD, perlu didampingi petugas Dukcapil karena pendaftaran ini memerlukan verifikasi dan validasi yang ketat dengan teknologi face recognation.

Proses ini ternyata hanya membutuhkan kurang dari 10 menit, lebih lama saya jalan kaki dari rumah ke kantor kecamatan yang berjarak sekitar 1 KM.

Salut dengan kemajuan teknologi yang dimanfaatkan oleh pemerintah pusat dan keramahtamahan petugas Dukcapil di Kelurahan Tebet Barat. Sayangnya untuk saat ini pengguna Iphone belum bisa memanfaatkan platform ini. ***

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Advertisement