Connect with us

Kuliner

8 Makanan Khas India yang Lezat, Sehat, dan Menggungah Selera

Avatar

Diterbitkan

pada

makanan khas India

Ayam Tandoori (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: India merupakan salah satu negara yang dikenal cukup nyeleneh dan unik. Tak hanya drama Bollywood-nya, negara satu ini juga dikenal dengan kuliner dengan cita rasa yang khas. Makanan khas India identik dengan kari dan rempah-rempah di dalamnya.

Berkat penggunaan rempah tersebut, sajian kuliner India mudah ditemukan di Indonesia di beberapa restoran karena bumbu masaknya yang serupa. Makanan khas India terkenal dengan menu yang beragam, mulai dari menu nabati hingga makanan dengan rasa manis atau pedas yang menggugah selera.

Jika berkunjung ke India atau penasaran dengan kulinernya, Anda wajib mencicipinya wisata kuliner negeri Bollywood ini. Berkat banyaknya rempah-rempah yang umum pada masakan India, ini membuatnya menjadi lezat dan juga menyehatkan.

Baca juga: 9 Makanan Khas Thailand yang Lezat dan Sehat, Mana Favoritmu?

Berikut beberapa makanan khas India yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Nasi biryani

makanan khas India

Nasi Biryani (Foto: Istimewa)

Makanan khas India yang pertama yaitu nasi biryani. Sebagian masyarakat Indonesia tentu sudah tidak dengan makanan satu ini. Nasi biryani merupakan sajian yang menggunakan beras Basmati yang memiliki bentuk yang panjang dan besar.

Cita rasa lezatnya tercipta dari bumbu rempahnya, mulai dari kunyit, ketumbar, merica hingga kapulaga. Umumnya, isiannya berupa daging kambing. Di Indonesia sendiri, sudah banyak yang menjual nasi biryani namun dengan daging ayam sebagai pengganti kambing.

Advertisement

2. Chole Masala

makanan khas India

Chole Masala (Foto: Maggi)

Chole masala merupakan makanan khas India yang terbuat dari perpaduan kacang kapri dan saus tomat pedas. Masyarakat setempat biasa menyajikannya dengan roti khas India yang tipis atau naan (roti tradisional India yang dipanggang dalam oven).

Chole masala mempunyai rasa gurih dan manis karena berasal dari campuran bumbu yang terdiri dari bubuk bawang putih, cabai kering, kunyit, biji ketumbar, dan biji merica yang dilembutkan. Hal itulah yang membuat makanan ini dinamakan masala, yang artinya campuran bumbu.

Disamping itu, kandungan gizi chole masala cukup beragam dan bisa disantap oleh Anda yang menerapkan gaya hidup vegetarian.

3. Ayam Tandoori

makanan khas India

Ayam Tandoori (Foto: Istimewa)

Makanan khas India berikutnya yaitu Ayam Tandoori. Olahan ayam ini dinamakan tandori karena dimasakan menggunakan alat masak tandoor, yakni oven tradisional yang terbuat dari tanah liat. Tak hanya terkenal di penjuru dunia, tapi cara memasak ayam ini juga sudah dilakukan di negara-negara lain untuk bahan makanan selain ayam.

Sebelum dipanggang, ayam terlebih dahulu direndam dengan yoghurt dan berbagai macam rempah khas sehingga bisa meresap ke dalam ayam. Ayam tandori termasuk makanan yang enak lezat dan terkenal dengan dagingnya yang lembut.

4. Jalfrezi

makanan khas India

Chicken Jalfrezi (Foto: Istimewa)

Selain ayam tandori, makanan khas India lainnya adalah jalfrezi. Makanan satu ini memiliki jenis atau variasi yang berbeda-beda di setiap daerahnya. Perpaduan antara ayam atau udang, dan merica, bawang merah, jahe, cengkeh, dan tomat membuatnya mempunyai aroma rempah yang kuat.

Baca juga: 7 Makanan Khas Italia yang Lezat dan Menyehatkan, Tak Hanya Pizza dan Pasta

Berbicara mengenai kandungannya, jalfrezi mengandung antioksidan dari tomat, bawang, dan merica. Ketika dikonsumsi akan membantu memperkuat daya tahan tubuh. Sedangkan vitamin C dari tomat dan protein dari bahan utamanya bisa mempercepat regenerasi sel.

5. Laddu

makanan khas India

Laddu (Foto: Istimewa)

Jika dilihat, laddu sekilas mirip misro atau onde-onde. Di India, laddu dimakan sebagai camilan dan kerap kerap hadir dalam setiap ritual keagamaan di India. Makanan khas India ini terbuat dari tepung gandum kasar dan gula. Adonan tersebut lalu dibentuk bulat kecil dan digulingkan pada mentega khas India, mentega ghee lalu digoreng.

6. Samosa

makanan khas India

Samosa (Foto: Istimewa)

Samosa adalah makanan khas India yang sangat populer, bahkan di seluruh dunia karena cita rasa yang autentik dan gurih. Secara fisik, samosa terlihat mirip dengan pastel, tapi isinnya berbeda. Seiring berjalannya waktu, makanan ini sudah banyak variasi seperti cokelat dan susu, serta berbentuk segitiga.

7. Dhokla

makanan khas India

Dhokla (Foto: thespruceeats.com)

Salah satu makanan khas India yang sering dikaitkan dengan vegetarian adalah dhokla. Dibuat dari berbagai sayuran, serta campuran tepung beras dan kacang yang kemudian dikukus, tak heran jika makanan ini sangat cocok untuk vegetarian.

Umumnya, Dhokla disajikan sebagai pelengkap makan malam, sarapan atau dijadikan camilan. Tak hanya enak, makanan ini juga menyehatkan karena berasal dari berbagai macam sayuran.

Advertisement

8. Kathi Roll

makanan khas India

Kathi Roll (Foto: JasonLam)

Tak lengkap rasanya jika membahas kuliner India tanpa membahas street food atau jajanan kaki lima. Salah satu street food India yang cukup terkenal adalah kathi roll. Kathi roll sekilas mirip dengan kebab, tapi roti untuk membungkusnya berbeda. Kathi roll menggunakan paratha sejenis flat bread atau roti khas India.

Untuk rasanya kathi roll tak perlu ditanyakan lagi karena tentu saja lezat. Jika Anda berkesempatan ke India, makanan khas India sangat wajib dicoba. Rasa sederhana di street food ini bisa diterima oleh lidah siapa saja sehingga makanan ini cukup populer.***

Baca juga: 8 Makanan Khas Malaysia yang Populer, Sehat, dan Lezat

Lanjutkan Membaca
Advertisement