Connect with us

Kuliner

8 Makanan Khas Malaysia yang Populer, Sehat, dan Lezat

Avatar

Diterbitkan

pada

makanan khas malaysia

Nasi Kerabu (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Malaysia merupakan salah satu negara yang sangat dekat dengan Indonesia selain Singapura. Dianggap masih satu rumpun dengan Indonesia, makanan khas Malaysia terbilang hampir-hampir mirip meski terdapat perbedaan.

Kuliner asal Negeri Jiran memang tidak sepopuler makanan Thailand atau Cina. Akan tetapi, makanan khas Malaysia tentu tidak kalah lezat dan menyehatkan. Hampir seluruh makanan khas Malaysia merupakan hasil perpaduan antara gaya etnis Melayu, China, dan juga India.

Kombinasi tersebutlah yang membuat kuliner dari negara tersebut kaya akan rasa dan tentunya menggugah selera. Jika berkunjung ke Malaysia, sangat wajib untuk mencicipi kuliner yang ada di negara ini.

Baca juga: 8 Tips Traveling ke Malaysia, Rencanakan agar Jadi Menyenangkan

Berikut beberapa makanan khas Malaysia yang lezat dan sehat, yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Ayam percik

makanan khas malaysia

Ayam Percik (Foto: Istimewa)

Makanan khas Malaysia yang pertama yaitu ayam percik. Sajian ayam satu ini cukup unik karena cara mengolahnya akan direndam terlebih dahulu pada bumbu. Kemudian, ayam dipanggang hingga sedikit angus. Dinamakan ayam percik sebab saat dipanggang ayam diberi bumbu dengan cara dipercik.

Jika ingin mencoba kenikmatan ayam satu ini, terdapat dua jenis yang bisa dipilih. Pertama, ayam percik Kelantan yang menggunakan saus dan bumbu dari campuran santan dan berbagai rempah. Lalu, ayam percik Trengganu dibuat dengan tambahan bumbu cabai sehingga rasanya lebih pedas.

Advertisement

2. Nasi Kerabu

makanan khas malaysia

Nasi Kerabu (Foto: Istimewa)

Jika Indonesia mempunyai nasi kuning, Malaysia juga mempunyai berwarna biru yakni nasi kerabu. Kuliner dari nasi ini dianggap sebagai makanan sehat bagi masyarakat Malaysia di Negeri Kelantan. Makanan khas Malaysia ini terbilang unik karena warna nasinya mempunyai warna kebiruan yang membuat banyak orang penasaran.

Warna biru tersebut berasal dari penggunaan kelopak bunga telang kering pada saat proses memasak. Sayagnya, nasi kerabu berwarna biru tergolong jarang karena bunga telang kering sebagai pewarna alaminya sudah sulit ditemukan.

3. Nasi Lemak

makanan khas malaysia

Nasi Lemak Malaysia (Foto: Istimewa)

Makanan khas Malaysia berikutnya yaitu nasi lemak. Sebagain warga Indonesia sudah tidak asing ketika mendengar nasi lemak. Nasi Lemak adalah hidangan yang dimasak menggunakan santan dengan bumbu pedas dan termasuk makanan khas suku Melayu yang umum ditemukan di Malaysia.

Sebenarnya, nasi lemak mirip dengan nasi uduk di sejumlah daerah Indonesia atau nasi lomak di Riau dan daerah sekitarnya. Perbedaannya berada pada lauk pelengkapnya. Nasi ini biasa disajikan dengan tempe, tahu, kacang goreng, sate, petai, hati sapi dan disertai juga dengan parutan kelapa.

4. Roti jala

makanan khas malaysia

Roti Jala (Foto: Istimewa)

Sudah disinggung sebelumnya bahwa kuliner Negeri Jiran dipengaruhi oleh kuliner dari India dan Cina. Berkat pengaruh tersebut, lahirlah roti jala. Roti jala terbuat dari terigu cair yang dimasak di atas pinggan anti lengket, seperti memasak kulit risoles.

Baca juga: 7 Makanan Khas Banten Paling Nikmat, Lezat dan Populer

Namun bentuknya seperti jala atau jaring yang dilipat tersebut sebagai alasan disebut roti jala. Umumnya, roti ini sajian manis bersama kuah durian atau sarikaya oleh beberapa suku Melayu, termasuk yang ada di wilayah Sumatera, Indonesia.

5. Mee siam

makanan khas malaysia

Mee Siam (Foto: Istimewa)

Selain roti jala, makanan khas Malaysia lainnya adalah mee siam. Sebagai informasi, kuliner satu ini sangat populer karena dipromosikan sebagai bagian dari daya tarik pariwisata Malaysia. Bahkan, mee siam diberikan gelar “Truly Malaysia”.

Makanan ini berbahan dasar dari bihun atau misoa yang disajikan dengan kuah asam pedas. Selain itu, mee siam juga dilengkapi suiran ayam, daun bawang, dan irisan telur sebagai topping sehingga bisa menggugah selera.

6. Asam Laksa Penang

makanan khas malaysia

Asam Laksa Penang (Foto: Istimewa)

Salah satu makanan khas Malaysia yang tidak lezat adalah asam laksa Penang. Seperti namanya, tentu sajian kuliner ini berasal dan berada di Penang. Banyak orang yang menganggap tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Penang tanpa mencicipi ayam laksa Penang.

Laksa ini adalah sejenis mie berkuah yang merupakan kombinasi antara masakan Melayu dan Tionghoa sehingga menghasilkan rasa yang lezat dan menarik. Kuliner Penang ini keistimewaannya berada pada kuah kaldu ikan lezat yang terbuat dari telur, tulang ikan makarel yang direbus dengan serai, cabe, dan asam.

Advertisement

7. Roti john

Roti john adalah kuliner Malaysia yang tidak aisng di Indonesia. Roti john terdiri dari roti panjang yang dilengkapi daging asap, telur, mayones, saus tomat, keju, selada, dan saus cabai. Satu menu dengan isian lengkap dapat mengenyangkan.

8. Rojak

makanan khas malaysia

Rojak Malaysia (Foto: everydaygourmet)

Makanan khas Malaysia yang terakhir adalah rojak. Pada dasar rojak dan rujak merupakan makanan yang sama. Sama seperti di Indonesia, rojak Malaysia terdiri dari paduan aneka buah dengan saus pedas manis. Perbedaannya terlatk pada pasta udangnya sehingga menu ini menghasilkan perpaduan rasa manis, asam, pedas dan gurih.***

Baca juga: 9 Makanan Khas Thailand yang Lezat dan Sehat, Mana Favoritmu?

Lanjutkan Membaca