Home LifestyleKesehatan Sering diabaikan, 12 Tips Menjaga Kesehatan Mata Saat WFH

Sering diabaikan, 12 Tips Menjaga Kesehatan Mata Saat WFH

oleh Farhan Zuhdi
tips menjaga kesehatan mata saat WFH

Ilustarsi menjaga kesehatan mata diperhatikan agar mata tidak lelah saat di depan layar

FAKTUALid – Munculnya virus Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia termasuk di Indonesia membuat sebagian besar perusahaan dan institusi melukukam aktivitas secara daring dari rumah dari rumah termasuk Work From Home (WFH). Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tips menjaga kesehatan mata saat WFH agar tetap sehat.

Diterapkannya kebijakan WFH diharapkan dapat menekan penyebaran virus Covid-19. Kebijakan WFH ini membuat sebagian besar orang melakukan aktivitas pekerjaannya di depan layar komputer, aktivtas ini dilakukan kurang lebih 8 jam sehari.

Tentu jika terlalu lama di depan layar komputer sangat mempengaruhi untuk kesehatan mata, radiasi pada layar komputer bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti mata merah, kering dan gejala lainnya yang membuat mata anda lelah dan tidak nyaman.

Baca juga: Wajib Dicoba, 10 Cara Mengusir Kebosanan Pada Saat WFH

Berikut tips menjaga kesehatan mata saat WFH dirangkum faktualid.com dari berbagai sumber

Tips Menjaga Kesehatan Mata Saat WFH

1. Olahraga mata dengan “20-20-20 rule”

Tips menjaga kesehatan mata saat WFH yang pertama adalah olahraga mata. Untuk mengurangi risiko mata lelah karena terus-menerus berfokus pada layar komputer, terdapat cara ampuh untuk menjaga kesehatan mata dengan menggunakan aturan 20-20-20. Caranya adalah berpaling dari layar komputer anda selama 20 menit  dan ubah pandangan dengan menatap benda jauh sekitar 20 kaki (6 meter) selama 20 detik.  Hal ini dapat melepaskan otot mata karena persepsi pandangan berubah.

2. Atur kecerahan layar dengan mata

Saat bekerja menatap layar komputer, sesuaikan kecerahannya dengan posisi ternyaman mata anda. Usahakan kecerahan layar komputer anda tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap. Bisa juga dengan menambahkan screen protector pada layar komputer agar mata tidak cepat lelah.

3. Atur jarak mata dan posisi tubuh dengan layar

Posisi layar sebaiknya diletakan sejajar dengan pandangan mata. Jarak pandang terbaik antara mata dengan layar kurang lebih 50-100 cm, jangan terlalu pendek atau terlalu tinggi karena bisa menyebabkan leher di leher. Sesuaikan letak meja dan kursi dengan posisi duduk tegap agar nyaman saat bekerja didepan layar komputer.

Baca juga: Kemnaker Terapkan WFH 75 Persen Bagi Pegawai di Zona Merah

4. Pastikan Tidak Ada Refleksi di Layar

Pantulan cahaya dari diluar seperti cahaya matahari dan backgroud pada layar komputer dapat membuat mata anda lelah tentu itu tidak baik untuk kesehatan mata. Coba dengan menutup tirai agar terhindar dari sinar matahari langsung dan usahakan memposisikan layar komputer sehingga tidak ada lagi refleksi cahaya di layar.

5. Mengedipkan mata saat menatap layar

Menatap layar terlau lama terkadanf membuat orang lupa berkedip. Saat bekerja di depan layar komputer sangat penting untuk berkedip karena membahasi mata anda juga menjaga kelambapan mata untuk mencegah kekeringan dan iritas mata.

6. Relaksasi Mata

Bekerja terus menerus menatap layar berbahaya jika dilakukan tanpa istirahat. Istirahat sejenak agar otot-otot mata mengendur, alihkan pandangan anda dari depan layar ke objek lain seperti tanaman hijau atau langit.

Setelah bekerja menatap layar, jangan lupa mencoba relaksasi mata dengan cara menggosokkan kedua telapak tangan lalu letakkan hangatnya pada kelopak mata yang dipejam atau lakukan dengan memijat pelan kedua plipis.

Baca Juga: Agar Tidak Sakit Punggung saat WFH selama PPKM Darurat

7. Menatap layar terlalu lama perlu istirahat

Jika bekerja di depan layar komputer sepanjang hari, anda perlu beristirahat sejenak. Menatap layar komputer terlalu lama.dapat membuat mata lelah. Gejala mata lelah seperti sakit kepala, nyeri leher, sakit pada bahu dan punggung, mata kering dan tegang, sulit fokus menatap kejauhan, hingga pandangan menjadi kabur. Untuk mencegah mata anda lelah, istirahatkan mata selama 15 menit tiap 2 jam sekali. Jika mata terasa kering, seringlah mengedipkan mata.

8. Rutin periksa mata

Tips menjaga kesehatan mata saat WFH selanjutnya adalah rutin periksa mata. Langkas selanjutnya untuk mencegah dan mengatasi mata merah akibat seharian di depan layar adalah dengan rutin memeriksa mata. Menurut National Institute of Occupational Safety and Health (NIOSH), orang-orang seharusnya lebih dulu menjalani pemeriksaan mata sebelum mulai bekerja dengan komputer, dan kemudian rutin setahun sekali setelahnya. Rutin memeriksakan mata dapat mendeteksi dini masalah pada mata akibat penyakit tertentu.

9. Pejamkan mata sesaat

Menurut satu studi terbitan NIOS, salah satu cara ampuh untuk mengatasi mata lelah dengan memejamkan mata barang sebentar saja. Anda juga boleh melanjutkannya dengan peregangan otot sederhana sebanyak 4 kali selama 5 menit sepanjang hari kerja. Berdiri dan jalan-jalanlah sejenak, lemaskan dan putar-putar tungkai lengan dan kaki dengan berdiri, putar-putar bahu dan punggung untuk mengurangi ketegangan dan kelelahan otot. Jika lama waktu istirahat makan siang memungkinkan, curi-curi waktu untuk tidur siang sejenak.

Baca juga: Covid-19 Meningkat, Mendagri Minta WFH 75 Persen Ditaati,

10. Lakukan senam mata

Berikutnya tips menjaga kesehatan mata saat WFH dengan melakukan senam mata. Senam mata bisa dilakukan dengan memijat kelopak, memutar mata, melirik ke semua arah, dan mengalihkan pandangan sejenak dari layar ke objek lain atau menghangatkan mata dengan telapak pangan.

11. Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa mengonsumsi makanan yang sehat dapat memelihara kesehatan dan fungsi organ tubuh, termasuk mata. Mulailah perbanyak konsumsi makanan, buah dan sayuran tinggi vitamin A. Vitamin A banyak terdapat pada sayur – sayuran, seperti wortel, ubi, labu kuning, bayam, tomat, dan buah – buahan seperti pepaya.

12. Tidak Merokok

Tips menjaga kesehatan mata saat WFH yang terakhir adalah tidak merokok. Selain berbahaya bagi kesehatan jantung dan kesehatan tubuh, merokok ternyata juga berbahaya bagi kesehatan mata. Merokok dapat menyebabkan mata kering, meningkatkan resiko katarak, memicu degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik yang mampu menyebabkan kebutaan dan merusak retina.

Baca juga: Selain Bersepeda, ini 10 Olahraga Ringan Dirumah, Cocok dilakukan saat PPKM

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan mata saat WFH.  Namun, jika merasa ada yang aneh dengan kondisi mata selama bekerja, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter agar dapat ditangani secara lanjut.

You may also like

Tinggalkan Komentar