Connect with us

Kesehatan

6 Tips Agar Tidak Lemas Saat Puasa, Ibadah Jadi Semangat!

Avatar

Diterbitkan

pada

tips agar tidak lemas saat puasa

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Saat bulan Ramadhan, seluruh umat Islam wajib menjalankan ibadah puasa. Ketika tubuh harus menahan lapar dan haus selama lebih 12 jam, maka tubuh mudah lemas dan tidak berenergi sepanjang hari. Jika demikian, penting untuk mengetahui tips agar tidak lemas saat puasa sehingga dapat melakukan aktivitas seperti biasanya dengan optimal.

Badan terasa lemas merupakan keluahan yang umum dialami bagi orang yang berpuasa, terlebih jika melakukan aktivitas seperti bekerja. Hal tersebut terjadi karena perubahan pola makan. Ditambah lagi, perubahan pola tidur selama bulan Ramadhan membuat tubuh menjadi semakin lesu.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa menerapkan tips agar tidak lemas saat puasa. Dengan begitu, tubuh bisa terus berenergi serta terhindar dari lemas dan lesu.

Baca juga: 6 Cara Mengendalikan Emosi saat Puasa, Salah Satunya Berganti Posisi

Berikut beberapa tips agar tidak lemas saat puasa yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Makan cukup protein saat sahur

Tips agar tidak lemas saat puasa yang pertama yaitu makan cukup protein saat sahur. Seseorang akan kekurangan kalori selama berpuasa karena perubahan pola makan sehingga mengambil cadangan energi dari tubuh. Hal tersebut membuat tubuh akan kehilangan lemak dan juga massa ototnya.

Advertisement

Untuk meminimalisir hal tersebut saat berpuasa, pastikan mengonsumsi protein cukup harian saat sahur dan berbuka puasa. Asupan tersebut membuat tubuh bisa kenyang lebih lama dan tubuh tidak merasa lapar. Menurut penelitian, mengonsumsi sekitar 30 persen kalori makanan dari protein dapat secara signifikan mengurangi nafsu makan.

2. Jaga pola tidur

Tubuh lemas ketika berpuasa salah satunya disebabkan karena pola tidur yang berantakan. Pasalnya, selama puasa Anda perlu bangun sahur pada dini hari. Kebiasaan baru tersebut membuat kurang tidur.

Supaya tubuh tidak mudah lemas, Anda bisa mengaplikasikan tips agar tidak lemas saat puasa dengan cukup tidur sekitar 6-8 jam dalam sehari. Untuk menyiasatinya, Anda bisa memajukan waktu tidur malam atau mencuri waktu untuk tidur siang bila memungkinkan.

3. Cukupi asupan cairan

Tips agar tidak lemas saat puasa berikutnya yaitu mencukupi asupan cairan harian. Tubuh yang tidak terhidrasi dengan baik membuat tubuh tidak berenergi dan badan mudah lemas sepanjang hari. Untuk itu, Anda perlu minum lebih banyak air putih saat buka sampai sahur setidaknya 2 liter saat puasa.

Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa, Mudah Kok!

Supaya lebih mudah, Anda bisa menerapkan pola 2-4-2, yakni 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas saat sahur. Jika cukup sulit, siasati dengan mengonsumsi sup atau sayur berkuah atau buah dan sayur saat sahur dan berbuka puasa.

Advertisement

4. Tetap berolahraga

Selain berolahraga, tips agar tidak lemas saat puasa juga perlu rutin berolahraga. Kebanyakan orang justru malas berolahraga dengan alasan berpuasa. Padahal, olahraga dapat bermanfaat bagi tubuh, termasuk membuat tubuh tidak mudah lemas.

Jika terasa berat, mulailah dengan olahraga dengan intensitas yang rendah atau ringan seperti jalan kaki, jogging, atau yoga. Pilih waktu olahraga yang tepat agar badan tidak terasa lemas dan kehausan. Anda dapat berolahraga setelah buka puasa atau sebelum sahur. Tetap berolahraga saat berpuasa dapat membuat tubuh menjadi lebih prima.

5. Batasi porsi saat berbuka puasa

Pada siang hari ketika berpuasa, mata cenderung menilai semua makan lezat sehingga membeli semua makanan untuk “balas dendam.” Namun, kebiasan ini bisa menyebabkan tubuh menjadi kelelahan dan lemas keesokan harinya karena makanan dikonsumsi terlalu banyak.

Maka dari itu, batasi porsi hidangan berbuka puasa dengan mengonsumsi, misalnya minum air putih, makan kurma, dan buah-buahan. Jika ingin makan besar, lakukan setelah melakukan ibadah sholat tarawih.

6. Alihkan fokus dari kelaparan dan kelelahan

Salah satu tips agar tidak lemas yang perlu dijajal adalah mengalihkan fokus dari kelaparan dan kelelahan. Secara tidak sada, ternyata pikiran bisa memengaruhi berbagai hal, termasuk ketika berpuasa. Perasaan atau pikiran perlu diatur guna mengabaikan rasa lelah dan lapar saat berpuasa. Cobalah untuk mengalihkan fokus dari lapar dan lelah agar dapat menjalankan aktivitas seperti biasanya.***

Advertisement

Baca juga: 7 Cara Menghindari Dehidrasi Saat Puasa, Kuat Sampai Magrib!

Lanjutkan Membaca
Advertisement