Home LifestyleKesehatan 5 Penyebab Urat Merah di Mata Beserta Cara Menghilangkannya

5 Penyebab Urat Merah di Mata Beserta Cara Menghilangkannya

oleh Farhan Zuhdi
penyebab urat merah di mata

Ilustrasi urat merah di mata (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Mata merupakan salah satu panca indera yang penting bagi manusia. Ketika bercermin, sering menemukan adanya urat merah di mata. Hal ini bagi sebagian orang bisa menurunkan kepercayaan diri. Maka dari itu, penting untuk mengetahui apa saja penyebab urat merah di mata dapat timbul.

Urat merah di mata merupakan pelebaran pembuluh darah pada mata. Pembuluh darah ini berfungsi mengalirkan darah ke seluruh bagian mata. Sebenarnya, urat-urat ini tidak terlihat saat kondisi mata normal. Namun, beberapa kondisi bisa menyebabkan pelebaran pembuluh darah.

Terdapat beragam penyabab urat merah di mata, mulai dari ringan hingga yang berat. Meskipun di sejumlah kasus disembuh dengan cara rumahan, tetapi akan lebih baik jika pemeriksaan langsung ke dokter mata.

Baca juga: 7 Cara Mengobati Sakit Mata Menggunakan Bahan Alami

Berikut beberapa penyebab urat merah di mata dan cara mengatasinya yang telah faktualid.com rangkum dari sehatq dan klikdokter.

1. Mata merah (konjungtivitis)

Penyebab urat merah di mata yang pertama yaitu konjungtivitis atau mata merah. Kondisi ini biasanya dialami seseorang karena adanya pembengkakan atau infeksi pada lapisan pelindung bening yang menutupi bagian depan mata.

Bakteri, virus, atau paparan gas beracun menjadi penyebab mata menjadi merah. Kondisi ini umumnya tidak serius walaupun sering terjadi.

2. Efek obat tetes mata

Pengguanaan obat tetes mata ternyata bisa menjadi penyebab urat merah di mata. Untuk mengatasi mata merah, banyak orang menggunakan obat tetes mata. Alih-alih membuat mata normal, justri bisa menyebabkan rebound dilation pada pembuluh darah di mata. Itulah mengapa setelah menggunakannya urat merah di mata menjadi terlihat sangat jelas.

3. Cedera mata

Cedera mata dapat terjadi karena yang disebabkan berbagai hal sederhana, misalnya tertusuk jari atau pengguaan riasan wajah yang mengiritasi mata. Ketika mata cedera, pembuluh darah di mata akan membesar dan melebar yang menjadi penyebab urat merah di mata muncul.

4. Sindrom mata kering

Penyebab urat merah di mata bisa salah satunya adalah sindrom mata kering. Beberapa orang dilaporkan mengalami kondisi mata kering disebabkan oleh beragam hal, diantaranya penggunaan lensa kontak terlalu lama, kurang tidur, menatap gawai terlalu lama, hingga efek samping obat-obatan. Oleh sebab itu, ketika mata kering pembuluh darah di mata membuat urat mata merah semakin kelihatan.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Mata Kering Secara Alami, Perlu Diketahui

5. Alergi

Ternyata mata terasa perih dan gatal tak hanya menyebabkan pembengkakan mata, melainkan juga bisa menjadi penyebab urat merah di mata terlihat. Hal ini bisa terjadi karena cairan di area depan mata menumupuk.

Alergi lainnya seperti bulu hewan atau alas tidur yang tidak bersih dapat menyebabkan pembuluh darah di mata melebar. Selain itu, ada beberapa penyebab urat merah di mata tapi tidak sakit, seperti terlalu lama berenang, merokok, dan minum alkohol.

Cara menghilangkan urat merah di mata

Jika kondisi urat merah di mata tidak disertai gejala serius, kamu bisa menghilangkannya dengan cara rumahan tergantung pada penyebab merah di mata. Sebelum pergi ke dokter, cobalah beberapa cara menghilangkan urat merah di mata yang mudah dilakukan dirumah, sebagai berikut:

  • Obat tetes mata antihistamin.
  • Hindari lingkungan berpolusi. Gunakan kacamata sebagai perlindungan saat terpaksa.
  • Pastikan mencuci tangan dan keringkan dengan baik saat hendak menyentuh mata.
  • Menggunakan artificial tears untuk meredakan mata kering.
  • Gunakan kompres hangat atau dingin pada mata tertutup dengan handuk kecil. Lakukan selama 10 menit. Rasa hangat atau dingin bisa membuat aliran darah ke mata dan merasangsang minyak pada kelopak mata.
  • Jika kondisi ini diakibatkan setelah menggunakan lensa kontak, sebaiknya konsultasikan kepada dokter untuk memilih lensa kontak yang lebih cocok.
  • Konsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, seperti ikan salmon, biji-bijian, dan kacang-kacangan untuk meredakan peradangan.

Itulah beberapa penyebab urat merah di mata dan cara mengatasinya. Pada umumnya, gangguan mata ini bisa hilang dengan pengobatan rumahan. Jika sudah melakukannya cara rumahan tetapi tidak kunjung membaik, segera datang dan periksa ke dokter spesialis mata.***

Baca juga: 7 Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Perlu Kamu Ketahui

You may also like

Tinggalkan Komentar