Home LifestyleKesehatan 7 Cara Mengobati Sakit Mata Menggunakan Bahan Alami

7 Cara Mengobati Sakit Mata Menggunakan Bahan Alami

oleh Farhan Zuhdi
cara mengobati sakit mata

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Sakit mata merupakan penyakit yang umum dialami banyak orang. Walau tak berbahaya, namun penyakit ini dapat mengganggu aktivitas harian. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui cara mengobati sakit mata dengan benar.

Penyakit mata bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya bisa disebabkan oleh bakteri atau virus yang dapat menyebar lebih cepat dibandingkan dengan organ tubuh lainnya.

Ada beberapa gangguan kesehatan pada mata, seperti mata merah, mata kering, mata berair, mata bengkak, dan konjungtivitis atau belekan. Umumnya beberapa orang mengobati sakit mata menggunakan bahan kimia. Namun, bahan kimia bisa menimbulkan efek buruk.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Mata Kering Secara Alami, Perlu Diketahui

Untungnya, ada beragam cara mengobati sakit mata menggunakan bahan alami. Tentunya, bahan alami tersebut mudah ditemukan di rumah.

Berikut beberapa cara mengobati sakit mata secara alami yang telah faktualid.com dari berbagai sumber.

1. Kompres hangat

Cara mengobati sakit mata yang pertama yaitu menggunakan kompres hangat. Cara ini dianggap mampu mengatasi iritasi mata, mata merah, dan mata kering. Selain itu, kompres hangat juga dapat merelaksasi otot mata dan mengurangi nyeri pada mata.

Caranya, siapkan kain bersih dan rendam pada air hangat. Lalu, peras airnya dan letakkan pada mata yang sakit selama 20 menit. Ulangi cara ini sebanyak 2–3 kali sehari.

2. Kantung teh

Jika kamu mengalami sakit mata, kamu bisa memanfaatkan kantung teh untuk menghilangkannya. Ini berkat kandungan antioksidan yang dimiliki teh dipercaya dapat meredakan mata bengkak, mata merah, dan mata kering.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa menggunakan teh hijau, teh hitam, dan teh chamomile. Cara mengobati sakit mata menggunakan kantung teh cukup mudah, cukup basahi kantung teh dan simpan di kulkas selama beberapa menit. Selanjutnya, gunakan kantung teh tersebut pada area mata yang sakit selama 20 menit. Lakukan sebanyak 2-3 kali dalam sehari hingga sakit mata mereda.

3. Madu

Cara mengobati sakit mata berikutnya yaitu menggunakan madu. Madu memiliki kandungan bersifat antibakteri yang dapat mengatasi infeksi secara optimal. Umumnya, madu digunakan untuk mengobati konjungtivitis atau mata belekan.

Untuk mengaplikasikannya, bersihkan mata terlebih dahulu menggunakan kompresan hangat. Jika sudah, oleskan sedikit madu pada mata yang sakit. Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas menggunakan air mengalir. Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali sehari sampai belekan menghilang.

4. Mentimun

Selain madu, cara mengobati sakit mata juga bisa menggunakan alami, yakni mentimun. Bahan alami ini bisa membantu indra penglihat lebih jelas relaks. Mentimun mengandung senyawa bersifat anti-iritasi yang dapat mengurangi rasa sakit, gatal, dan bengkak pada mata.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Mata Lelah, Dapat Anda Terapkan Dirumah

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengiris menempelkannya pada mata yang sakit selama 10 menit setiap hari.

5. Daun sirih

Bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati sakit mata adalah daun sirih. Biasanya, banyak orang memanfaatkan daun sirih untuk mengobati sakit mata, seperti mata bengkak, dan mata belekan.

Cara mengobati sakit mata menggunakan daun sirih terbilang mudah, cukup merebus beberapa lembar daun sirih dengan sedikit garam, aduk hingga berubah warna. Biarkan hingga mendidih dan tiriskan. Kemudian, saring air rebusan daun sirih dan gunakan sebagai pencuci mata. Lakukan cara ini sebanyak 3 kali hingga sakit mata mereda.

6. Air mawar

Air mawar diketahui memiliki beragam manfaat bagi wajah. Tak hanya itu, ternyata air mawar bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit mata. Air mawar dianggap ampuh untuk mengurangi kemerahan pada mata.

Untuk mengaplikasikannya, siapkan beberapa bunga mawar dan cuci kelopaknya hingga bersih. Lalu, rendam bunga tersebut pada air bertemperatur ruangan selama semalaman. Keesokan harinya, gunakan air mawar untuk membersihkan mata. Lakukan minimal satu kali dalam sehari hingga mata sembuh.

7. Susu sapi

Cara mengobati sakit mata yang terakhir adalah menggunakan susu sapi. Susu sapi murni diklaim mampu mengatasi sakit mata.

Cara menggunakan susu murni untuk mengobati sakit mata tidaklah sulit, cukup tetesi kapas dengan susu murni hangat. Lalu, gunakan kapas tersebut sebagai kompres dan letakkan pada mata yang sakit. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas. Ulangi cara ini hingga sakit mereda.***

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Mata Bintitan Secara Alami dengan Aman dan Cepat

You may also like

Tinggalkan Komentar