Connect with us

Kesehatan

6 Penyebab Penis Lecet, Ketahui juga Cara Mencegahnya

Avatar

Diterbitkan

pada

penyebab penis lecet

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Penis lecet merupakan salah satu masalah yang kerap dikeluhkan pria. Bagi mereka, kondisi ini bisa menjadi mimpi buruk sebab bisa menandakan penyakit seksual. Banyak yang bertanya apakah penyebab penis lecet bisa sering terjadi.

Bagi pria, masalah yang berkaitan dengan penis bisa menjadi menyeramkan. Pasalnya, penis merupakan organ reproduksi pria yang fungsinya sangat penting. Jika penis bermasalah, tentu akan menimbulkan masalah yang cukup serius.

Sama seperti bagian tubuh lainnya, penis juga tak luput dari masalah, penis lecet misalnya. Tidak terjadi begitu, tentu ada sejumlah yang menyebabkan masalah tersebut. Lantas, apa saja penyebab penis lecet yang dialami kaum pria?

Baca juga: testis terkilir

Berikut beberapa penyebab penis lecet berserta cara mencegahnya yang telah faktualid.com rangkum dari klikdokter dan sehatq.

Advertisement

1. Gesekan saat beraktivitas

Penyebab penis lecet yang pertama yaitu gesekan saat beraktivitas. Kulit penis yang cukup tipis sangat mungkin lecet akibat gesekan saat beraktivitas. Terlebih, jika aktivitas dilakukan secara berulang atau berkepanjangan.

Beberapa aktivitas yang bisa memicu luka di penis ini diantaranta jogging dan lari, onani atau masturbasi, latihan fisik yang melibatkan gerakan berulang, dan olahraga yang melibatkan untuk lari cepat atau melompat.

2. Aktivitas Seksual

Aktivitas seksual, seperti berhubungan seksual dengan kondisi kurang pelumas dan terlalu sering onani bisa menjadi penyebab penis lecet di bagian batang dan kepala penis. Jika ingin melakukan hubungan intim dengan pasangan, sebaiknya menggunakan pelumas dengan kualitas terbaik.

3. Infeksi jamur

Penyebab penis lecet berikutnya yaitu infeksi jamur. Infeksi ini bisa tejadi akibat kurangnya menjaga kebersihan penis. Selain itu, berhubungan seks dengan orang yang terinfeksi atau berupa keringat pada paha bisa menjadi pemicu infeksi jamur.

Jamur yang bisa menginfeksi penis misalnya Candida albicans, yang tumbuh pada kulit maupun kulup penis. Penderita infeksi jamur pada penis umumnya memiliki gejala sebagai berikut:

Advertisement
  • Rasa gatal, yang jika digaruk rentan menimbulkan luka pada penis
  • Penumpukan cairan putih di penis
  • Penis kemerahan
  • Sensasi terbakar
  • Iritasi

4. Balanitis

Selain infeksi jamur, penyebab penis lecet juga bisa disebabkan oleh balanitis. Peradangan pada kepala penis atau balanitis terjadi karena iritasi. Itu menjadi gejala balanitis yang umum terjadi. Bukan hanya iritasi, peradangan ini juga kerap menimbulkan kemerahan, pembengkakan pada kepala penis, penis gatal, dan lecet.

Jika berlanjut, gejalanya akan menyebabkan kepala penis membengkak disertai nyeri lalu keluar cairan dan rasa tidak nyaman saat buang air kecil.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Kulit Penis Kering yang Perlu Diketahui

5. Iritasi bahan kimia

Mengingat penis termasuk area sensitif, sangat wajar apabila mudah bereaksi terhadap senyawa kimia. Itulah yang memicu gejala luka, lecet dan kemerahan di area penis. Penis selalu terpapar senyawa kimia yang berasal dari sabun, detergen di celana dalam, dan lubrikan alias pelumas seksual. Akibatnya, tak sedikit reaksi dari senyawa kimia yang menjadi penyebab penis lecet.

6. Infeski menular seksual

Infeksi menular seksual (IMS) lebih mudah terserang bagi orang yang sering berhubungan seks berisiko, seperti tidak menggunakan kondom atau berganti-ganti pasangan. Pria yang terkena IMS, biasanya menimbulkan bengkak, lecet, dan melepuh pada penis.

Menggaruk penis yang mengalami iritasi juga berisiko menimbulkan luka dan robekan pada penis. Namun, penis lecet belum tentu menjadi tanda seseorang terserang IMS, kecuali Anda melakukan hubungan berisiko yang sudah disinggung sebelumnya.

Cara mencegah penis lecet

Setelah mengetahui penyebab penis lecet, ada baiknya untuk menghindari hal tersebut dengan menerapkan cara mencegah penis lecet, sebagai berikut:

Advertisement
  • Hindari pelumas seks: Kondisi ini terjadi jika Anda terbiasa menggunakan kondom dan pelumas buatan dalam aktivitas seksual bersama pasangan. Sebaiknya pilih jenis kondom yang berbahan karet antialergi untuk mencegah hal ini. Pelumas khusus yang terdapat dalam produk kondom juga bisa menyebabkan iritasi pada kemaluan pria.
  • Waspada saat masturbasi: Tindakan ini bisa memicu penis lecet semakin parah di antaranya karena kondisi tangan yang kotor serta gerakan saat masturbasi yang berlebihan dan cenderung kasar. Pastikan selalu mencuci tangan saat memegang penis dan tetap kering agar tidak lembap.
  • Gunakan sabun tanpa pewangi: Gunakan produk sabun dengan formula ringan, lembut, dan tidak mengandung parfum.
  • Perhatikan celana dalam: Gunakan celana dalam dengan bahan yang mampu menyerap keringat serta mengalirkan udara sejuk dan hindari celana dalam ketat guna mengurangi iritasi yang bisa menyebabkan penis lecet.
  • Saat berhubungan seks gunakan kondom.

Itulah beberapa penyebab penis lecet dan cara mencegahnya. Jangan anggap sepele kondisi penis lecet, Bisa saja kondisi tersebut juga bisa menjadi tanda dari adanya penyakit yang merusak organ reproduksi Anda. Selain itu, selalu jaga kebersihan penis agar terhindar dari penyakit kelamin yang bisa menyebabkan luka atau lecet.***

Baca juga: 7 Alat Pembesar Penis, Coba Sekarang Agar Pasangan Kamu Puas

Lanjutkan Membaca