Connect with us

Kesehatan

9 Pilihan Menu Sarapan Sehat Untuk Anak, Enak dan Bergizi!

Avatar

Diterbitkan

pada

Menu sarapan sehat untuk anak

Sereal dan susu (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Untuk mengawali hari, para orangtua memberikan sarapan yang terbaik untuk sang anak. Sarapan diberikan sebagai bahan bakar agar mereka mampu menjalani aktivitas harian hingga waktu makan siang tiba. Namun, masih banyak orang tua yang bingung tentang menu sarapan sehat untuk anak.

Terkadang orang tua kerap memberikan berbagai menu makan pagi hanya karena si kecil suka dengan makanan tersebut. Padahal, sarapan yang diberikan belum tentu sehat. Anak-anak cenderung bosan ketika selalu makan makanan yang sama setiap pagi.

Sebagai kreasi, ada banyak pilihan menu sarapan sehat untuk anak yang bisa disajikan kepada buah hati. Dengan menyediakan menu sarapan sehat, Anda dapat membantunya meraih prestasi dan mencegah dari berbagai penyakit kronis di masa depan.

Baca juga: 9 Makanan yang Membantu Meningkatkan Berat Badan Anak

Berikut beberapa menu sarapan sehat untuk anak yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Muffin telur dan sayur

Menu sarapan sehat untuk anak

Muffin telur dan sayur (Foto: Istimewa)

Pilihan menu sarapan sehat untuk anak yang pertama yaitu muffin telur dan sayur. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, dianjurkan mengonsumsi sayuran. Tapi, anak-anak cenderung tidak mau makan sayur. Solusinya, selipkan sayur bergizi ke dalam menu makannya.

Anda bisa membuat muffin telur yang ada beragam sayur di dalamnya. Untuk membuatnya, campurkan telur, tepung terigu, dan sayuran pilihan. Setelah itu, masukkan ke dalam cetakan kecil dan dipanggang selama 15 menit hingga matang.

Advertisement

2. Nasi goreng sayur

Masyarakat Indonesia bisa dibilang tidak bisa lepas dari nasi. Sebagai menu sarapan sehat untuk anak, Anda bisa memberikan nasi goreng yang dilengkapi protein dan sayuran dalam jumlah yang cukup. Supaya anak lebih lahap, Anda bisa menambahkan telur bentuk mata sapi. Menu ini juga bisa jadikan bekal sekolah untuk dimakan saat istirahat.

3. Sereal dan susu

Menu sarapan sehat untuk anak

Sereal dan susu (Foto: Istimewa)

Menu sarapan sehat untuk anak berikutnya yaitu sereal dan susu. Menu satu ini tentu akan disukai oleh anak. Pasalnya, pada semangkuk susu dan sereal mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh. biarkan mereka memilih bentuk dan rasa sereal yang disukainya agar anak semakin berselera.

4. Pancake coklat

Anak-anak biasanya lebih tertatik dengan makanan yang manis. Para orang tua bisa memberikan pancake dengan tambahan sedikit bubuk protein coklat ke dalam adonan.

Menu sarapan sehat untuk anak ini juga dikreasikan dengan menambahkan chia seed, pumpkin seed, yoghurt kental, dan lain sebagainya sesuai selera. Apabila saat membuatnya adonan terlalu kental, tambahkan air hingga mendapatkan tekstur yang pas.

Baca juga: Alergi Kandungan Makanan pada Anak Wajib Diperhatikan Orangtua

5. Oatmeal

Selain pancake, menu sarapan sehat untuk anak lainnya adalah oatmeal. Ada beragam pilihan menu oatmeal yang bisa diberikan kepada si kecil. Pertama, coba berikan oatmeal buah. Cara membuatnya, rendam oatmeal bersama susu atau yogurt di malam hari pada toples kaca kedap udara. Besok paginya, campurkan oatmeal tersebut dengan potongan buah yang disukai anak.

Kedua, oatmeal panggang. Cara membuatnya, campurkan secara merata oat, susu cair, telur, ekstrak vanila, gula aren, dan potongan buah-buahan, lalu panggang hingga matang.

Advertisement

6. Orak arik tahu dan sayur

Menu sarapan sehat untuk anak

Orak arik tahu dan sayur (Foto: Cookpad)

Tahu merupakan sumber protein, sumber nutrisi, dan lainnya. Karena hal tersebut, tahu bisa dijadikan pilihan menu sarapan yang sehat. Jika ingin mengolah tahu untuk si kecil, buatlah orak arik tahu. Tidak sulit untuk membuatnya, cukup, tumis bawang bombay yang sudah diiris sampai harum, lalu masukkan tahu yang sudah dipotong dadu serta sayuran yang disukai dan masak sampai matang.

Beberapa pilihan sayuran yang cocok untuk menu ini adalah bayam, tomat, jamur, paprika merah, tomat, dan kemangi.

7. Roti selai kacang dan pisang

Roti juga bisa Anda jadikan sebagai menu sarapan untuk anak dan sangat mudah dibuat. Anda hanya perlu mengoleskan selai kacang dan pisang untuk melengkapi kandungan nutrisinya.

8. Smoothies buah

Anda juga bisa membuat smoothies dari kombinasi buah-buahan yang anak sukai saat sarapan. Cobalah mencampurkan stroberi dan pisang bersama dengan susu cair.

9. Greek yogurt smoothie bowl

Menu sarapan sehat untuk anak

Greek yogurt smoothie bowl (Foto: Istimewa)

Pilihan menu sarapan sehat untuk anak yang terakhir adalah greek yogurt smoothie bowl. Menu sarapan menyegarkan ini rasanya yang enak dan praktis untuk membuatnya. Cukup tuangkan greek yogurt yang kental ke dalam mangkuk, lalu beri topping buah-buahan, biji-bijian, atau granola sesuai selera.***

Baca juga: 6 Makanan Peninggi Badan yang Mampu Menjaga Kesehatan Tulang

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement