Home LifestyleKesehatan 10 Manfaat Kayu Secang Bagi Kesehatan, Dapat Atasi Jerawat

10 Manfaat Kayu Secang Bagi Kesehatan, Dapat Atasi Jerawat

oleh Farhan Zuhdi
    manfaat kayu secangIlustrasi kayu secang (Foto: Istimewa)

FAKTUALid – Mendengar kayu secang mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga banyak orang. Tanaman satu ini biasanya disajikan sebagai minuman herbal. Selain itu, manfaat kayu secang juga dapat digunakan sebagai obat tradisional yang populer.

Tumbuhan kayu secang atau Caesalpinia sappa merupakan salah satu jenis pohon anggota suku polong-polongan yang umum tumbuh di daerah pegunungan atau wilayah berlereng. Tumbuhan ini sering digunakan sebagai tanaman pagar di pegunungan berbatu pada wilayah yang tidak terlalu dingin.

Pada umumnya, kayu secang diolah menjadi minuman herbal yang dicampur dengan rempah-rempah atau biasa dikenal dengan sebutan wedang. Olahan minuman mudah ditemukan dibanyak daerah di Indonesia.

Selain itu, Kayu secang merupakan tanaman herbal yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan, tanaman satu ini berkhasiat untuk perawatan kulit wajah hingga kejantanan pria. Namun, ternyata ada banyak manfaat kayu secang lainnya.

Baca juga: 8 Manfaat Bayam Merah Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Berikut beberapa manfaat kayu secang bagi kesehatan tubuh yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Mengatasi anemia

Manfaat kayu secang yang pertama yaitu dapat mengatasi anemia. Di beberapa daerah, kayu secang diolah menjadi minuman dan dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi kekurangan sel darah merah atau anemia.

Sebuh penelitian menunjukkan, bahwa kayu secang yang diolah menjadi minuman terbukti dapat mengatasi anemia. Kemudian, penelitian lainnya pada hewan menunjukkan tidak ditemukan efek samping.

2. Mengatasi peradangan dan nyeri

Manfaat kayu secang berikutnya yaitu dapat mengatasi perdangan dan nyeri. Hal tersebut karena kandungan senyawa pada tanaman ini pada membantu meredakan peradangan. Beberapa penelitian mempublikasikan bahwa radang sendi dan nyeri otot dapat diredakan berkat peran ekstrak kayu secang.

Meski demikian, perlu penelitian lebih lanjut tentang efektivitas secang sebagai obat untuk mengatasi penyakit peradangan.

3. Mengatasi jerawat

Infeksi bakteri Propionibacterium acnes merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat. Kayu secang dipercaya dapat mengatasi secara dengan membunuh bakteri penyebab jerawat. Hal tersebut tak lepas dari senyawa brazilin yang bersifat antibakteri dan juga mengandung zat yang bersifat antiinflamsi.

Untuk mendapatkan manfaat kayu secang ini, kamu dapat membuat rendaman air secang. Kemudian basuh pada wajah yang berjerawat.

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dengan Cepat

4. Meningkatkan kualitas sperma

Manfaat kayu secang yang berikutnya yaitu dapat meningkatkan kualitas sperma. Sebuah studi menunjukkan, bahwa etanol yang terkandung pada tanaman kayu secang dapat menaikkan persentase viabilitas sperma, motilitas sperma, dan konsentrasi.

Untuk meningkatkan kualitas sperma, kamu dapat meminum olahan kayu secang seperti wedang secara rutin untuk mendapat manfaat satu ini.

5. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Selain meningkatan kualitas sperma, manfaat kayu secang lainnya juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Dalam sebuah penelitian mempublikasikan bahwa ekstrak kayu secang yang memiliki kandungan zat yang bersifat antikanker dan antioksidan diduga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Akan tetapi, perlu dilakukan uji klinis lebih lanjut terkait manfaat kayu sebagai pengobatan kanker.

6. Mengatasi Diare

Manfaat kayu secang berikutnya yaitu dapat dijadikan obat untuk mengatasi diare. Kayu secang mengandung zat yang bersifat antidiare. Hal ini lah membuat bakteri terhambat yang menjadikan kayu secang dapat digunakan sebagai obat herbal ampuh untuk mengatasi diare.

7. Mencegah diabetes

Sudah diketahui bahwa kayu secang mepunyai kandungan brazilin. Kandungan tersebut diklaim dapat berfungsi untuk menunrunkan gula darah bagi penderita diabetes. Efek dari kayu secang ini nantinya bisa mencegah terjadinya resistensi insulin dan menurunkan risiko diabetes.

Baca juga: 9 Manfaat Daun Afrika Bagi Kesehatan, Dapat Mengatasi Diabetes

Untuk  mendapatkan manfaat kayu secang ini, kamu bisa mengonsumsi air rebusan kayu secang secara rutin sebagai pencegahan dan untuk menurunkan risiko diabetes.

8. Melindungi dari radikal bebas

Manfaat kayu secang berikutnya yaitu dapat melindungi dari radikal bebas. Risiko penyakit seperti kanker dapat timbul akibat radikal bebas.

Dengan mengonsumsi berbagai olahan kayu secang secara rutin dapat mencegah dari penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas. Hal tersebut karena kandungan antioksidan pada kayu secang dapat berfungsi sebagai penawar.

9. Membasmi bakteri

Manfaat kayu secang lainnya ialah dapat digunakan untuk membasmi dan mencegah pertumbuhan bakteri. Kayu secang memiliki kandungan zat yang bersifat antibakteri dapat membasmi bakteri penyebab infeksi, misalnya bakteri SalmonellaStreptococcus, dan E. coli.

Selain itu, metanol pada tanaman ini bisa menghambat bakteri Staphylococcus aureus yang dapat menyebabkan keracunan makanan, infeksi sendi, dan infeksi kulit.

10. Obat Anti Alergi

Manfaat kayu secang yang terakhir adalah dapat dijadikan obat anti alergi. Saat kamu terserang alergi, dapat menyebabkan reaksi pada tubuh seperti gatal, muntah, hingga demam.

Kandungan chalcone pada kayu secang dapat digunakan untuk mengurangi gejala alergi yang ditimbulkan. Selain itu, kandungan senyawa flavanoid juga mempunyai sifat anti alergi yang sangat kuat.

Untuk mengaplikasikannya, kamu bisa mengolah kayu secang menjadi minuman dengan cara merebusnya sebagai solusi obat anti alergi dan mengonsumsinya secara teratur.***

Baca juga: Alergi Kandungan Makanan pada Anak Wajib Diperhatikan Orangtua

You may also like

Tinggalkan Komentar