Home LifestyleKesehatan 8 Cara Mengobati Vertigo Secara Alami dari Rumah

8 Cara Mengobati Vertigo Secara Alami dari Rumah

oleh Farhan Zuhdi
cara mengobati vertigo

Ilustrasi sakit kepala karena vertigo (Foto: Isitmewa)

FAKTUALidVertigo merupakan salah satu penyakit yang terjadi pada bagian kepala. Umumnya, penderita vertigo akan mengalami sensasi pusing dan mual. Vertigo terkadang muncul secara tiba-tiba. Untuk itu, kamu mengetahui cara mengobati vertigo agar penyakitnya tersebut dapat segera diatasi.

Vertigo merupakan gangguan yang dapat menimbulkan sensai berputar-putar di kepala penderitanya. Kondisi ini dapat memengaruhi keseimbangan tubuh yang membuat terganggunya aktivitas harian.

Ada beberapa penyebab vertigo yang cenderung berbeda-beda pada setiap orang, seperti vertigo perifer atau kelainan pada sistem pengatur keseimbangan tubuh di telinga bagian dalam. Vertigo juga bisa menyebabkan nistagmus atau pergerakan mata yang tidak terkendali dan bisa membuat penderitanya pingsan.

Sebelum kamu putuskan untuk pergi ke dokter, alangkah baiknya kamu dapat mencoba beberapa metode secara alami sebagai cara mengobati vertigo yang dapat kamu lakukan di rumah.

Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Sakit Kepala Secara Alami Tanpa Obat

Berikut beberapa cara mengobati vertigo yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber

1. Minum air putih

Cara mengobati vertigo secara alami yang pertama yaitu dengan mencukupi minum air putih. Penyebab seseorang mengalam vertigo salah satunya adalah kekurangan asupan cairan pada tubuh atau dehidrasi.

Saat seseorang mengalami dehidrasi, vertigo dapat timbul. Hal ini karena tekanan darah akan menurun yang menyebabkan darah tidak dapat berjalan menuju otak sehingga kepala menjadi pusing.

Dengan memperbanyak asupan cairan dapat menjadi salah satu obat vertigo yang efektif. Kamu dapat mencukupi asupan cairan dengan denngan mengonsumsi setidaknya 8 gelas air putih dalam sehari.

2. Maneuver Epley

Cara mengobati vertigo secara alami berikutnya yaitu dengan manuver epley. Salah satu gerakan sederhana ini merupakan cara umum untuk mengatasi vertigo. Kamu dapat melakukan gerakan ini sebelum tidur malam hingga vertigo hilang selama kurang lebih 24 jam.

Berikut langkah-langkah gerakan Maneuver Epley:

  1. Duduk tegak di permukaan datar dengan bantal di belakang dan kaki terentang.
  2. Putar kepala 45 derajat ke kanan.
  3. Dengan posisi kepala masih miring, segera berbaring dengan menggunakan bantal. Tetap di posisi ini selama 30 detik.
  4. Perlahan, putar kepala kamu ke kiri sebanyak 90 derajat penuh, tanpa mengangkat leher.
  5. Putar bersama seluruh badan, sampai semua tubuh menghadap ke kiri semua.
  6. Lihat ke bawah selama 30 detik.
  7. Perlahan, kembali ke posisi semula, duduk tegak dan menghadap depan.
  8. Lakukan teknik ini sebanyak tiga kali berturut-turut.

Perlu diperhatikan, saat melakukan gerakan ini mungkin akan merasakan pusing pada tiap gerakan, namun hal tersebut wajar.

3. Air jahe

Cara mengobati vertigo berikutnya yaitu dengan minum air jahe. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, jahe dikenal mempunyai khasiat kesehatan untuk penderita vertigo. Hal tersebut karena sensasi pedas pada jahe yang diduga mampu meredekan gejala vertigo.

Untuk mengaplikasikannya, kamu perlu merebus beberapa jahe selama kurang lebih lima menit. Lalu saring rebusan jahe tersebut dan tambahan sedikit madu untuk mengrungai rasa pedas.

4. Minyak esensial

Selain jahe, kamu dapat menggunakan minyak dengan menghirupnya sebagai cara mengobati vertigo. Minyak esensial dinilai dapat meringkan gejala vertigo yang cukup mengganggu, seperti pusing, dan mual. Kamu dapat memilih jenis minyak esensial diantaranya lavender, lemon, atau peppermint.

Kamu dapat menghirup minyak esensial dengan cara meneteskan dua tetes ke dalam air panas atau bisa juga menggunakan olesan minyak esensial untuk memijat area pelipis, dahi, dan leher bagian belakang.

Baca juga: 8 Makanan Penambah Darah, Baik Dikonsumsi untuk Cegah Anemia

5. Konsumsi ginkgo biloba

Ginkgo biloba merupakan bahan alami yang dapat digunakan sebagai cara mengobati vertigo. Bahan alami satu ini berkhasiat membantu melancarkan peredaran darah ke otak dengan meredakan sensasi putar-putar di kepala dan dianggap bisa mengatasi berbagai gangguan saraf.

Menurut sebuah penelitian, bahwa ginkgo biloba dengan obat betahistine sama-sama efektif untuk meredakan gejala vertigo.

6. Daun selasih

Selain digunakan sebagai bahan penyedap makan, daun selasih dianggap dapat mengatasi vertigo. Kandungan senyawa antibakteri dan antiradang pada daun ini, menurut para ahli, berfungsi meringankan gejala vertigo yang muncul, seperti mengurangi sensasi kepala berputar-putar dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

7. Kacang almond

Selain daun selasih, kacang almond ternyata dapat digunakan sebagai cara mengobati vertigo. Kamu dapat mengonsumi kacang almond untuk membantu meredakan gejala vertigo. Hal ini karena pada kacang almond memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, dan vitamin E dipercaya dapat membantu meredakan gejala vertigo.

8. Tidur yang cukup

Cara mengobati vertigo yang terakhir adalah dengan tidur yang cukup. Bila kamu tiba-tiba mengalami vertigo, bisa jadi dipicu oleh kondisi kurang tidur atau stres. Untuk itu, bisa menghentikan sesat kegiatan yang sedang kamu lakukan sampai vertigo berangsur hilang.***

Baca juga: Alami Amenore, Ini Cara Mengatasinya

You may also like

Tinggalkan Komentar