Connect with us

Kesehatan

9 Cara Mengencangkan Kelopak Mata Atas, Pilih Alami atau Medis?

Avatar

Diterbitkan

pada

cara mengencangkan kelopak mata atas

Ilustrasi kelopak mata (Foto: Pixabay)

FAKTUAL-INDONESIA: Mata merupakan salah satu panca indera yang berfungsi untuk melihat. Tanpa disadari, kelopak mata memiliki peran penting untuk melindungi mata. Namun, kelopak mata perlahan bisa mengendur sehingga dapat menggangu fungsinya. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara mengencangkan kelopak mata atas.

Blepharoptosis atau mengendurnya bagian kelopak mata memang umum terjadi. Selain menggangu fungsinya, kondisi ini kerap menurunkan kepercayaan diri seseorang, khususnya wanita.

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan kelopak mata mengendur, diantaranya mengucek mata berlebihan, penggunaan lensa kontak tidak tepat, pemberian Botox yang melumpuhkan otot di alis atau kelopak, cedera pada otot atau ligamen kelopak mata, hingga masalah saraf yang mengendalikan kelopak mata.

Supaya tidak mengurangi fungsi utama, menerapkan cara mengencangkan kelopak mata atas juga bisa membuat Anda terlihat awet muda. Cara mengencangkan kelopak mata atas dilakukan dengan sejumlah metode, mulai dari alami hingga operasi.

Baca juga: Cara Mudah Bikin Mata Jadi Lebih Besar dan Indah

Berikut beberapa cara mengencangkan kelopak mata atas yang telah faktualid.com rangkum dari doktersehat dan sehatq.

Advertisement

1. Latihan kelopak mata

Cara mengencangkan kelopak mata atas yang pertama yaitu latihan kelopak mata. Pertama, bersihkan dan pijat perlahan kelopak mata menjadi awal jika melanjani latihan satu ini. Stimulasi ini akan membantu melancarkan sirkulasi darah dan respons saraf lebih baik serta mengurangi kelopak mata atas kendur.

Meskipun belum ada studi ilmiah yang menemukan cara ini dapat mengencangkan kelopak mata atas yang kendur. Stimulasi langsung ini juga dapat memperkuat otot-otot mata serta mencegahnya menjadi lemah.

2. Yoga mata

Tak hanya tubuh, ternyata mata juga memiliki latihan yoga, yakni trakata. Meski tidak langsung mengencangkan kelopak mata, metode ini dinilali mampu meningkatkan penglihatan sekaligus menunjang kesehatan mata secara keseluruhan.

Untuk mengaplikasikannya, lihatlah objek spesifik tanpa mengubah arah pandangan selama mungkin. Dengan demikian, otot-otot sekitar mata akan turut bekerja.

3. Latihan resistensi

Cara mengencangkan kelopak mata atas berikutnya yaitu latihan resistensi. Tahukah Anda, ternyata kebiasaan menggerakkan kelopak mata setiap jam dapat berisiko menyebabkan kelopak mata mengendur, menurut National Stroke Association.

Advertisement

Maka datri itu, Anda perlu melatih kekuatan otot kelopak mata supaya membuatnya lebih kencang atau biasa disebut latihan resistensi. Caranya tidaklah sulit, Anda hanya perlu mengangkat kedua alis, meletakkan jari di bawahnya, lalu tahan selama beberapa detik sembari menutup mata. Latihan ini serupa dengan resistensi pada olahraga angkat beban.

4. Menutup satu mata

Siapa sangka, latihan menutup mata menjadi cara mengencangkan kelopak mata atas. Dengan cara ini, Anda mampu memberikan stimulasi sebanyak mungkin pada mata yang terdampak. Biasanya, ini dilakukan apabila hanya satu kelopak mata yang kendur.

Mulai saat ini, gunakan penutup mata pada sebelah mata yang normal. Dengan begitu, bagian mata dengan kelopak mata yang turun akan terstimulasi dan terbiasa digunakan. Jika hal tersebut terjadi tanpa adanya gejala, segera memeriksakan kondisi ini ke dokter karena bisa menandakan penyakit stroke.

Baca juga: 5 Penyebab Urat Merah di Mata Beserta Cara Menghilangkannya

5. Manfaatkan kantung teh

Setelah menyeduh teh, biasanya Anda langsung membuat kantung teh. Padahal, mengaplikasikan kantung teh menjadi cara mengencangkan kelopak mata atas yang alami. Nantinya, kantung teh akan memperbaiki lapisan air mata atau lapisan yang membantu menjaga kelembapan mata.

Meski begitu, Anda perlu menerapkannya dengan teh chamomile. Caranya, siapkan kantung teh chamomile yang sudah direndam pada air panas. Dinginkan dahulu di kulkas sekitar 20 menit. Kemudian, taruh di atas kelopak mata selama 30 menit. Lalu, lepaskan kantung teh yang melekat pada kantong mata dan biarkan mata tertutup selama 25 menit.

Advertisement

6. Obat tetes mata

Salah satu efek samping dari suntik Botox adalah turunnya kelopak mata turun. Jika demikian, coba berikan suntik mata lopidine. Cara ini dinilai bisa membantu proses pemulihan pasca-pemberian Botox karena stimulasi kelopak mata supaya berkontraksi lebih cepat. Mekanismenya sama halnya dengan latihan kelopak mata.

7. Operasi plastik pada kelopak mata

Salah satu cara mengencangkan kelopak mata atas lainnya adalah operasi plastik pada bagian kelopak mata atau biasa disebut blepharoplasty. Prosedur ini termasuk prosedur estetik yang paling sering dilakukan karena bisa membantu mengatasi kulit berlebih di area mata dan mengangkat sedikit area di kelopak mata bawah.

Selain biayanya yang cukup mahal, prosedur ini hanya hanya mengatasi sebagian masalah atau tidak benar-benar menghilangkan masalah pada kantong mata.

8. Operasi otot

Berbeda dengan operasi plastik, prosedur operasi untuk membuat otot kelopak mata utama menjadi lebih pendek pada kasus lebih ringan. Bila kasus cukup parah, mungkin juga dilakukan operasi untuk mengangkat alis sehingga kelopak mata lebih kencang.

9. Fat removal dan repositioning

Cara mengencangakan kelopak mata atas yang terakhir adalah fat removal dan fat repositioning. Fat removal adalah perawatan bedah untuk mengencangkan kelopak mata atas. Prosedur ini dapat membantu menghilangkan lemak sehingga mampu menangani masalah mata yang tampak lelah.

Advertisement

Sedangkan fat repositioning merupakan prosedur yang memungkinkan seorang ahli bedah okuplastik untuk memosisikan ulang lemak, bukan malah membuangnya seperti pada prosedur fat removal. Kendati demikian, cara mengencangakan kelopak mata atas ini memiliki efek samping masing-masing.

Baca juga: 9 Cara Mengatasi Mata Sayu agar Terlihat Segar

Maka dari itu, sebaiknya gunakan cara alami terlebih dahulu. Jika belum berhasil, pertimbangkan menjalani tindakan medis. Walaupun cepat, prosedur medis membutuhkan biaya yang besar serta memiliki efek samping.***

Lanjutkan Membaca
Advertisement